Home » » Apa kelebihan Facebook…?

Apa kelebihan Facebook…?

Written By Parmin Prim on 20 Februari 2009 | 09.57

Ya.. pertanyaan diatas memang mengganjal di hati ini. Betapa tidak sejak peluncurannya dalam bahasa Indonesia, perkembangan facebook sangat mencengangkan. Dilansir melalui alexa kemarin facebook sudah diatas friendster tingkat kepopulerannya.
Nah, yang jadi pertanyaan adalah apa sih kelebihan benda yang satu ini dibanding dengan situs jejaring yang sejenis. Setelah ikut bergabung beberapa waktu yang lalu kira-kira 2 minggu yang lalu tepatnya. Ada beberapa kesimpulan dari saya sendiri kelebihan dari facebook ini. Dan ini menurut penilaian saya, kalau ada penilaian yang lain silahkan di beri komennya.
1. Tampilannya simpel
Ya, facebook ini tidak mengutamakan layout / tampilan bahkan bisa dibilang sangat minim sekali. Bahkan sampai saat ini aku belum pernah mengganti layout facebook ku, atau mungkin memang tidak ada ya…?. Coba di search, “free layout facebook”, Cuma berapa yang tampil. Tidak seperti yang lain begitu di search langsung bejibun muncul layoutnya. Artinya memang facebook di desain tidak mengutamakan layout, yang bahkan kalau ada layout yang maca-macam itu, malah kadang kita tidak bisa membaca text yang tampil, karena itu berbagai macam variasi layout setidaknya mengganggu informasi yang diberikan.
2. Tidak perlu komen berupa gambar yang tidak penting
Kalau situs jejaring lain, yaitu F*, komen-komen bisa ditambahin berupa gambar yang dapat di unduh gratis dari situs lain yang memang khusus untuk menampilkan gambar maupun animasi. Dan hal ini kadang-kadang tidak sesuai dengan apa yang di inginkan, lagian gak lucu kan komentarnya bahasa Indonesia, tapi gambarnya-gambarnya berisi teks bahasa lain. Padahal fokus teman sebenarnya tidak pada gambar itu, tapi fokus ke tulisan yang dikirim. Jadi gambar yang disisipkan tersebut sangat mubazir dan hanya membuat loadingnya lama.
3. Fasilitas komen antar sesama teman
Fasilitas ini bisa saling memberi komentar kepada sesama teman yang mem posting duluan. Artinya siapa saja yang memberi komentar, sesama teman bisa saling melihat dan menanggapinya. Dan komentar akan tampil berurutan sesuai waktu yang paling terakhir.
4. Bisa langsung chating
Nah, fasilitas ini yang tidak ada di situs jejaring lain. Kita bisa melihat teman-teman kita yang online, lalu kita bisa ngobrol sesuka hati kita. Bisa juga chating ini di non aktifkan, sehingga teman-teman yang lain nggak tahu bahwa kita sedang buka FS, Cuma kita tidak mau chatingan sama teman.
5. Membernya dari masyarakat biasa sampai para politisi bahkan presiden sekalipun
Nah, ini dia yang paling OK. Membernya tidak ada segmen tertentu. Pokoknya siapa saja ada disana. Bahkan ini bisa dimanfaatkan untuk ajang kampanye bagi para calon legislatif maupun calon presiden. Lain kan kalau situs jejaring lain, kebanyakan membernya anak muda alias Abege.
6. Profilnya kebanyakan asli
Untuk yang satu ini, menurut saya kayaknya memang iya. Lain kan, kalau situs jejaring yang lain. Kebanyakan mereka menggunakan nama samaran. Kalau di FS entah mengapa ya, orang suka pakai nama asli. Sehingga dengan nama asli ini, orang akan mudah menemukan orang lain yang sudah dikenal sebelumnya. Akupun dengan FS ini , yang baru bergabung 2 minggu lalu, sudah menemukan teman-teman lamaku yang dulu hilang kontak. Pokoknya asyik dech…!
7. Mudah mencari teman yang hobinya sama
Ada fasilitas yang memungkinkan kita menggemari seseorang atau hobi tertentu. Sehingga hal ini akan mempermudah orang lain yang punya hobi yang sama bisa saling bergabung atau membentuk club / kelompok tertentu.
Share this article :

1 komentar:

  1. Hmmm ada benarnya juga sih Mas.
    Yang jelas lagi bisa mobile Mas. Bisa langsung dimonitor bagi yang punya Blackberry Telkomsel atau iPhone. :D

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger