Tutorial Komputer, Website, Blogger dan Surat

Full Arsip Surat

Download segala jenis surat yang anda butuhkan.

Dasar-dasar blogging

Belajar ngblog bagi pemula dan tingkat lanjut.

Belajar Web Desain

Panduan membuat website secara mudah dan cepat.

Desain Grafis

Trik dan Tips Desain grafis khususnya Photoshop.

Info Teknologi

Info seputar Teknologi dan Internet

30 October 2009

Cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor

Update ! Pengurusam Balik nama Kendaraan terbaru 2015 di sini. 
 
Balik nama kendaraan merupakan bentuk pengalihan nama atas kepemilikan kendaraan. Artinya nama yang tertera di BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) adalah nama kita sendiri. Menurut pengalaman saya waktu membayar Pajak kendaraan, diharuskan menyertakan KTP asli sesuai dengan yang tertera di BPKB dan STNK (surat Tanda Nomor Kendaraan). Kendaraan motor yang saya miliki adalah bukan atas nama saya, tapi atas nama orang lain, karena pada saat membeli kendaraan tersebut, saya belum punya KTP daerah setempat. Sehingga mau tidak mau ya, saya beli kendaraan, tapi atas nama orang lain.

Akibatnya saat saya mau membayar pajak, saya harus meminjam KTP asli yang tertera di BPKB dan STNK. Saya gak tahu apakah daerah lain bisa menggunakan Foto Copy KTP atau tidak. Kami berdomisili di kota Pekanbaru yang mana tempat pembayaran Pajak di bagi 2 wilayah, yaitu Samsat Kota di Jl. Gajah Mada dan Samsat Selatan di Jl. Sudirman, dekat MTQ.

Saya berpikir, setiap saya mau bayar pajak saya harus pinjam KTP orang lain. Jadi, sampai kapan saya harus meminjam terus. Ya, kalau orang tersebut selalu stand bay selalu ada, bagaimana kalau orang tersebut pindah dan kita tidak tahu lagi dimana dia berada. Jadi, saya mencoba untuk mengalihkan kepemilikan kendaraan tersebut atas nama saya sendiri.

Berikut ini adalah cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor menurut pengalaman yang pernah saya alami.

Yang harus dipersipkan :
  1. KTP kita sendiri (ya tentu jelas dong, kita harus punya KTP) di FC kira-kira 4 atau berapa..
  2. Kwitansi penjualan motor dari nama yang tertera di BPKB kepada kita sebagai pembeli motor tersebut.
  3. FC copy STNK kira-kira 4 rangkap (kenapa harus 4, ah inikan tidak wajib, tapi kita harus mempersiapkan FC yang banyak , mana tahu nanti akan dipakai untuk yang lain).
  4. FC BPKB ya.. boleh juga 4 rangkap
  5. FC KTP pemilik yang sesuai dengan BPKB, yang banyak juga boleh
Prosesnya :
  1. Mengurus cek Fisik kendaraan kita. Cek fisik dilakukan oleh petugas yang berada di Samsat, kalau bingung tanya aja sama petugas di kantor Samsat tersebut. Yang dibawa adalah : BPKB asli STNK asli, FC BPKB dan FC STNK masing-masing 1 rangkap. Terus setelah di cek fisik nanti akan di beri 2 lembar tanda cek fisik oleh petugas tersebut.
  2. Setelah itu menuju ke loket 1 untuk pengambilan formulir dengan menyerahkan BPKB asli, KTP asli orang pertama dan FC-nya, STNK asli dan FC-nya dan kwitansi penjualan motor.
  3. Kalau bingung juga, katakan kepada petugas "Saya mau balik nama Pak". nanti akan diberitahu syarat-syarat yang mungkin kurang.
  4. Lalu kita akan diberi 2 formulir yang mana formulir pertama untuk mengisi data bayar pajak, dan formulir kedua untuk balik nama atau memperpanjang STNK. Biasanya di Loket ini sudah dikenakan biaya administrasi. Isi kedua formulir tersebut. Kalau bingung di kantor Samsat biasanya ada jasa pengisian formulir, ya kita bisa nyantai dikit, tapi tentunya beri dong uang lelahnya.
  5. Setelah kedua formulir di isi, lalu berkas-berkas yang disiapkan tadi dijadikan satu dengan formulir tersebut dan diserahkan ke loket 2 atau tempat pengurusan perpanjangan STNK kendaraan bermotor (lihat aja papan namanya). Ingat jika kita balik nama pada formulir perpanjangan STNK di isi nama kita sendiri sebagai nama baru kendaraan tersebut dan sertakan FC KTP kita sendiri.
  6. Kemudian nanti akan diperiksa oleh petugas dan di tunggu dong, lalu akan diberi FC STNK yang lama dan distempel tanda lunas, yang artinya kita ya harus membayar. Terus biasanya menunggu beberapa hari untuk bisa mengambil STNK tersebut, kalau kemarin sekitar 4 hari.
Proses pengambilan STNK :
A. Yang harus dibawa :
  1. Foto Kwitansi penjualan motor
  2. FC KTP kita sebagai pemilik yang baru
  3. Bukti cek Fisik kendaraan (kan waktu cek fisik dikasih 2, yang pertama diserahkan ke loket pengurusan Pajak dan STNK)
  4. STNK asli dan FC-nya serta BPKB asl, dan FC-nya
B. Prosesnya :
  1. Serahkan BPKB asli dan tanda lunas yang sudah distempel kemarin ke loket pengambilan STNK motor.
  2. Kalau memang sudah siap nanti akan di beri STNK asli tersebut dan Plat kendaraannya.
  3. Pergi ke Loket pengesahan dengan menyerahkan berkas-berkas di atas.
  4. BPKB kita akan di proses lebih dahulu dan kira-kira seminggu untuk bisa mengambilnya. Dan siapkan aja uangnya lebih dulu.
Kira-kira itu dalam pengurusan Balik nama serta Pembayaran Pajak kendaraan bermotor yang saya alami. Sebenarnya tidak terlalu sulit lho,, tapi cuma butuh kesabaran aja untuk bolak balik ke kantor Samsat. Tapi gak apa-apa, itung-itung olah raga.
Share:

28 October 2009

Seandainya tidak ada listrik…!!

Sejak ditemukannya listrik sebagai sumber tenaga dalam kehidupan manusia, maka listrik mengubah kehidupan segala aspek kebutuhan manusia. Manusia memang ingin mencari sesuatu yang baru untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari yang sifatnya manual sampai kepada yang otomatis, semua membutuhkan yang namanya sumber daya. Salah satu sumber daya utama dalam kehidupan manusia yaitu listrik. Listrik sudah menjadi kebutuhan manusia yang sangat penting. Bisa dibayangkan kalau tidak ada listrik, berapa usaha manusia yang berhenti dan tidak bisa beroperasi. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, usaha kecil, bahkan usaha industri, semuanya mati total.

Apalagi usaha yang mengandalkan listrik, sudah jelas usaha tersebut berhenti sejenak sambil menunggu listrik hidup kembali, kecuali jika ada sumber listrik cadangan berupa genset. Tetapi menggunakan Genset tidak begitu efisien. Selain harganya mahal, juga biaya bahan bakarnya juga mahal, tidak sebanding dengan kebutuhan energi yang harus di cukupi. Hal ini membuat beberapa usaha tidak menggunakan genset, dan tentu pendapatan juga berkurang.

Bagi kita masyarakat yang sudah menyadari akan arti pentingnya listrik, mari kita gunakan listrik untuk kebutuhan yang perlu saja. Mari kita hemat menggunakan sumber daya yang sangat vital ini. Karena kalau saja kita bisa menghemat beberapa watt saja di rumah kita, maka jika di kali dengan jumlah pelanggan yang ribuan, akan menghasilkan cadangan listrik yang melimpah. Disamping itu jangan mengambil listrik sendiri diluar ketentuan yang ditetapkan. Pencurian listrik merupakan kejahatan. Karena coba kita bayangkan seandainya sekarang ini hidup tanpa listrik. Apa yang terjadi ……???
Share:

19 October 2009

Theme Google Chrome


Sejak kemunculan Google Chrome, persaingan di ranah browser semakin sengit. Di sisi lain para kompetitor pun selalu berinovasi untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya. Baik dengan cara meningkatkan performa maupun kapabilitas ataupun dengan menambah berbagai macam fitur dan kelengkapan browser tersebut serta tingkat keamanan yang menjadi andalan masing-masing browser. Google Chrome yang merupakan pendatang baru, sejak kemunculannya pertama kali pemakainya terus bertambah.

Dan untuk meingkatkan performa dari browser ini berbagai macam fasilitas terus dikembangkan. Salah satunya adalah adanya Theme atau tampilan dari google Chrome ini. Bentuk-bentuk tampilan dari google chrome yang unik dan terkesan santai ini menambah user semakin sayang dengan browser yang satu ini.


Penulis mendapatkan google theme ini secara tidak sengaja pada saat membuka tampilan browser pertama kali. Yang mana secara tiba-tiba tampil tab manu yang berisi tentang berbagai macam theme yang langsung bisa di download, sepertinya google menampilkan kepada para pengguna google ini secara otomatis.
Nah, bagi yang belum mencoba google theme ini, silahkan masuk ke link ini, dan pilih tampilan yang disukai serta langsung klik Terapkan Tema, tunggu beberapa saat nanti secara otomatis tampilan browser google chrome akan berubah.

Share:

17 October 2009

Yang paling banyak di google


Teknologi google memang gak ada matinya. Selalu berinovasi dan berkreasi setiap waktu. Dan ini yang akan membuat google tetap menjadi pemain terbesar khususnya di ranah situs pencarian yang merupakan penyumbang terbesar dari bisnis jagat maya. Walaupun pesaing bermunculan di sana sini google harus tetap menjaga kekuatan dan keunggulan produk-produknya.
Di situs pencari google.com yang sering kita pakai, sekarang ini jika kita mengetikkan data yang akan kita cari, maka akan keluar jenis teks yang sering dicari oleh user pemakai internet.

Hal ini memungkinkan kita mengetahui bahwa data yang kita cari tersebut populer atau tidak. Misalkan kita mengetikkan kata "Down atau Download", sebelum kita klik "Telusuri dengan Google", maka tampil beberapa teks yang berhubungan dengan kata "download", misalnya "Download lagu, download mp3, download game dan sebagainya. Dan disebelah kanan dari teks tersebut muncul rating sebeberapa banyak teks tersebut di cari oleh pengunjung.



Dengan informasi tersebut kita bisa menguji atau mengetahui seberapa populerkah situs/web kita sendiri. Atau bahkan seberapa populer nama kita di ranah internet. Bisa juga mengetahui tingkat populer daerah, makanan khas, bisnis yang kita geluti atau mencari peluang usaha yang belum banyak dicari orang, tapi dibutuhkan. Sehingga kalau belum populer situs / web kita, tentu harus berusaha untuk meingkatkan rating kita di ranah internet. Pokoknya dengan adanya failitas tersebut akan sangat membantu bagi kita para peselancar dunia maya.

Google memang gak ada matinya....!!!!
Share:

16 October 2009

Sudahkah mencoba Google Mystery

Ya.. google misteri memang baru muncul dalam beberapa waktu yang lalu. Kami pun tanpa sengaja menemukan dari sebuah blog rekan. Tampilan dari situs ini persis sama dengan google.com, namun mempunyai latar belakang berwarna hitam seluruhnya. Ya, mungkin karena namanya 'Misteri' sehingga memberikan kesan yang tersembunyi di balik situs tersebut. Menurut sumber dari detik.com bahwa kemunculan mysterygoogle ini hanya berselang beberapa saat setelah google mengeluarkan produk baru bernama Google Doodle. Googgle Doodle ini sering kali membuat user bertanya-tanya tentang arti perubahan logo yang dibuat oleh google.

Kembali ke Mysteri google tadi. Setelah kami melakukan pencarian menggunakan situs ini ternyata hasil pencariannya tidak sesuai dengan kriteria yang kita harapkan, tidak seperti google.com yang hasil pencariannya begitu akurat, tapi ini malah hasilnya jauh dari yang diharapkan. Mungkin ini sebuah kesengajaan supaya pengunjung penasaran atau bagaimana, belum jelas. Atau sesuai dengan namanya bahwa ini adalah sebuah misteri, semacam kode yang harus dipecahkan terlebih dahulu atau yang lainnya.

Sebagai contoh kami menuliskan kata kunci "download antivirus" eh kok yang keluar malah Disney.














Belum jelas, siapakah yang membuat situs ini, apakah pihak google atau pihak lain yang jelas saat melakukan pencairan di situs tersebut akan langsung dihubungkan dengan google.com sebagai mesin pencarinya.

Share:

Pages

Featured Post

Konsistensi

Konsistensi atau konsisten adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan atau tidak ada batas sama sekali....

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Support