Home » » Inilah dasar HTML

Inilah dasar HTML

Written By Parmin Prim on 13 Agustus 2007 | 11.29

Perintah HTML dapat dibuat dalam beberapa program editor, misalnya : Notepad, Edit Plus, Front Page, dan Macromedia Dreamweaver. Program editor diatas tidak semuanya ada dalam program windows. Kalaupun ada itu harus di install terlebih dahulu. Ada satu program yang memang bawaan windows dan selalu ada di windows setelah windows tersebut di install dalam komputer kita yaitu Notepad. Artinya dengan Notepad pun kita bisa merancang Web sederhana.


Dibawah ini kita akan belajar bagaimana merancang web dengan bahasa HTML di Notepad. Pertama buka Notepad, caranya pasti sudah tidak asing lagi kan, yaitu di dalam Accessories. Kalau masih bingung juga ini caranya:
  1. Pertama buka Start.
  2. Program, Accessories,
  3. dan pilih Notepad
Perintah HTML dapat ditulis dalam huruf besar ataupun huruf kecil. tidak seperti perintah XML yang harus ditulis dalam huruf kecil. Perintah HTML diawali dengan sesuatu yang disebut tag, yaitu tanda < > , misalnya <HTML>. Jadi semua perintah harus pakai < > . Selain itu kebanyakan perintah HTML selalu berpasangan, artinya ada perintah pembuka dan perintah penutup. Perintah penutup memakai /atau slash (=baca slesh) . Sehingga kalau perintah awalnya <HTML> maka penutupnya adalah </HTML>.Bentuk dasar perintah HTML

Panah diatas menunjukkan perintah pembuka dan penutup. Perhatikan semua perintah penutup memakai / (=slesh). Penjelasan perintah diatas sebagai berikut.

Nah, ada yang belumkan? yaitu yang memakai / atau slesh tadi. Sekali lagi itu artinya penutup. Jadi kalau pembukanya <HTML> berarti ya penutupnya adalah </HTML> dan begitu juga yang lainnya.
Coba sekarang anda ketik perintah diatas di Notepad. Kemudian simpan di komputer anda, boleh di My documents atau ditempat lainnya. Ingat nama penyimpanannya harus pakai exstensi HTML. Wah exstensi ! binatang apaan tuh? Exstensi adalah atribut atau bahasa gaulnya embel-embel lah. Jadi kalau disimpan dengan nama coba, ya menjadi coba.html , Oke kita sudah selesai sekarang dan tinggal menampilkannya di internet.
Untuk menampilkannya sebagai berikut:
  1. Buka Internet Explorer,
  2. File, open, browse
  3. Lalu cari file coba tadi, lihat sekarang file tersebut ada gambar e besar, itu artinya file HTML yang sudah menjadi Internet dan siap dibuka.
  4. Kemudian klik File tersebut dan Open, lalu OK
Dan lihat hasilnya. Untuk menambah text atau mengedit HTML, silahkan klik Notepad yang masih aktif tersebut dan tambah text di antara <BODY> dan </BODY> sesuka hati anda dan simpan kembali dengan Ctrl S, kemudian kembali lagi ke Internet Explorer dan klik Refresh.
Share this article :

4 komentar:

  1. Menggunakan Word sebenarnya bisa juga sih, tapi hanya untuk pengetikan text serta format text tersebut, kalau untuk pengaturan layout, ukuran dan lebar blog serta variasi lain nya tetap berpedoman pada perintah HTML. Jadi sangat bagus mengenal perintah HTML, nanti kita juga bisa mengganti skin, bahkan buat skin sendiri. Terimakasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  2. Wah blognya bagus bangget. Kalo' ini seh udah berkelas Website komersial.
    BTW kalo' pake Word, trus disimpen di HTML gimana Mas?

    BalasHapus
  3. makasih atas bantuanya
    wa aj bru mulai langsung isa memanfaatkan
    heeeheheee..............
    klo ada langkah dasar2 lagi kasih tau yac ok senior
    waini belajar sendiri doang
    ok
    senior
    n_N

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger