Tutorial Komputer, Website, Blogger dan Surat

Full Arsip Surat

Download segala jenis surat yang anda butuhkan.

Dasar-dasar blogging

Belajar ngblog bagi pemula dan tingkat lanjut.

Belajar Web Desain

Panduan membuat website secara mudah dan cepat.

Desain Grafis

Trik dan Tips Desain grafis khususnya Photoshop.

Info Teknologi

Info seputar Teknologi dan Internet

28 February 2009

Yuk pasang jam

Jam sebagai penunjuk waktu merupakan hal penting yang perlu kita perhatikan. Karena siapa yang bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya maka dia akan merasakan manfaat yang lebih. Pekerjaan jadi mudah dan aktivitas yang dijalankan akan terasa nyaman. Oleh karena itu bagi para blogger kalau ingin blognya ada jam seperti di blog saya ini, berikut caranya.

  1. Buka dasbor anda melalui login di blogger
  2. Pilih TataTetak, dan pada bagian Elemen Halaman pilih Tambah Gadget
  3. Kemudian akan tampil elemen komponen dari blogger, pilih bagian HTML/JavaScript
  4. Beri judul terserah anda misalnya "Penunjuk Waktu" atau apa saja menurut keinginan anda.
  5. Lalu copy-kan kode berikut di kotak bawah nya
<embed pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" quality="high" allowscriptaccess="sameDomain" type="application/x-shockwave-flash" src="http://nackvision.com/goodies/clocks/nackvision_timer06.swf" name="calendar" width="155" align="middle" height="155"></embed>

6. Jangan lupa klik Simpan dan lihat Blog anda.
Share:

27 February 2009

Menyikapi plesetan logo PKS dan Golkar

Semakin dekatnya pemilu membuat suasana makin panas dan tegang. Berbagai macam perang tanding antar parpol silih berganti. Dari mulai iklan di media, seminar, kampanye terselubung dan lain sebagainya. Yang mana dari kegiatan suatu partai tertentu akan ditanggapi oleh partai lain dengan bentuk yang beragam. Ada yang pro dan kontra semuanya menambah hingar bingarnya kehidupan politik Indonesia menjelang pemilu 2009.

Dan yang lagi hebohnya hari ini adalah plesetan dari logo PKS dan Golkar yang dibuat di Facebook. Sebagaimana yang kita tahu bahwa PKS adalah kepanjangan dari Partai Keadilan Sejahtera, namun diplesetkan menjadi Partai Komunis Sejahtera. Lambangnyapun diganti dua duah bulan sabit tersebut menjadi palu arit yang merupakan simbol partai komunis yang pernah bercokol di Indonesia. Ada lagi yang lain yaitu Golkar yang berarti golongan karya diplesetkan menjadi Golongan Kharam.
Stelah dicari disana-sini informasinya, rupanya pembuatnya bernama Muhammad Amin asal Cepu yang saat ini bermukim di Belanda. Apa motif sari pembuatnya, entahlah..Apa dia secara pribadi atau ada unsur kelompok, kita juga belum tahu. Yang jelas dengan dengan adanya berita ini, maka menjadi headline beberapa berita di Situs online. Setelah saya cari di Facebbok, sekitar jam 11:00 ternyata tidak ketemu. Apa mungkin udah ditutup ya..!

Nah, secara pribadi saya menyikapinyabahwa ini merupakan hal yang tidak biasa. Memang di dunia virtual ini apa saja bisa kita sampaikan, bisa kita sebarkan tanpa adanya filter ataupun penghambat. Filternya adalah kita sendiri, diri kita masing-masing. Tapi jelas pembuatan logo dan plesetan yang ditujukan kepada orang lain atau kelompok tertentu khususnya PKS dan Golkar tentu membuat gerah dari para simpatisannya bahkan dari orang lain. Karena itu sebaiknya pembuatnya memang harus diberi semacam teguran atau bahkan sangsi. Semua orang boleh berekspresi, boleh menyampaikan pendapatnya, tapi harus dilihat juga apakah menyinggung atau tidak, apakah memojokkan atau tidak.

Lagian simbol komunis yang pernah ada di Indonesia itu merupakan partai yang sudah dilarang. Sehingga hal ini menimbulkan citra yang kurang baik di mata masyarakat. Jadi seandainya partai Golkar dan PKS ingin menuntut pembuat plesetan logo PKS dan golkar, ya sebaiknya memang begitu. Mari kita ciptakan pemilu yang damai, aman, tertib dan sukses.
Share:

Cara upload new blogger template

Bagi para blogger, template merupakan kreasi tersendiri untuk mempercantik blognya. Walaupun layout / template bukan satu-satunya untuk dapat eksis. Karena selain template yang cantik juga yang paling penting adalah update blog anda. Oleh karena itu selain tampilan blognya bagus , ya sebaiknya anda harus sering-sering memperbaharui artikelnya. Jangan kayak saya ini yang tidak selalu mengupdate postingannya.

Nah, bagi blogger yang ingin merubah dari template klasik ke template baru blogger yang berbasisi XML caraanya sebagai berikut ;
  1. Cari dan download template baru dari internet yang banyak bertebaran disana-sini. Masih bingung silahkan buka google.com dan cari dengan kata kuncinya "Free blogger template" atau "Free blogger new template". Setelah dapat download template tersebut dan simpan di komputer anda.
  2. Kemudian Login ke blogger anda dan Pilih Tata Letak, kemudian Edit HTML --> dan Browse untuk mengupload template baru tersebut,tapi kalau tidak ada Tata Letak, maka pasti ada pilihan Template
  3. Kalau Pilihan Template, maka pilihannya adalah Desain Kustom, pilih "Upgrade Template anda",
  4. Pilih satu template yang anda inginkan, dan klik Simpan Template,
  5. Pilih Edit HTML --> dan Browse untuk mengupload template baru tersebut
  6. Setelah itu tunggu beberapa saat dan silahkan lihat blog anda...! (selamat mencoba)

Share:

26 February 2009

Export Import blog

Bila kita mempunyai artikel yang sudah banyak di sebuah blog. Lalu kita juga membuat blog baru dengan nama yang berbeda tentunya.Kita bisa mengcopy postingan kita tersebut ke blog yang baru tanpa menghilangkan blog lama. Hal ini mungkin berguna bagi para blogger yang mempunyai banyak nama blog tapi kurang aktif ngeblog sehingga artikel yang dibuat tidak begitu banyak. Nah, berikut cara melakukan impor dan ekspor postingan sebuah blog. Cara yang baru aku lakukan adalah dari blogger ke blogger, kalau dari layanan blog lainnya belum dicoba.

  1. Buka blog sumber yaitu blog yang berisi postingan yang akan kita ambil/ekspor, yaitu masuk atau login blog anda, dan pilih bagian dashbor
  2. Kemudian pilih Pengaturan, dan pilih Ekspor blog
  3. Lalu pilih Unduh Blog, dan simpan postingan tersebut menjadi sebuah file. File tersebut menjadi jenis xml
  4. Kemudian Buka juga Dasbor baru anda, cara mudahnya tekan ctrl-T untuk membuka tab baru internet.
  5. Lalu ketik di address internet www.blogger.com, maka akan langsung tampil ke menu dashbor anda.
  6. Lalu pilih jenis blog anda yang lain yaitu blog untuk menerima postingan anda.
  7. Plih pengaturan dan pilih impor blog, silahkan kli Browse untuk mengambil postingan anda.
  8. Masukkan kode yang tertera, dan jika ingin semua postingan tampil, cek list "Terbitkan semua entri yang diimpor secara otomatis" dan klik Impor Blog
  9. Tunggu proses hingga agak lama dan semoga berhasil
Share:

25 February 2009

Pakai template klasik atau baru

ya, semenjak XML di kembangkan, maka sudah banyak para blogger maupun pengembang kode ini untuk mengaplikannya sebagai pengganti dari kode html. Lalu para pengembang template blogger juga sudah banyak yang membuat dengan dasar kode XML ini. Kalau kita lihat sepintas atau blog yang sudah jadi sepertinya nggak ada bedanya antara HTML dan XML. Setelah saya coba menggunakan template yang berbasis xml ini, ada beberapa perbedaan mendasar dari template html.

Nah, disini saya akan coba menguraikan tentang penggunaan template yang berbasis XML tersebut sepanjang yang saya tahu. Antara lain sebagai berikut :

  1. Untuk mengganti template dari klasik ke template XML harus melalui upload file , jadi tidak usah sistem copy paste seperti menggunakan template klasik
  2. Format warna, atau elemen-elemen / fitur-fitur blogger masih tetap ada. Jadi nggakperlu ditambahkan pada edit HTML
  3. Pengaturan tata letak komponen juga sangat mudah dilakukan karena tidak melalui edit HTML, tapi langsung ke Tata Letak dari fasilitas blogger
Nah, bagi kamu-kamu yang belum merasakan kemudahan menggunakan new blogger template atau template baru blogger yang berbasis XML, segera coba menggunakannya. Karena menurut saya memang lebih mudah menangani blog yang menggunakan XML. Tap ya, pilihan terserah anda semua. Karena setelah ditampilkan nantinya orang juga gak peduli blognya mau pakai template yang mana.
Share:

24 February 2009

Kenapa harus mengeluh

Sebuah kata sederhana yang mungkin jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi seringkali kita praktekkan langsung baik secara sadar maupun tidak sadar. Beberapa waktu lalu saya berkumpul dengan teman-teman lama saya. Seperti biasanya kami membicarakan mengenai pekerjaan, pasangan hidup, masa lalu, dan berbagai macam hal lainnya.
Setelah pulang saya baru tersadar, bahwa kami satu sama lain saling berlomba untuk memamerkan keluhan kami masing-masing seolah-olah siapa yang paling banyak mengeluh dialah yang paling hebat.


“Bos gue kelewatan masa udah jam 6 gue masih disuruh lembur, sekalian aja suruh gue nginep di kantor!”
“Kerjaan gue ditambahin melulu tiap hari, padahal itu kan bukan “job-des” gue”
“Anak buah gue memang bego, disuruh apa-apa salah melulu”.
Kita semua melakukan hal tersebut setiap saat tanpa menyadarinya. Tahukah Anda semakin sering kita mengeluh, maka semakin sering pula kita mengalami hal tersebut.

Sebagai contohnya, salah satu teman baik saya selalu mengeluh mengenai pekerjaan dia. Sudah beberapa kali dia pindah kerja dan setiap kali dia bekerja di tempat yang baru, dia selalu mengeluhkan mengenai atasan atau rekan-rekan sekerjanya. Sebelum dia pindah ke pekerjaan berikutnya dia selalu ribut dengan atasan atau rekan sekerjanya. Seperti yang bisa kita lihat bahwa terbentuk suatu pola tertentu yang sudah dapat diprediksi, dia akan selalu pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan berikutnya sampai dia belajar untuk tidak mengeluh.
Mengeluh adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan bagi beberapa orang hal ini menjadi suatu kebiasaan dan parahnya lagi mengeluh menjadi suatu kebanggaan. Bila Anda memiliki dua orang teman, yang pertama selalu berpikiran positif dan yang kedua selalu mengeluh, Anda akan lebih senang berhubungan dengan yang mana? Menjadi seorang yang pengeluh mungkin bisa mendapatkan simpati dari teman kita, tetapi tidak akan membuat kita memiliki lebih banyak teman dan tidak akan menyelesaikan masalah kita, bahkan bisa membuat kita kehilangan teman-teman kita.
Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kita mengeluh? Kita mengeluh karena kita kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan harapan kita. Bagaimana kita mengatasi hal ini. Caranya sebenarnya gampang-gampang susah, kita hanya perlu bersyukur.
Saya percaya bahwa di balik semua hal yang kita keluhkan PASTI ADA hal yang dapat kita syukuri.
Sebagai ilustrasi, Anda mengeluh dengan pekerjaan Anda. Tahukah Anda berapa banyak jumlah pengangguran yang ada di Indonesia? Sekarang ini hampir 60% orang pada usia kerja produktif tidak bekerja, jadi bersyukurlah Anda masih memiliki pekerjaan dan penghasilan. Atau Anda mengeluh karena disuruh lembur atau disuruh melakukan kerja ekstra. Tahukah Anda bahwa sebenarnya atasan Anda percaya kepada kemampuan Anda? Kalau Anda tidak mampu tidak mungkin atasan Anda menyuruh Anda lembur atau memberikan pekerjaan tambahan. Bersyukurlah karena Anda telah diberikan kepercayaan oleh atasan Anda, mungkin dengan Anda lebih rajin siapa tahu Anda bisa mendapatkan promosi lebih cepat dari yang Anda harapkan.
Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah hidup Anda akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersama Anda, karena Anda dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan Anda karena Anda terlalu sibuk mengeluh.

Try it now:
§Bersyukurlah setiap hari setidaknya satu kali sehari. Bersyukurlah atas pekerjaan Anda, kesehatan Anda, keluarga Anda atau apapun yang dapat Anda syukuri. Ambilah waktu selama 10-30 detik saja untuk bersyukur kemudian lanjutkan kembali kegiatan Anda.
§Jangan mengeluh bila Anda menghadapi kesulitan tetapi lakukanlah hal berikut ini. Tutuplah mata Anda, tarik nafas panjang, tahan sebentar dan kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut Anda, buka mata Anda, tersenyumlah dan pikirkanlah bahwa suatu saat nanti Anda akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.
§Biasakan diri untuk tidak ikut-ikutan mengeluh bila Anda sedang bersama teman-teman yang sedang mengeluh dan beri tanggapan yang positif atau tidak sama sekali. Selalu berpikir positif dan lihatlah perubahan dalam hidup Anda.
§”Semakin banyak Anda bersyukur kepada Tuhan atas apa yang Anda miliki, maka semakin banyak hal yang akan Anda miliki untuk disyukuri.”

Sumber : dari DS
Share:

Ular berkaki empat

RENGAT - Warga Kota Rengat, Indragiri Hulu, Provinsi Riau, dihebohkan penemuan ular aneh. Ular berwarna hitam tersebut memiliki empat kaki. Adalah Bujang, pemuda berusia 26 tahun, yang memelihara binatang langka tersebut.



Bujang yang sehari-hari bekerja sebagai loper koran itu menyimpan ular aneh tersebut dalam botol air mineral. Panjang ular itu sekitar 15 sentimeter.

Secara kasatmata, ular tersebut terlihat memiliki empat kaki. ”Mungkin ini masih anaknya, tapi saya juga nggak tahu nama binatang ini,” ucap Bujang yang saat itu didampingi rekannya, Berto.

Dia menuturkan bahwa ular tersebut diperolehnya dari seorang warga di Desa Rantau Mapesai, Rengat Seberang, Kecamatan Rengat, Minggu pagi lalu (15/2). Warga tersebut menuturkan, ular berkaki empat itu ditemukan di selokan kecil depan rumahnya.

Karena tidak mengetahui jenis binatang itu dan kebingungan memeliharanya, warga tersebut memberikannya kepada Bujang. ”Saya sendiri juga tidak tahu, tapi belum lama ini saya pernah baca di koran, binatang seperti ini pernah ditemukan di Kalimantan dan tergolong langka,” ujarnya.

Ular berkaki empat milik Bujang itu mirip salamander, vertebrata yang hidup di dua alam (amfibi) yang tergolong dalam kelas amfibi yang berekor dan berkaki (caudata/urodela). Ahmad Muhammad, dosen biologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA), menduga binatang itu masuk jenis kadal. Hewan tersebut memang sangat langka. ”Setahu saya, ini yang pertama ditemukan masyarakat di Riau, tapi mungkin juga di Sumatera. Namun, saya tidak tahu pasti. Kalau di Kalimantan saya pernah dengar,” ungkap alumnus Universitas Gajah Mada itu.

Sumber : jawapos
Share:

Wah… Facebook makin populer

Setelah Facebook masuk ke negeri kita dalam bahasa Indonesia, tak dinyanan perkembangannya begitu pesat.Sebenarnya udah lama aku tahu tentang adanya facebook, tapi waktu itu masih dalam bahasa inggris dan masih terkenal di Amerika. Jadinya ya, aku males juga mau daftar dan Friendster sudah terkenal di kawasan Asia terutama di Indonesia yang menempati urutan tertinggi waktu itu.
Nah, sekarang Facebook udah masuk ke Indonesia. Dalam waktu singkat setelah di umumkan peluncurannya dalam bahasa Indonesia, bagai sebuah virus yang langsung membius para netter. Tidak peduli sebagai pelajar, mahasiwa , orang kantoran, bahkan teknokrat maupun siapa pun latar belakangnya segera bergabung dan membuat account di FB. Mungkin masuknya FB ke Indonesia sudah dirancang sedemikian rupa sehingga ketemu waktu yang tepat, yaitu sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi pemilu 2009. Alhasil, mungkin ini yang dibidik oleh Tim FB, walaupun mungkin bukan itu satu-satunya, karena penggemar FB bisa siapa saja.
Dilihat via alexa beberapa hari yang lalu, ternyata Facebook sudah diatas Frendster dalam region Indonesia. Hal ini membuktikan begitu cepatnya FB populer.























Akankah.. Facebook bisa bertahan dan tetap exis di Indonesia menyaingi Friendster yagn sudah lebih dulu terkenal? Hanya wak tu yang bisa membuktikan. Yang jelas para penghuni Friendster juga sudah mulai daftar juga di Facebook, walaupun mereka tidak meninggalkannya. Contohnya aku sendiri, gak luput daftar di Facebook karena penasaran juga nih, gimana sih rasanya kok di negara asalnya sana bisa menjadi situs jejaring sosial nomor satu bahkan Presiden Barack Obama pun kampanye pakai makhluk yang satu ini.
Share:

20 February 2009

Apa kelebihan Facebook…?

Ya.. pertanyaan diatas memang mengganjal di hati ini. Betapa tidak sejak peluncurannya dalam bahasa Indonesia, perkembangan facebook sangat mencengangkan. Dilansir melalui alexa kemarin facebook sudah diatas friendster tingkat kepopulerannya.
Nah, yang jadi pertanyaan adalah apa sih kelebihan benda yang satu ini dibanding dengan situs jejaring yang sejenis. Setelah ikut bergabung beberapa waktu yang lalu kira-kira 2 minggu yang lalu tepatnya. Ada beberapa kesimpulan dari saya sendiri kelebihan dari facebook ini. Dan ini menurut penilaian saya, kalau ada penilaian yang lain silahkan di beri komennya.
1. Tampilannya simpel
Ya, facebook ini tidak mengutamakan layout / tampilan bahkan bisa dibilang sangat minim sekali. Bahkan sampai saat ini aku belum pernah mengganti layout facebook ku, atau mungkin memang tidak ada ya…?. Coba di search, “free layout facebook”, Cuma berapa yang tampil. Tidak seperti yang lain begitu di search langsung bejibun muncul layoutnya. Artinya memang facebook di desain tidak mengutamakan layout, yang bahkan kalau ada layout yang maca-macam itu, malah kadang kita tidak bisa membaca text yang tampil, karena itu berbagai macam variasi layout setidaknya mengganggu informasi yang diberikan.
2. Tidak perlu komen berupa gambar yang tidak penting
Kalau situs jejaring lain, yaitu F*, komen-komen bisa ditambahin berupa gambar yang dapat di unduh gratis dari situs lain yang memang khusus untuk menampilkan gambar maupun animasi. Dan hal ini kadang-kadang tidak sesuai dengan apa yang di inginkan, lagian gak lucu kan komentarnya bahasa Indonesia, tapi gambarnya-gambarnya berisi teks bahasa lain. Padahal fokus teman sebenarnya tidak pada gambar itu, tapi fokus ke tulisan yang dikirim. Jadi gambar yang disisipkan tersebut sangat mubazir dan hanya membuat loadingnya lama.
3. Fasilitas komen antar sesama teman
Fasilitas ini bisa saling memberi komentar kepada sesama teman yang mem posting duluan. Artinya siapa saja yang memberi komentar, sesama teman bisa saling melihat dan menanggapinya. Dan komentar akan tampil berurutan sesuai waktu yang paling terakhir.
4. Bisa langsung chating
Nah, fasilitas ini yang tidak ada di situs jejaring lain. Kita bisa melihat teman-teman kita yang online, lalu kita bisa ngobrol sesuka hati kita. Bisa juga chating ini di non aktifkan, sehingga teman-teman yang lain nggak tahu bahwa kita sedang buka FS, Cuma kita tidak mau chatingan sama teman.
5. Membernya dari masyarakat biasa sampai para politisi bahkan presiden sekalipun
Nah, ini dia yang paling OK. Membernya tidak ada segmen tertentu. Pokoknya siapa saja ada disana. Bahkan ini bisa dimanfaatkan untuk ajang kampanye bagi para calon legislatif maupun calon presiden. Lain kan kalau situs jejaring lain, kebanyakan membernya anak muda alias Abege.
6. Profilnya kebanyakan asli
Untuk yang satu ini, menurut saya kayaknya memang iya. Lain kan, kalau situs jejaring yang lain. Kebanyakan mereka menggunakan nama samaran. Kalau di FS entah mengapa ya, orang suka pakai nama asli. Sehingga dengan nama asli ini, orang akan mudah menemukan orang lain yang sudah dikenal sebelumnya. Akupun dengan FS ini , yang baru bergabung 2 minggu lalu, sudah menemukan teman-teman lamaku yang dulu hilang kontak. Pokoknya asyik dech…!
7. Mudah mencari teman yang hobinya sama
Ada fasilitas yang memungkinkan kita menggemari seseorang atau hobi tertentu. Sehingga hal ini akan mempermudah orang lain yang punya hobi yang sama bisa saling bergabung atau membentuk club / kelompok tertentu.
Share:

19 February 2009

Ilmu harus diamalkan

Ada segudang ilmu di sekitar kita. Baik yang kita sengaja untuk mencarinya maupun tidak. Baik dilewatkan maupun di terapkan. Semua mengandung pengajaran dan pelajaran. Ilmu tidak adak pernah habis, walaupun kita mencarinya sampai ke ujung dunia sekalipun.


Orang yang berilmu dia seperti mempunyai persediaan makanan di lumbung padinya. Punya persiapan untuk bekal masa depan. Namun makanan yang cuma ditumpuk dan ditumpuk saja tidak adak bermakna dan bermanfaat. Tapi sebaiknya makanan itu di di berdayakan dan dimanfaatkan oleh sesama. Makanan itu harus kita berikan kepada orang yang memang memutuhkan. Begitu juga dengan ilmu. Punya ilmu harus diamalkan dan di terapkan dalam kehidupan. Karena ilmu yang tidak diamalkan pada hakekatnya seperti makanan yang disimpan dan tidak pernah di makan. Sehingga makanan tersebut tidak ada gunanya bahkan membusuk dan dimakan ulat.
Share:

Pages

Featured Post

Konsistensi

Konsistensi atau konsisten adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan atau tidak ada batas sama sekali....

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Support