Home » » Ayo maju musik daerah

Ayo maju musik daerah

Written By Parmin Prim on 11 April 2010 | 06.21

Perkembangan musik memang tidak bisa ditebak kemana arahnya dan seperti apa jenisnya. Karena musik adalah bahasa hati untuk menyampaikan ekspresi dalam bentuk nada-nada dan suara yang berpadu dalam sentuhan naluri manusia. Apa pun jenis musiknya biasanya ada penikmatnya, karena setiap orang punya persepsi yang berbeda-beda terhadap musik.

Indonesia yang kaya akan kebudayaan mempunyai suatu potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan. Setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri sebagai ikon dari daerah tersebut. Dan kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya daerah harus tetap mempertahankan dan melestarikan budaya daerah kita. Jangan sampai keduluan orang lain yang mengklaim budaya kita, sedangkan kita sendiri tidak bangga menggunakan dan melestarikan budaya kita sendiri. Karena itu mari kita jaga dan lestarikan budaya bangsa.

Seni dan budaya daerah terus mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan zaman. Karena itu sepertinya memang sudah tuntutan alam. Kalau tidak maka kita tidak akan mampu bertahan dari serbuan seni budaya modern yang datang dari luar. Sehingga hal ini memicu dan memacu para seniman musik untuk membuat kreasi dan inovasi mengikuti perkembangan musik itu sendiri. Ada beberapa musisi yang mengusung bahasa daerah dalam bermusik dengan jenis rap, hip hop dan alternatif bahkan aliran rock. Disini ada nama-nama seperti anti acne, jahanam, gank kobra, rotra, bahkan ada grup jowo rock, sebuah aliran rock menggunakan bahasa jawa dan lain sebagainya. Mereka tetap konsisten dengan menggunakan bahasa jawa dalam bermusik. Ini merupakan kreasi yang patut kita banggakan. Ditengah gempuran berbagai macam seni dan budaya modern dan musik barat, mereka malah tetap mengusung bahasa daerah.

Ini Band Jowo rock dengan sang vocalis Uprek Black


Kita patut acungi jempol kepada mereka yang mencurahkan ide-ide kreatif dalam bermusik menggunakan bahasa daerah. Sebab bahasa daerah akan terdegradasi seiring kemajuan zaman dan teknologi. Hal ini mungkin dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk berkreasi dalam bermusik. Majukan daerah sebagai ikon budaya bangsa. Kami bangga menjadi bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya daerah. Jadikan perbedaan budaya daerah untuk mempersatukan bangsa.

Ini lagu daerah Riau versi Rock juga oleh EMI....
Share this article :

5 komentar:

  1. keren-keren....Indonesia selalu memiliki potensi yg mengejutkan...

    BalasHapus
  2. Terima kasih udah comment...waahh sama dari jogja ya..saya alhamdulillah di Riau saat ini,,,cari peluang di Riau dan cari rejeki di Negeri orang...untuk mempererat persahabatan,,,kita tukeran link wae yo...link blog mu wes dipasang di blogroll "sahabat-sahabat terbaikku"....terima kasih...

    BalasHapus
  3. ojo lali yoo di pasang link blog...mas ni...do'akan bulan ramadhan bisa pulang ke jogja....dan jalan-jalan ke patuk dan wonosari..enaaak tenan baksone,,,,

    BalasHapus
  4. Keren..maju terus, tetap jaga semangat

    BalasHapus
  5. wah joozz keren bgt sob...... gue salut ma musisi ini........

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger