Tutorial Komputer, Website, Blogger dan Surat

21 September 2008

Mengenal perintah CSS (1)

CSS kepanjangannya adalah Cascading Style Sheet, yaitu perintah untuk memformat atau membentuk berbagai macam variasi baik text maupun variasi lain dengan melepaskan perintah HTML yang begitu banyak dan diulang-ulang. Jadi dengan CSS ini satu perintah sudah bisa mewakili perintah-perintah lainnya. Saat ini perintah CSS sudah mendominasi dalam pembuatan blog maupun layout blogger. Kalau anda lihat source kode blogger layout, rata-rata menggunakan perintah CSS.

Perintah CSS ada 2 yaitu perintah external dan internal. CSS eksternal ditulis menggunakan text editor biasa seperti halnya HTML dan disimpan dalam file tersendiri yang ber ekstensi CSS, misalnya SATU.CSS, sedangkan CSS internal perintahnya bergabung dengan source kode yang kita buat langsung dengan perintah HTML, jadi CSS internal ini kita cukup punya satu file.

CSS internal
Perintah ini diletakkan diantara perintah <head> dan </head> kemudian perintah tersebut diawali dengan <style type="text/css"> dan diakhiri dengan </style>

Kemudian masing-masing perintahnya mempunyai bentuk sebagai berikut :
nama perintah {
format perintah
}
Lihat contoh dibawah ini

<head>

<style type="text/css">

a:link {
color:#0033ff;
text-decoration:bold
}

</style>
</head>

Coba kita perhatikan perintah a:link { , ini adalah nama perintah untuk text yang mempunyai link ke halaman lain. Dan mempunyai 2 jenis format perintah yaitu warna color:#0033ff; dan format text tebal text-decoration:bold .

Masih banyak perintah CSS yang lain yang dapat anda gunakan, misalnya :
a:visited adalah untuk text link yang pernah dikunjungi
a:hover adalah text link bila mouse diarahkan kesana
body adalah untuk memformat halaman utama
Share:

0 comments:

Post a Comment

Pages

Featured Post

Konsistensi

Konsistensi atau konsisten adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan atau tidak ada batas sama sekali....

Total Pageviews

Popular Posts

Support