primaya.blogspot.com: Cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor

Cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor

Balik nama kendaraan merupakan bentuk pengalihan nama atas kepemilikan kendaraan. Artinya nama yang tertera di BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) adalah nama kita sendiri. Menurut pengalaman saya waktu membayar Pajak kendaraan, diharuskan menyertakan KTP asli sesuai dengan yang tertera di BPKB dan STNK (surat Tanda Nomor Kendaraan). Kendaraan motor yang saya miliki adalah bukan atas nama saya, tapi atas nama orang lain, karena pada saat membeli kendaraan tersebut, saya belum punya KTP daerah setempat. Sehingga mau tidak mau ya, saya beli kendaraan, tapi atas nama orang lain.

Akibatnya saat saya mau membayar pajak, saya harus meminjam KTP asli yang tertera di BPKB dan STNK. Saya gak tahu apakah daerah lain bisa menggunakan Foto Copy KTP atau tidak. Kami berdomisili di kota Pekanbaru yang mana tempat pembayaran Pajak di bagi 2 wilayah, yaitu Samsat Kota di Jl. Gajah Mada dan Samsat Selatan di Jl. Sudirman, dekat MTQ.

Saya berpikir, setiap saya mau bayar pajak saya harus pinjam KTP orang lain. Jadi, sampai kapan saya harus meminjam terus. Ya, kalau orang tersebut selalu stand bay selalu ada, bagaimana kalau orang tersebut pindah dan kita tidak tahu lagi dimana dia berada. Jadi, saya mencoba untuk mengalihkan kepemilikan kendaraan tersebut atas nama saya sendiri.

Berikut ini adalah cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor menurut pengalaman yang pernah saya alami.

Yang harus dipersipkan :
  1. KTP kita sendiri (ya tentu jelas dong, kita harus punya KTP) di FC kira-kira 4 atau berapa..
  2. Kwitansi penjualan motor dari nama yang tertera di BPKB kepada kita sebagai pembeli motor tersebut.
  3. FC copy STNK kira-kira 4 rangkap (kenapa harus 4, ah inikan tidak wajib, tapi kita harus mempersiapkan FC yang banyak , mana tahu nanti akan dipakai untuk yang lain).
  4. FC BPKB ya.. boleh juga 4 rangkap
  5. FC KTP pemilik yang sesuai dengan BPKB, yang banyak juga boleh
Prosesnya :
  1. Mengurus cek Fisik kendaraan kita. Cek fisik dilakukan oleh petugas yang berada di Samsat, kalau bingung tanya aja sama petugas di kantor Samsat tersebut. Yang dibawa adalah : BPKB asli STNK asli, FC BPKB dan FC STNK masing-masing 1 rangkap. Terus setelah di cek fisik nanti akan di beri 2 lembar tanda cek fisik oleh petugas tersebut.
  2. Setelah itu menuju ke loket 1 untuk pengambilan formulir dengan menyerahkan BPKB asli, KTP asli orang pertama dan FC-nya, STNK asli dan FC-nya dan kwitansi penjualan motor.
  3. Kalau bingung juga, katakan kepada petugas "Saya mau balik nama Pak". nanti akan diberitahu syarat-syarat yang mungkin kurang.
  4. Lalu kita akan diberi 2 formulir yang mana formulir pertama untuk mengisi data bayar pajak, dan formulir kedua untuk balik nama atau memperpanjang STNK. Biasanya di Loket ini sudah dikenakan biaya administrasi. Isi kedua formulir tersebut. Kalau bingung di kantor Samsat biasanya ada jasa pengisian formulir, ya kita bisa nyantai dikit, tapi tentunya beri dong uang lelahnya.
  5. Setelah kedua formulir di isi, lalu berkas-berkas yang disiapkan tadi dijadikan satu dengan formulir tersebut dan diserahkan ke loket 2 atau tempat pengurusan perpanjangan STNK kendaraan bermotor (lihat aja papan namanya). Ingat jika kita balik nama pada formulir perpanjangan STNK di isi nama kita sendiri sebagai nama baru kendaraan tersebut dan sertakan FC KTP kita sendiri.
  6. Kemudian nanti akan diperiksa oleh petugas dan di tunggu dong, lalu akan diberi FC STNK yang lama dan distempel tanda lunas, yang artinya kita ya harus membayar. Terus biasanya menunggu beberapa hari untuk bisa mengambil STNK tersebut, kalau kemarin sekitar 4 hari.
Proses pengambilan STNK :
A. Yang harus dibawa :
  1. Foto Kwitansi penjualan motor
  2. FC KTP kita sebagai pemilik yang baru
  3. Bukti cek Fisik kendaraan (kan waktu cek fisik dikasih 2, yang pertama diserahkan ke loket pengurusan Pajak dan STNK)
  4. STNK asli dan FC-nya serta BPKB asl, dan FC-nya
B. Prosesnya :
  1. Serahkan BPKB asli dan tanda lunas yang sudah distempel kemarin ke loket pengambilan STNK motor.
  2. Kalau memang sudah siap nanti akan di beri STNK asli tersebut dan Plat kendaraannya.
  3. Pergi ke Loket pengesahan dengan menyerahkan berkas-berkas di atas.
  4. BPKB kita akan di proses lebih dahulu dan kira-kira seminggu untuk bisa mengambilnya. Dan siapkan aja uangnya lebih dulu.
Kira-kira itu dalam pengurusan Balik nama serta Pembayaran Pajak kendaraan bermotor yang saya alami. Sebenarnya tidak terlalu sulit lho,, tapi cuma butuh kesabaran aja untuk bolak balik ke kantor Samsat. Tapi gak apa-apa, itung-itung olah raga.

Artikel menarik lainnya

69 komentar:

  1. hello..
    thanks ya infonya...tadi sempat bingung gmn caranya balik nama kendaraan, untunglah ketemu blog ini ..

    BalasHapus
  2. Yaapp.sama-sama nih.. aku cuma berbagi pengalaman kok.. dn kalau aku lupa ku bisa ingat kembali..thanks udh berkunjung

    BalasHapus
  3. Apa perlu KTP asli orang pertama dan fotocopy-nya (sesuai BPKB)? Apa data di BPKB saja tdk cukup?
    Bagaimana kalau fotocopy ktp ini dan aslinya sdh tdk ada?
    mohon penjelasan.

    BalasHapus
  4. Ya, sebenarnya untuk membayar Pajak pun menggunakan KTP asli, ini untuk wilayah Pekanbaru. Tapi mungkin untuk daerah lain saya gak tahu. Karena bisa saja kebijakan masing-masing daerah berbeda, dilahkan ditanyakan langsung kepada petugas Samsat. Terus kalau tidak ada KTP asli, solusinya tanyakan langsung ke petugas Samsat, masalahnya ada temen beli motor yang penjualnya udah berpindah-pindah tangan pun bisa juga bayar pajak. berarti kemungkinannya bisa.

    BalasHapus
  5. Thank's ya atas infonya, sangat membantu sekali. Karena saya akan mengurus balik nama dan perpanjangan STNK, jadi masih awam tentang hal ini...

    BalasHapus
  6. ngomong2 berapa yah biaya nya secara terperinci ?

    BalasHapus
  7. Oke, kemungkinan utk biaya tiap daerah beda-beda, tapi ini untuk wilayah Pekanbaru sebagai contohnya :
    1. Biaya FC surat-surat tentunya, biaya hitung sendiri dong, berapa kira-kira.
    2. Biaya cek fisik, ini membayar cuma-cuma, boleh kasih 10.000 atau berapalah, sebagai uang terima kasih aja karena udah membantu kita.
    3. Untuk pengambilan formulir pengisian data kira-kira sekitar 30.000-an
    4. Untuk pajak tergantung jenis motor dan tahun pembuatan (kalau aku 390.000, termasuk denda sih=30.000, he..hee.he)
    5. Biaya pengambilan BPKB kalau gak salah 50.000 (maaf sebelumnya kalau salah.udah lama sih.

    BalasHapus
  8. bro.. ane numpang tanya.
    ane udah balik nama stnk baru dan udah dapat plat nomer baru,,, selanjutnya ane mau balik nama bpkb, cara dan syarat2 untuk balik nama bpkb apa aja?
    thx

    BalasHapus
  9. Nice info gan..pgn balik nama motor tp ktp aslinya ga ada. Org yg punya ktp ga tau lgi kmna..jd kl bayar pajak nambah 100rb lgi kl ga ada ktp, kl mw balik nama ga ada ktp 550rb kata org samsatnya. Oia ane d bandung gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Doni, untuk samsat mana ya ygklo ngurus pajak nambah 100rb, saya kan pengen ngurus sendiri tp g dapet2 terus ktp asli, orgnya udh pindah.

      Hapus
  10. bro kalo ttd pemilik sebelumny perlu ga..??

    BalasHapus
  11. Yoyo: kenapa BPKB harus balik nama, setahu saya gak perlu balik nama. Kan di BPKB itu udah ada kolom pemilik yang pertama, Kalau udah balik nama STNK sama petugas SAMsat akan di isi pada kolom berikutnya sebagai pemilik kedua. JAdi BPKB gak perlu balik nama.

    BalasHapus
  12. charles : Perlu bro, sebagai bukti pemindahan dari pemilik sebelumnya ke milik kita. Jadi, seolah-olah pemilik pertama menjual kepada kita. Kalau gak ada, ya repot juga tuh. Tapi coba tanyakan kepada petugas bagaimana solusinya.

    BalasHapus
  13. kalau pajak motor saya berakhir bulan 4 2011 dan STNK 5 tahunan berakhir 2014,saya mau balik nama to motor. Kalau balik nama sekarang bisa gak?Dan saya bayar berapa kalau balik nama sekarang? Atau sebaiknya bulan 4 tahun 2011 saja sekalian bayar pajak tahunan.mohon pencerahannya bro
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya nanti aja pas mau ganti STNK, karena kalau sekarang balik nama, berarti STNK harus diganti juga, kan jadi mahal. Jadi nanti aja nunggu pas ganti STNK tahun 2014. Tapi sekarang buat dulu kwitansi jual beli atas nama STNK tersebut jangan lupa tddnya pakai materai dan FC KTPnya. mana tahu nanti dia pergi entah kemana.

      Bayarnya kalau spek motornya seperti punya saya.. ya hampir-hampir sama, tapi tergantung juga daerah masing-masing.

      Hapus
  14. gan, kalo mw bayar pajak tahunan cuma bawa ftcp ktp tanpa ktp asli yg tertera di stnk mank gak bisa ya? kalo bisa, apa ada biaya tambahan?
    kalo mau balik nama + perpanjangan stnk 5 tahun, kira2 biaya totalnya berapa gan utk motor thunder 125

    BalasHapus
  15. oiya thx gan infonya

    BalasHapus
  16. gimana cara balik nama motor tapi tidak berdasarkan jual beli melainkan sebagai pemberian atau hadiah.

    BalasHapus
  17. Kalau bailk nama berdasarkan hadiah mudahnya saja, lampirkan surat pemberian/hadiah tersebut sebagai pengganti surat jual beli.

    BalasHapus
  18. sekarang ga perlu pake fc ktp pemilik pertama.. cukup motor, bpkb, KTP kita n kwitansi penjualan (bisa dibuat sndri :P)

    BalasHapus
  19. stnk jg pastinya... hehe

    BalasHapus
  20. ciendyle: gan, itu beneran tuh sekarang udah gak perlu pake ktp tangan pertama bisa balik naman? soalnya ane pengen balik nama vespa ane tapi pemiliki pertamanya udah gak tw kmn.
    klo boleh tahu balik nama di daerah mana gan?
    ktp ane jakarta utara sedangkan ktp pemilik pertama jakarta timur gan. mohon pencerahan selengkapnya gan, soalnya ane awam bgt gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak ada pemilik atas nama yang BPKB memang agak sulit. Caranya menggunakan langkah terakhir yaitu minta tolong pada biro atau agen-agen yang memang bisa melakukan itu. Memang sih agak mahal, tapi-kan berlaku untuk seterusnya... dan nanti setelah itu kita bisa ngurus sendiri untuk bayar pajaknya.. Jadi diawal saja yang sulit. (ane Pekanbaru gan, riau). Mungkin tiap daerah ada kebijakan masing-masing juga ya...!!

      Hapus
  21. selamat pagi pak
    saya mau bertanya,
    saya ad faktur motor tgl faktur 23 agustus 2011
    saya dengar umur faktur cuma 14 hari, jadi jatuh nya tgl 7 sudah mati faktur nya
    tapi selama seminggu samsat daerah saya tutup karena libur idul fitri
    yang saya tanya,apa libur itu juga di hitung atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau hitungan dalam bekerja hari libur tidak dhitung, karena itu dinamakan dengan 14 hari kerja.

      Hapus
  22. Anonim@ : maksudnya faktur pembelian motor/penjualan motor atau faktur apa nih. Kalau faktur tersebut, kan gak masalah walaupun lewat tanggalnya.. cuma di sini saya gak tahu maksud faktur nya itu apa. Umumnya kalau di Pemerintahan yang dihitung adalah hari kerja.. jadi kalau libur biasanya tidak dihitung. Tetapi untuk kepastian-nya silahkan konfirmasi ke Samsat setempat.

    BalasHapus
  23. Slamat malam Gan...
    Mau nanya, kalau faktur BPKB tidak ada bagaimana ngurus gantinya ya?

    Tq

    BalasHapus
  24. Anonim : Maksudnya faktur penjualannya ya gan..! Buat aja faktur jual beli yang biasa pakai kwitansi bisa juga kok, yang penting ada tanda tangan penjual dan ttd kita sebagai pembeli.

    BalasHapus
  25. sangat membantu,,,, ^^

    BalasHapus
  26. wah mantab... detailnya... btw sy mau balik nama kendaraan yg saya beli di tempat jual beli kendaraan bermotor, namun kendaraan tersebut pemilik pertamanya an Perusahaan. apakah sama persyaratannya? adakah diperlukan surat pengantar dari perusahaan tersebut?.. tq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih bida dihubungi perusahaan tersebut, sebaikna dari perusahaan. Tetapi jika tidak maka buat aja surat jual beli dari tempat penjualan kendaraan tersebut.

      Hapus
  27. Menurut hamt saya, surat pengantar tidak diperlukan jika sudah ada kwitansi si pemilik kendaraan yaitu peusahaan yang menjual motor tersebut. Trim's

    BalasHapus
  28. tidak serumit itu cukup cek fisik kendaraan setelah cek fisik langsung ke tempat pendaftaran BBN bawa KTP pemilik Baru + foty copy ktp pemilik baru + foto copy bpkb + kwitansi pembelian dengan materei 6000 harus materei yg baru materei yg kuning tidak berlaku nanti diberikan formulir isi sesuai petunjuk yg ada dimeja, selanjutkan bawa ke loket TU polri tunggu beberapa saat setelah lengkap dan di acc masukan berkas ke proses balik nama/mutasi/pindah alamat tunggu 10 menit setelah dipanggil bawa berkas ke loket pembayaran nanti setelah membayar diberikan kwitansi sambil menunggu stnk/dll yang asli khusus bpkb harus ditinggal dan diberikan bukti kapan harus ambil bpkb tersebut

    BalasHapus
  29. Sebenarnya memang tidak rumit mas. Kalau sudah dipraktek-kan mudah kok. Kemudian untuk beberapa wilayah mungkin punya aturan yang berbeda. Btw, thanks sudah berkunjung...!

    BalasHapus
  30. siang gan mau tanya donk...
    ane kan dulu kerdit motor pke ktp bos saya,karna dulu ane blm punya ktp jkt,nah skrg ane udh punya ktp nya,skrg motor udah lunas,mau balik nama ,ber arti tetep harus pke kwitansi jual bli yah,mohon d bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Agus Setiawan :
      Ya.. benar P'Agus, harus ada kwitansi sebagai bukti telah jual beli motor. Misalnya kalau hilang atau tidak ada lagi, minta buat yang baru aja dari boss P' Agus, jadi seolah-olah P' Agus beli motor dari boss.. sama seperti yang saya lakukan diatas...!

      Hapus
  31. pak saya mw tanya kira2 brapa biaya bbn kndraan dri luar provinsi,n ap bsa kita bbn d samsat wilayah kita ya misal'a mtr jwa tengah mau bbn sama saya d jwa brt , thnk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti itu balik nama dan mutasi kendaraan. Biayanya bisa berbeda-beda. Sekedar info :
      Coba kunjungi ini :http://forum.detik.com/cara-balik-nama-kendaraan-t433728.html?s=0cc16f59a5ea46e08cd63a85057faf0d&

      atau yang ini :
      http://forum.detik.com/cara-mutasi-kendaraan-bermotor-t433750.html

      Hapus
  32. malam, mau tanya.
    kalau motornya plat luar apa sama saja?
    saya domisisli di semarang, motornya plat bogor. kira2 untuk harganya berapa?

    salam.
    fathul

    BalasHapus
  33. Malam juga...!
    Kalau untuk luar daerah berarti mutasi kendaraan. Caranya hampir sama dengan cara di atas, hanya di tambah 1 data lagi dari samsat wilayah asal sebagai bukti untuk mutasi ke wilayah baru. Kalau untuk harga tiap daerah berbeda-beda tergantung jarak daerah juga.

    BalasHapus
  34. Malam om mau tanya, saya mau balik nama vespa saya yg alamat BPKB nya di samsat Magelang, tapi KTP saya alamatnya di Jember jawa timur, dan saat ini saya berdomisili / kerja di jogja. apakah saya bisa mengurus proses balik nama di samsat jogja? trima kasih om

    BalasHapus
  35. Maaf juragan, orang bodo mw tnya.
    Kalo motor asal jakarta mw pindah nama ke org purwokerto, proses balik nama dilakukan di samsat jakarta apa di purwokerto?
    Mkasih gan,

    BalasHapus
  36. Selama bbn kendaraan boleh digunakan ga ? Apa dpt surat dr samsat tuk kita tetep bisa gunakan kendaraannya

    BalasHapus
  37. Gan kita kan mau balik nama bpkb, setelah balik nama, apakah pajak motor otomatis di perpanjang, atau mau melakukan lagi prosedur pembayaran pajak, atau sekalian aja dengan biaya balik nama bpkb tadi? Tlong pencerahan nya gan.

    BalasHapus
  38. beberapa minggu mendatang sudah wajtunya untuk mengurus STNK
    terima kasih atas info laingkah2nya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  39. @Garil : Bagusnya sekalian aja gan.. makanya cari waktu balik nama saat-saat pergantian Pajak. Jadi Begitu balik nama, langsung pajak diperpanjang.

    BalasHapus
  40. mas mau tanya, saya kredit motor 2nd tp atas nama kakak saya. nah klo nanti mau balik nama atas nama saya bisa gak yak dan syaratnya apa saja karena waktu pembelian atas nama kakak saya. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Saepudin: mudah saja kok, buat aja kwitansi penjualan dari kakak ke kamu. Jadiseolah-olah kakak kamu menjual motor ke kamu. Balik namanya nanti aja kalau sudah lunas..! Sama dengan kasus saya di atas..! Saya beli motor atas nama manajer saya..dan setelah lunas, baru saya balik nama.

      Hapus
  41. mas saya mau nanyak, saya kan ada beli motor 2nd, saya pemilik ke 3, jadi waktu saya beli ,kwitansi pembelian hanya dari tangan ke 2, gak ada kwitansi dari tangan 1, dan BPKB dan STNK atas nama pemilik pertama, jadi bagaimana kalau saya mau balik nama mas? apakah perlu kwitansi pemilik 1?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah ..yang penting ada kwitansi sebagai bukti kita sudah membeli kendaraan. Jika ditanya, Ya..jawab aja sesuai dengan kronologis, semoga bisa lancar..!

      Hapus
  42. saya ada sedikit pertanyaan nih mas,,,sy kan baru mutasi motor ke bandung dari lampung,,,di samsatnya ktnya kurang FAKTUR BPKB,,,saya bingung juga apaan tuh? soalnya faktur pembelian motor sudah ada dan dilampirkan di BPKBnya,,,mohon pencerahannya

    BalasHapus
  43. mas saya mw nanya nih. Saya beli motor dari tangan Kedua, Nah Pajak Saya Mati jadi harus punya KTP Tangan pertama donk buat perpanjang sedangkan tangan pertama udh g tw lgi kemana. Pertanyaan saya, bisa ga dalam kondisi STNK mati saya langsung Balik Nama Aja?
    Mohon Bantuannya

    BalasHapus
  44. Jangan ribut ya pada , semua sudah jelas , tak ada yang tak bisa asal kita mau berusaha . Tq

    BalasHapus
  45. brapa biaya nya? kenapa ga di terterakan>>>?

    BalasHapus
  46. mas klo stnk udah jd dan dibalik namanya apakah bpkb jg otomatis udah diurus? atw bpkb bs menyusul? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk balik nama ya.. BPKB yang di balik nama beserta STNK, jadi saat mengurus sertakan BPKB dan STNK yang asli. Pastikan di Foto copy juga untuk diserahkan.

      Hapus
  47. mas, saya baru beli motor 2nd dari toko motor 2nd di pekanbaru, cuma ada kwitansi penjualan dari toko motor (tidak dari pemilik pertamanya lgsg, ktp juga tidak ada), apakah bisa balik nama?
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada kwitansi biasanya bisa, tapi untuk KTP, itu yang masih bingung. Coba tanyakan kepada toko motor tersebut, biasanya ada jasa utk pengurusan pajak/balik nama motor.

      Hapus
  48. Mas prim Saya mau tanya langsung nie,, kalau balik nama tanpa KTP pemegang pertama bisa tidak ya??/ tolong penjelasannya,,,

    Terimakasih

    BalasHapus
  49. maaf mas, saya habis mutasi motor antar propinsi nih, trus kalo balik nama kira-kira bisa gak ya?? tapi plat nomor terakhir tahun 2018. pajak selanjutnya tahun 2014.

    BalasHapus
  50. CASTUMER SERVICE :

    - 08222 4201 999 (telkomsel)
    - 085 7400 796 23 ( indosat )
    PIN BB : 2664EE25

    VIMAX OBAT PEMBESAR PENIS ASLI CANADA yg telah terbukti hasilnya dan disetujui oleh FDA, VIMAX diper-jual belikan secara online.

    Obat Pembesar Penis Vimax adalah Obat yang digunakan untukMenambah Ukuran Penis Anda menjadi panjang dan lebih luas.capsull Vimax akan membantu Anda mencapai ereksi yang begitu Kuat sehingga Anda akan lebih menikmati hubungan seksual Anda dengan pasangan Anda. Vimax diformulasikan dari tumbuh-tumbuhan alami 100% terbukti membuat kinerja penis anda bekerja dengan sangat baik. Vimax akan meningkatkan kehidupan seksual Anda dan menarik menurut laporan yang diperoleh dari Vimax website resmi bahwa tingkat keberhasilan menggunakan Vimax mencapai 98%. Ini menjadi jelas bahwa Vimax benar-benar bekerja untuk memecahkan masalah Anda. Vimax pil diproduksi dan telah disetujui oleh FDA, sehingga Anda tidak khawatir tentang kualitas Vimax.
    Vimax Canada Herbal

    Harga 450.000
    Kualitas barang-barang yang kami jual dijamin asli.

    UNTUK LEBIH JELAS SILAHKAN KUNJUNGI WEBSAITE KAMI :

    www.pembesarpenispria.com


    Kami Terima Order 24jam Nonstop, Setiap Hari Termasuk Sabtu Dan Minggu.
    MELAYANI PEMESANAN & PENGIRIMAN LUAR KOTA / PULAU / NEGERI,
    Surabaya, Bali, Sidoarjo, Malang, Cirebon, Tangerang, Jakarta, Bandung, Sumatra, Aceh, Lampung, Medan, Riau, Batam, Jambi, Padang, Kalimantan, Samarinda, Pekanbaru, Bengkulu, Makasar, Sulawesi, Irian jaya,Papua, Bangka Belitung, Banten, Jabar, Jateng, Jatim, Ntt, Ntb, Gorontalo, Maluku, Singapura, Malaysia, Korea, Arab Saudi…………DLL

    BalasHapus
  51. saya mau balik nama, tapi stnk udah mati. dendanya berapa ya?

    BalasHapus
  52. gan,ane mau balik nama ,cuma ktp yg ada di bpkb nya ga ada gan.gmana gan solusinya?

    BalasHapus
  53. siang gan....
    mau nanya nih penting bget....
    sy bru beli motor bekas 2 bulAn lalu.... rencananya mau balik nama januari 2014 sekalian perpanjang stnk dan ganti plat no. motor yg sy beli berplat no. makasar trus ktp sy gorontalo..
    yg lebih gawatya lg sy gak punya bukti pembayaran dan fc ktp pemilik..... dan si pemilik hilang entah kmna?

    mhon d ksh penceerahan gan.... galau nihh.....
    terimakasih

    BalasHapus
  54. Assallam. Mas mau nanya. Sy beli motor di Bogor di daerah tempat kerja saya. Namun ktp saya di Ngawi jawa timur. Bisa gk sy balik nama dgn plat no bogor? Trimakasih

    BalasHapus
  55. @ Prim : bang saya beli motor pekanbaru plat BM tapi saya gak punya ktp pekanbaru, adanya ktp padang, jadi kalo mau balik nama harus mutasi ya bang?
    langkah2nya gimana bang:
    misal kita cek fisik dulu di samsat pekanbaru lalu kepadang ,,, saya bingung bang

    BalasHapus

Nonton sejenak

Loading...

Info Kampus

Tutorial HTML

Teman Spesial