Tutorial Komputer, Website, Blogger dan Surat

Full Arsip Surat

Download segala jenis surat yang anda butuhkan.

Dasar-dasar blogging

Belajar ngblog bagi pemula dan tingkat lanjut.

Belajar Web Desain

Panduan membuat website secara mudah dan cepat.

Desain Grafis

Trik dan Tips Desain grafis khususnya Photoshop.

Info Teknologi

Info seputar Teknologi dan Internet

30 June 2009

"Tak gendong"nya Mbah Surip

Sejak kemunculannya mbah Surip dengan "Tak Gendong" yang merupakan lagu andalan di Albumnya ini , sosok Simbah makin populer saja. Media mulai mengulas siapa sosok pak Tua dengan ciri khas rambut gimbal ini. Tak terkecuali blogger dan makhluk dunia maya lainnya pun tak mau ketinggaln menyajikan berbagai informasi tentang dia. Tadi malam juga baru lihat pada penampilan di TPI dalam acara tebar pesona yang dipandu oleh Eko Patrio. Pada penampilannya yang nyentrik dan santai menyanyikan lagu "Tak Gendong" dengan semangat dan pastinya selalu tertawa, dan mungkin ini yang menjadi ciri khasnya. Ya, selalu tertawa dan tertawa, kesedihan harus dilupakan.

Mungkin ini yang menjadi kekhasan dalam setiap penampilannya. Siapa sebenarnya Mbah Surip? Mugnkin sebagian sudah ada yang tahu, dan sebagian juga ada yang belum tahu. Mbah Surip dilahirkan pada tanggal 5 Mei 1949 di Mojokerto Jawa Timur. Punya nama lengkap Urip Ariyanto, menurut pengakuannya pernah memiliki ijazah SMP, ST, SMEA, STM, Drs dan Insinyur serta MBA. Saat ini mbah Surip berstatus duda dengan 4 anak dan mempunyai 4 cucu. Sebagaimana kita jalan hidup manusia waktu masa muda bermacam-macam. Begitu juga simbah ini sebelumnya pernah bekerja di pengeboran minyak, tambang berlian, emas dan lain-lain, bahkan kabarnya pernah bekerja di luar negeri seperti di Kanada, Texas, Yordania dan California.

Namun mungkin jalan kehidupannya memang harus kembali ke Indonesia, maka simbah ini tampaknya tidak ada keberuntungan bekerja di luar negeri. Alhasil, dia balik lagi ke Indonesia. Dan jiwa seni yang masih mengalir dalam dirinya, maka dia bergabung dalam bebeberapa komunitas seni di Jakarta seperti Teguh Karya, Aquila, Bulungan, dan Taman Ismail Marzuki. Karena keuletan dan bakatnya yang terus diasah, maka nasib berpihak kepadanya dengan adanya tawaran untuk rekaman.

Dalam perjalanan musiknya mbah Surip telah mengeluarkan beberapa album, yang rekamannya mulai tahun 1997, diantaranya Ijo royo-royo tahun 1997, Indonesia tahun 1998, Reformasi tahun 1998, Tak gendong tahun 2003 dan Barang Baru tahun 2004. Namun ternyata lagu Tak Gendong yang paling terkenal itu diciptakan mbah Surip tahun 1983.

Dengan kemunculannya simbah di bidang seni ini, muncul beberapa opini. Seolah-olah mengatakan bahwa faktor usia tidak berpengaruh untuk terus berkarya, baik usia anak-anak, dewasa, bahkan tua renta sekalipun bisa berkarya. Hal ini mengisyaratkan bahwa berjuang dan berkarya harus terus dilakukan kapan saja, karena untuk sebuah keberhasilan memang memerlukan waktu yang panjang, ada yang waktu muda sudah nampak hasilnya, ada juga yang usia tua baru kelihatan hasilnya.

Jadilah diri sendiri. Ini yang kadang-kadang tidak semua orang bisa melakukannya. Ada perasaan ragu dan tidak mau menjadi pribadi yang lain dari orang lain, karena berpikiran orang lain akan memandang aneh kepada kita. Padahal keanehan kita itu yang menjadi ciri khas untuk diri kita sendiri tapi yagn pasti tentu ciri khas yang baik dan tidak melanggar norma agama dan tata susila. Kalau keanehan yang kita punya misalnya pakai baju setengah jadi atau kita sering berperilaku aneh, ya tentu kita pasti cepat terkenal, ya terkenal jeleknya. Tapi yang saya maksud adalah kita menjadi diri sendiri dalam artian membuat karya yang baik yang orang lain belum ada yang membuatnya.

Jadi kemunculan Mbah Surip menjadi sesuatu yang fenomenal, karena di usia yang senja tersebut, beliau malah menghasilkan karya yang diterima banyak orang. Ini menginspirasi kepada kita-kita yang masih muda dengan pertanyaan "Kenapa kita berhenti berjuang, sedang mereka setelah tua baru menikmati hasilnya". Karena itu mari kita terus berkarya untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat bangsa dan negara. "Terus berjuang ya Mbah Surip". Si mbah menginspirasi kaum muda.

Yang belum tahu syairnya, ini dia :

Tak Gendong, Kemana-mana
Tak Gendong , Kemana-mana
Enak Dong, Mantep dong
Daripada kamu naik pesawat kedinginan
mendingan, tak gendong to.. mantep To..Hayo..kemana

Where Are You Going
Okay, I am Coming
Where Are You Going
Okay, My Darling

Tak Gendong Kemana-mana
Tak Gendong, Kemana-mana
Enak Dong, Lagi Dong
Mau Dong, Tambah Dong
Capeeeeekkkk……

Yang mau lagunya "Tak Gendong" bisa download disini.
Share:

27 June 2009

wah... kontes ruzli zainal sang visioner rame banget

Setelah membuat satu postingan tentang kontes Ruzli Zainal sang visioner hari ini. Maka saya coba lihat di google siapa yang sudah masuk dan terfavorit dalam kontes Ruzli Zainal Sang Visoner itu. Ya, setelah di cek di google.co.id pada hari sabtu kira-kira jam 2 lewat 49 sore. ternyata tidak disangka pesertanya sudah bejibun.

Dari daftar itu bisa dilihat bahwa telah sampai pada halaman 10 dan masing-masing halaman terdiri dari 10 daftar blog. Berarti kontes rusili Zainal sang visioner ini ramai peminat. Jika dikalkulasi maka sudah sampai 100 daftar yang terindex oleh google.



Mungkin karena hadiah yang diberikan cukup lumayan dan besar, maka kontes ini sangat banyak peminatnya. Nampaknya para pakar SEO pada turun gunung untuk ikut berkompetisi dalam kontes ini. Memang kontes biasanya dijadikan ajang untuk saling berjuang satu sama lain dalam menempatkan rating blognya supaya menjadi yang paling terpopuler. Jadi yang mau ikutan cepetan daftar dalam ajang Rusli Zainal Sang Visioner, karena waktunya masih lama sampai september 2009.
Share:

Kontes SEO Bertuah 2009

Iseng-iseng jalan-jalan ke blognya bloggerbertuah yang diposting 14 Juni 2009 ada informasi baru tentang pengumuman tentang Kontes SEO Bertuah 2009 yang mengambil tema RUSLI ZAINAL SANG VISIONER. Ini merupakan hal positif bagi para blogger untuk berkompetisi menjadi yang terbaik, walaupun kalah menang bukan menjadi sesuatu yang harus disandang oleh para pesertanya. Karena bagi para blogger kepuasan yang paling utama adalah bilamana tulisan yang kita buat bisa bermanfaat bagi orang lain. Jadi, mari kita dukung sama-sama kontes ini dengan semangat dengan menampilkan postingan-postingan yang bermanfaat tentunya.


Sejenak mengenai SEO. Didunia blogger SEO merupakan hal yang tidak asing lagi, yaitu suatu metode atau cara atau boleh juga dikatakan sebuah trik untuk menaikkan rating sebuah blog atau situs. Terlepas dari apa atau bagaiman seorang blogger menggunakan trik SEO tersebut yang jelas merupakan kebanggan tersendiri bila blognya nangkring di urutan pertama pada mesin pencari. Kenapa demikian? Ya... sudah jelas. Seorang pengunjung biasanya akan langsung tertarik pada halaman awal sebuah situs pencarian.


Menurut informasi, untuk bisa diindex oleh google biasanya memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu, atau bisa juga lebih cepat. tergantung dari jumlah artikel atau text yang ada, semakin banyak artikel di dunia maya, maka semakin sulit untuk bertengger di atas, karena artikel tersebut tentu harus bersaing satu sama lain untuk memperebutkan artikel yang paling populer, karena google harus mengindex ratusan bahkan jutaan blog/situs di databasenya diseluruh dunia.

Kembali ke masalah SEO kota bertuah yang mengambil judul RUSLI ZAINAL SANG VISIONER merupakan langkah yang tepat bagi para blogger untuk memberikan informasi kepada dunia maya bahwa di Riau ini ada seorang putra Riau yang mampu untuk mengangkat budaya Riau ke tingkat nasional maupun Internasional. Hal ini akan memberikan apreasiasi yang bagus untuk perkembangan kehidupan masyarakat Riau untuk masa depan menyongsong Riau 2020.
Share:

Mayat Hidup Gegerkan Warga Cakalang Makassar

Warga jalan Cakalang Makassar dan sekitarnya digegerkan dengan kemungkinan hidupnya kembali Andi Asriani (22) yang telah dimakamkan Kamis (25/6) kemarin.

Sejak Jumat pukul 14.00 Wita siang, ratusan warga sekitar memadati rumah Asriani yang terletak di kelurahan Tabaringan Kecamatan Ujung Tanah, Makassar untuk menunggu kedatangan jenazah Almarhum Asriani yang diduga masih hidup.


Informasi yang dihimpun menyebutkan, Asriani yang sementara mengandung enam bulan anak pertamanya ini meninggal dunia pada hari Rabu (24/6) siang di Rumah Sakit (RS) Stella Maris, diakibatkan komplikasi penyakit yang dideritanya.



Kemungkinan belum meninggalnya Asriani oleh Nenek almarhum, Sija Dg Ngai didasarkan pada mimpi seorang bocah, Andi Ikra, dan mimpi dan kelebihan para keluarganya di Maros dan Nenek almarhum di Sinjai.

"Cucu saya bermimpi jika Asriani belum meninggal. Katanya dalam mimpi mengapa ia dikuburkan padahal masih hidup, " kata Dg Ngai.

Bukan hanya itu, kata dia, waktu jenazahnya dimandikan tubuh almarhum saja masih hangat, lemas dan tidak kaku.

Akhirnya jenazah yang dikebumikan di Pemakaman Kassi Kebo, kelurahan Baju Bodoa, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros ini dibongkar dan digali kembali untuk memastikan kondisinya. Jumat sekitar 14.00 Wita siang.

"Asriani benar-benar masih hidup, " kata Aidah, sepupu almarhum

Dia mengungkapkan jika anak pertama dari delapan bersaudara ini dipastikan hidup, setelah beberapa kali melakukan kontak telepon seluler dengan keluarganya di Maros yang sudah menggali kuburanya.

"Iya dia masih hidup, dua-duanya. Matanya mengeluarkan air, tubuhnya hangat dan jantungnya berdetak, " ungkap Aidah yang mengulang perkataan Udhin, Ayah almarhum

Menurutnya, setalah berkomunikasi dengan Ayah almarhum. Dipastikan Asriani berserta anak dalam kandungan masih hidup.

Sebelum meninggal, Asriani sempat dirawat di RS TNI AL Jala Ammari sejak Kamis (18/6). Dokter setempat mendiagnosa jika penyakit yang dideritanya adalah demam berdarah (DBD), ginjal dan penyakit usus. Hingga harus dirujuk ke RS Stella Maris. Di RS ini dokter menyatakan Asriani telah meninggal dunia.

sumber berita : ANTARA NEWS - Makasar
sumber gambar : google.com
Share:

26 June 2009

Penyebab kematian Michael Jackson

Ibarat tamu tak diundang, serangan jantung bisa datang kapan saja tanpa ataupun dengan keluhan klinis. Demikian pula yang dialami oleh "King of Pop", Michael Jackson, yang dilaporkan meninggal dunia karena cardiac arrest (jantung mendadak berhenti berdenyut).

Seperti dilaporkan oleh berbagai media, pihak Jackson sempat menelepon 911 karena tiba-tiba Jackson tak bisa bernapas. Pertolongan napas buatan (cardiopulmonary resuscitation/CPR) telah dilakukan dan dia sempat dilarikan ke UCLA Medical Center. Sayang, nyawanya tak sempat tertolong.

Pada kasus cardiac arrest, jantung berhenti menjalankan tugasnya. Menurut Douglas Zipes, MD, mantan Presiden The American College of Cardiology, cardiac arrest tidak sama dengan serangan jantung, tetapi cardiac arrest juga bisa terjadi karena serangan jantung.Berdasarkan data American Heart Association, 90 persen kasus cardiac arrest terjadi akibat penyumbatan pada sekurang-kurangnya dua cabang arteri koroner. "Cardiac arrest adalah gangguan pada ritme jantung saat bilik jantung, yakni ventricles, berdenyut terlalu cepat dan tidak teratur, yakni 4-600 kali per menit," kata Zipes.Penyebabnya adalah kekacuan arus listrik jantung. Akibatnya, dinding bilik jantung hanya bergetar dan tidak mampu memompa darah sehingga terjadi kegagalan organ-organ vital. Kekacauan arus listrik pada jantung, menurut Zipes, disebut juga dengan ventricular fibrillation.


CPR atau teknik pemulihan denyut jantung dan pernapasan merupakan tindakan pertama untuk memulihkan irama dan frekuensi normal bilik jantung. Bila belum menguasai CPR, pertolongan pertama pada cardiac arrest adalah menekan tulang dada sedalam lima sentimeter (pada orang dewasa) sebanyak seratus kali per menit. Namun, jantung harus segera mendapat alat kejut listrik yang disebut dengan defibrillator yang biasanya hanya ada di rumah sakit.

Menurut Zipes, 30-50 persen pasien cardiac arrest tidak mengalami gejala gangguan jantung. "Anda bisa saja tak pernah merasa sakit di bagian dada, sulit bernapas, atau napas pendek-pendek. Intinya, tak ada tanda-tanda bahaya yang dialami," katanya seperti dikutip situs WebMD.Mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau ada anggota keluarga yang pernah meninggal mendadak perlu mewaspadai terjadinya cardiac arrest. Upaya pencegahan lain adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.Sumber : Kompas.
Share:

Aku belum berhasil mencairkan Cek Adsense

Hari ini ini aku kembali bergerilya, untuk mencairkan cek dari google. Hari ini tepat 1 minggu dapat kiriman dari google adsense. Yang mana cek pertama saya terima hari jum'at yang lalu dan sekarang sudah hari jum'at. Karena kesibukan, maka hari hari selasa kemarin baru aku coba cairkan cek itu.Oh,ya aku berdomisili di Pekanbaru, kota bertuah, Propinsi Riau. Yang mana aku bingung juga bank mana yang mau aku datangi, masalahnya dari google direkomendasikan ke Citibank, tapi Citibank di kota Pekanbaru gak ada, jadi bingung juga nih.

Akhirnya saya meluncur ke Jl. Sudirman yang merupakan jalan utama Kota Pekanbaru, aku coba pertama ke Lippo Bank, dari Pihak Lippo tidak bisa dengan alasan saya tidak punya rekening, dan dia menyarankan ke Bank yang punya rekening. Sehingga saya ke Syariah Mandiri. Dari Pihak Syariah juga tidak bisa karena katanya dia belum pernah menerima cek yang kayak gini, malah dia nyaranin ke BAnk ComonWealth yang merupakan Bank Asing. Lalu saya meluncur ke Bank Common Wealth di Sudirman atas. Samapai disana, oleh petugas Csnya, bilang tidak bisa dengan alasan, cuma "Tidak bisa", dari atasannya pokoknya bilang "Tidak bisa". Wahud ..pusing jadinya. Lalu aku pindah ke Bank Century, dari Pihak Bank Century, katanya bisa dicairkan asal punya rekening di Bank tersebut selama 3 bulan, dengan biaya $25, dan aku pikir-pikir dulu. Masalahnya katanya Bank Century itu bank yang tidak bagus, bermasalah, nanti saya buka rekening disana, malah hilang uang nya, pokoknya jadi ragu.

Nah, hari ini, aku coba lagi ke Muamalah, tapi dia juga bilang tidak bisa, dengan alasan nanti biayanya besar, waktunya lama, malahj dia nyaranin ke BNI. Saya mencoba ke Bank Mandiri Cabang dulu, dari pihak mandiri cabang diarahkan ke Madniri Pusat. Tapi sebelum kesana, sekalian mampir ke BCA dulu karena tidak jauh tempatnya. Setelah sampai di BCA, katanya bisa dicairkan tapi harus ada rekening dulu dan ceknya dikembalikan ke googlenya terlebih dahulu, terus pihak google diminta untuk mentransfer uangnyake rekening saya yang di BCA nantinya. Dan untuk membuka rekening di BCA harus rekening Giro yaitu sebesar Rp. 1.000.000,-. Saya bilang ke Csnya, ya.. saya pikir-pikir dulu. Kemudian saya coba ke Mandiri Bawah (pusat). Sekitar jam jam 11:45 menit saya ambil antrian dengna nomor 45, sedangkan yang lagi jalan sekarang nomor 37. Saya pikir-pikir kalau nunggu antrian nanti lewat sholat jum'at saya, sehingga saya putuskan untuk kembali aja dulu ke kantor.

Wah,... ternyata mencari duit itu sulit, sampai seminggu ini aku belum berhasil mencairkan cek google adsene. Besok hari senin mau coba lagi yang lain. "Harus semangat".
Share:

Tambah gadget=Feed

Sebuah blog tentu ingin dikenal oleh banyak pengunjung, karena semakin terkenal sebuah blog maka semakin tinggi ratingnya dan akan cepat ditampilkan oleh mesin pencari. Karena itu memang kuncinya adalah pada kontent(isi). Seorang blogger memang sebaiknya selalu aktif mengupdate isi blognya. Kalau tidak maka, makin lama akan semakin ditinggalkan penggemarnya. Semua informasi yang ditampilkan diblog bisa dibuat sendiri atau bisa diambil dari situs lain/blog lain. Dan bagi kita, tentu akan sangat senang bila ada yang mengambil isi blog kita untuk orang lain, tapi dengan catatan tentu nama blog kita juga ditampilkan,karena itu untuk menghindari seseorang yang cuma copy paste dan tidak menampilkan sumber nya.

Begitu juga orang lain akan senang bila artikel di blog mereka dipasang di blog kita, dengan catatan tetap menampilkan sumbernya. Ada fasilitas yang secara otomatis akan mengupdate sebuah isi blog/situs walaupun kita cuma me-link blognya. Artinya bila mereka mengubah isi artikelnya/ada artikel baru, maka informasi itu akan tampil juga di blog kita, cuma yang ini sekedar judulnya saja yang ditampilkan sehingga kalau mau membaca info lengkapnya tentu kita harus menuju ke blog tersebut. Fasilitas ini dinamakan Feed. Sehingga situs yang memasang feed saja yang bisa diambil / dipasang di blog kita.

Berikut adalah contoh memasang Feed, dari situs Dekitinet.

Sebelumnya anda buka sebuah situs dan pastikan dia mempunyai Feed, seperti situs Detikinet, Feednya ditandai dalam sebuah gambar seperti dibawah ini.
Kemudian anda klik gambar tersebut, dan klik pilihan berlangganan yang diinginkan, setelah itu akan diperlihatkan sebuah url untuk memasang Feed, lalu copy link tersebut.

Setelah itu cara memasang Feed di blog kita sebagai berikut :

1. Setelah anda masuk ke Dasbord, pastikan pilihannya pada tata letak
2. Kemudian pastikan Tambah Gadget, dan pilih Feed
3. Maka akan ditampilkan gambar seperti dibawah ini4. PAste-kan link Feed dari situs sumbernya di URL diatas dan kli Lanjutkan, hasilnya akan seperti dibawah ini :5. Setelah itu simpan, dan lihat hasilnya.
Share:

Tambah gadget=daftar

Daftar digunakan untuk membuat tulisan-tulisan atau text sebagai informasi dari sebuah buku-buku atau film kesukaan kita. Tapi daftar ini hanya berupa tampilan dan bukan merupakan sebuah link yang bisa di klik dan masuk ke halaman baru. Karena itu, biasanya berisi informasi sebagai pengingat sesuatu atau hanya tampilan informasi saja.

Contohnya seperti pada gambar dibawah ini
Cara membuatnya sangat mudah. Berikut tutorialnya :

1. Setelah anda masuk ke Dasbord, pastikan pilihannya pada tata letak
2. Kemudian pastikan Tambah Gadget, dan pilih daftar

3. Setelah itu akan ditampilkan gambar sebagai berikut :
4. Setelah di ketik pada Tambah Daftar kemudian klik Tambahkan Item. Anda bisa menambah beberapa daftar yang anda inginkan.
Share:

25 June 2009

Tambah gadget=daftar link

Daftar Link digunakan oleh para blogger untuk meletakkan hubungan dengan blogger lainnya atau sebuah situs favorit anda. Sesama blogger biasanya ingin dikenal satu sama lain. Nah, untuk memperkenalkan diri, tentu butuh banyak link di blog orang lain. Para blogger tentunya sangat senang bila nama blognya nampang di blog rekan lainnya. Ada juga blogger yang saling bertukar link, artinya mereka masing-masing meletakkan link rekannya di blog pribadinya. Semakin banyak blog lain yang me-link blog kita, kemungkinan besar blog kita akan terkenal.

Karena itu, jangan lewatkan untuk memasang link blogger rekan anda, atau situs yang merupakan favorit bagi anda. Ini contohnya :



Bagaimana caranya? .berikut tutorialnya.

1. Setelah anda masuk ke Dasbord, pastikan pilihannya pada tata letak
2. Kemudian pastikan Tambah Gadget, dan pilih daftar link
3. Kemudian akan ditampilkan kotak dialog seperti dibawah ini :
Silahkan di tambahkan nama alamat blog lain atau blog favorit anda, lalu jangan lupa disimpan.
Share:

Pages

Featured Post

Konsistensi

Konsistensi atau konsisten adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan atau tidak ada batas sama sekali....

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Support