Home » » Kenapa harus HTML

Kenapa harus HTML

Written By Parmin Prim on 13 Agustus 2007 | 10.24

Teknologi terus berkembang, makin lama makin canggih dan selalu ada perubahan dari waktu ke waktu. Dari yang dulu sulit, sekarang makin mudah, yang dulu tidak mungkin sekarang jadi mungkin dan terbukti jadi nyata. Itulah teknologi.

Dulu sebelum ada windows, orang mengenal namanya DOS (Disk Operating System). Pengoperasiannya cukup menggunakan disket DOS untuk mengaktifkan sistemnya, Kemudian setelah aktif baru kita ganti disket aplikasi, kita mau buat surat (aplikasi WS) atau mau buat Tabel (aplikasi Lotus). Jadi DOS adalah sistem operasi layaknya windows seperti sekarang ini. Dan dulu tidak pakai mouse alias perintah nya diketik doang, jadi perintah harus di hapal di kepala, benar-benar harus punya daya ingat yang luar biasa.

Begitu juga dalam dunia web. Pembentuk perintah dasar web adalah HTML (Hypertext Markup Language). HTML ini adalah perintah dasar dalam membuat web layaknya sistem operasi DOS tadi, sehingga perintahnya ya harus dihapal. Dengan HTML kita bisa membuat tampilan web sederhana di internet yaitu berupa text, tabel, gambar dan lain sebagainya. Tapi ingat HTML hanya untuk menampilkan saja. Bukan untuk pemrograman, kalau ingin Web kita bersifat interaktif seperti adanya tanya jawab di internet (Forum), pesan dari pengujung (shoutbox), Penghitung web kita di baca orang (Hit counter), kita harus menggabungkan HTML dengan bahasa pemrograman lain.

Tapi tampilan web yang hanya menggunakan HTML ini mempunyai desain yang simpel, tidak ada variasi apapun. Kalau ingin tampilan dengan efek-efek warna yang banyak, kita harus menggunakan program lain seperti photoshop. Jadi kesimpulannya HTML ini digunakan untuk merancang tampilan web yang sederhana dan bisa digabung dengan perintah pemrograman lain.

Web yang kita buat bisa mempunyai kesan interaktif tanpa harus mengenal kode-kode program dan HTML yang ribet dan memusingkan kepala. Yaitu mengambil kode dari situs yang menyediakan forum, shoutbox atau hit counter yang banyak tersedia di internet secara gratis. Jadi kalau begitu kenapa kita harus mengenal HTML? ya jawabannya begini.
  1. Kalau mengambil kode dari yang lain tentu ada keterbatasannya dan setidaknya kita mencamtukan situs penyedia tersebut. Artinya kita tidak bisa seenaknya merubah kode-kode yang telah disediakan.
  2. Kalau untuk web pribadi bolelah menggunakan kode-kode tersebut, bagaimana kalau ingin membuat situs penjualan barang, tentu kita harus merancang sendiri kode-kode programnya menurut kebutuhan kita.
  3. Dengan HTML kita bisa mengatur tampilan menurut yang kita kehendaki, karena mungkin banyak yang memakai template yang telah disediakan seperti dalam blog ini, tapi tidak sesuai ukuran nya, jadi dengan HTML kita bisa merubah ukuran/layout dan warna sesuai yang kita kehendaki.
Apalagi bagi yang berkecimpung di dunia web dan ingin menjadi web master tentu harus mengenal HTML. Jadi mari kita mengenal HTML, walaupun kita bisa membuat web yang kita rancang layoutnya akan keluar sendiri kode HTML nya, misalnya menggunakan Macromedia Dreamweaver, front page dan lain-lain.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger