Home » » Apakah aku sudah sukses ?

Apakah aku sudah sukses ?

Written By Parmin Prim on 30 Desember 2009 | 08.53

Ya, pertanyaan yang sangat mengganggu pikiran ku saat ini, bertepatan dengan akhir tahun 2009 dan akan memasuki tahun baru 2010 Masehi. Kalau tahun Hijriyah sekarang udah tahun 1430 yang masih juga tahun baru. Bergantian tahun baru berlangsung terus menerus yang tanpa kita sadari, karena waktu akan bekerja dengan hitungan maju, dan tak pernah mundur sedetik pun. Sementara kita juga beraktivitas terus-menerus sepanjang waktu tanpa kita sadari bahwa kita juga berlalu dan berjalan meninggalkan waktu yang barusan tadi, yang sebentar tadi, yang tadi. Kita sering berbicara :"barusan tadi ada disini", barusan kemarin main saya saya". dan barusan-barusan yang lain.

Sukses....!! Kata ini hampir sama dengan berhasil. Ya berhasil melakukan sesuatu, berhasil menyelesaikan pekerjaan dan juga berhasil dalam bertingkah laku dan bertindak ke arah yang lebih baik. Kalau boleh di nilai kata sukses dan berhasil ini secara subtansi agak berbeda. Berhasil lebih mengarah kepada jangka waktu yang relatif singkat dalam kehidupan, misalnya berhasil dalam ujian, berhasil dalam mendapatkan kerja, berhasil membangun rumah mewah, berhasil selamat dari terjangan tsunami dan lain-lain. Nah, kalau sukses ini merupakan jangka waktu 1 kehidupan manusia yang melingkupi semua aktivitas dari kecil sampai besar. Artinya kalau dibilang orang sudah sukses berarti sudah menggambarkan keberhasilan dalam semua bidang baik dalam pekerjaan, dalam ekonomi, dalam pendidikan dan lain sebagainya.

Pertanyaannya apakah aku sudah sukses. Jawaban untuk pertanyaan ini kadang-kadang sangat sulit untuk dijawab. Karena definisi sukses itu artinya keberhasilan di semua kehidupan, tapi apakah ada batasan tertentu sampai dimana orang itu dianggap sukses. Apakah orang yang sudah punya rumah, motor, mobil, atau punya pekerjaan tetap atau apa. Kita melihat orang lain sukses karena dia punya mobil sementara kita belum punya mobil. Di sisi lain kita sebenarnya juga dilihat orang lain sukses karena kita punya pekerjaan saja. Jadi, bagaimana penilaian sukses ini.

Patokan untuk sukses tidak bisa diukur dari sejumlah harta yang kita miliki. Tetapi bagaimana harta yang kita miliki itu dapat bermanfaat bagi kita sendiri, keluarga dan orang di sekitar kita. Karena saya yakin kita semua punya harta. Kenapa demikian? Harta tidak selamanya yang nampak, tapi juga ada harta yang tidak tampak, seperti kepercayaan diri, penghargaan dari orang lain, keahlian, ide cemerlang, persahabatan dan lain-lain. Jadi bagaimana kita menggunakan harta tersebut untuk melengkapi harta lain yang belum tercukupi. Gunakan kepercayaan diri untuk membangun kekuatan ekonomi, gunakan keahlian untuk mendapatkan uang, gunakan ide untuk membuat sesuatu yang bisa dijual. Nah, dengan demikian pada akhirnya harta dalam bentuk materi kita juga akan kita dapatkan. Nah, sukses...!! apakah aku sudah sukses,.. ya jawabannya aku sudah sukses. Tapi aku belum berhasil mendapatkan rumah, mobil, tabungan. Sehingga kita harus membuat target-target untuk masa yang akan datang.

"Selamat Tahun Baru Hijriyah 1430"
"Selamat Tahun Baru Masehi 2010"

Semoga target-target yang yang sudah direncanakan akan berhasil.....!
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger