Tutorial Komputer, Website, Blogger dan Surat

22 January 2010

Ada apa dengan Situs Jejaring


Membicarakan mengenai situs jejaring ada banyak hal tentang sesuatu yang ada di dalamnya. Dilihat dari perkembangannya situs jejaring ini cepat bagai cahaya yang melesat menembus angkasa luas, terbang dan menghipnotis siapa saja yang terlena. Ada banyak situs jejaring sosial yang ada di internet, namun yang namanya sebuah produk tentu ada yang mencuat (populer) dan ada yang masih tersembunyi alias banyak yang belum tahu. Anggaplah seperti Friendster, Facebook, twitter, plurk, dan juga produk anak bangsa seperti Fupei, Kombes, face.kapanlagi, dan lain-lain, itu yang baru kami tahu. Mereka saling berkompetisi merebut pasar dengan melengkapi fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Inti dari permasalahan ini adalah kenapa situs jejaring bisa cepat populer bahkan mengalahkan situs yang sejenis yang lebih dulu eksis atau situs lainnya. Menurut analisa abal-abal dari saya dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
  1. Sebelum facebook ke Indonesia, saat itu FS yang menjadi raja situs pertemanan di Indonesia. Padahal FB udah lama berdiri tapi masih di Amerika (bahas inggris), dan saat itu memang FB yang unggul di Amerika. Nah begitu masuk ke Indonesia, FB langsung mendapat sambutan dari Interneter, bahkan layanan operator telekomunikasi bekerjasama dengan vendor produk Handphone menambah aplikasi FB ini di Handphone-nya.
  2. Ada budaya ingin tahu dari manusia iu sendiri. Kalau ada hal yang baru kita selalu ingin mencobanya. Sekarang ini saja twiiter yang belum bahasa Indonesia sudah banyak anggota orang Indonesia. Nah, kemungkinan kalau twitter ini ada bahasa Indonesianya maka ratingnya akan menanjak dan populer seperti Facebook.
  3. Kelebihan fitur dari situs jejaring itu sendiri. Yang mana Facebook saat ini mempunyai fitur yang lengkap. Chatting seperti YM sudah bisa di FB, main game, ngeblog, kirim SMS,aksi dukung mendukung, dan lain-lain.
  4. Isi dari user panggunanya. Yaitu umumnya kalau FS berisi data-data yang tidak valid baik nama maupun identitasnya dan penggunanya kebanyakan anak ABG kebawah. Lain halnya dengan FB kebanyakan data mereka asli baik nama maupun identitas lainnya dan penggunnya sangat beragam baik dari level bawah maupun tingkat atas bahkan di isi oleh para pejabat untuk kampanye. Dan biasanya pengguna FS akan merubah tampilan background dengan variasi tampilannya yang begitu mencolok, bahkan kadang-kadang text halaman awal tidak bisa dibaca karena terlalu banyak variasinya. Kalau Facebook tampilannya cuma simple, karena mementingkan isi dari situs tersebut.
Mungkin itu sedikit analisa dari saya kenapa situs jejaring (khususnya FB) bisa booming dan populer. apa ada yang nambahin...! Tapi walau bagaimanapun juga teknologi akan terus berkembang, bisa juga dalam waktu yang akan datang akan berubah.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Pages

Featured Post

Konsistensi

Konsistensi atau konsisten adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan atau tidak ada batas sama sekali....

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Support