Home » » Menambah pengetahuan tentang warnet

Menambah pengetahuan tentang warnet

Written By Parmin Prim on 10 April 2010 | 06.46

Dalam mengelola sebuah warnet diperlukan berbagai macam usaha supaya warnet kita tetap eksis. Makanya ada slogan "Mau Eksis? Jangan Lebay Pliss.. " Eh, bukan itu maksudnya, kok malah ngelantur kemana-mana ya. Nah, kembali ke masalah warnet tadi. Bahwa sebuah usaha atau bisnis diperlukan berbagai komponen dan segala yang berhubungan dengan bisnis kita. Akan lebih baik kita memahami tentang bisnis yang kita lakukan, akan lebih baik lagi mempunyai ilmu di dibidang yang kita geluti. Walaupun mungkin kurang paham secara teknis, namun sebaiknya kita mengetahui dan memahami seluk beluk dari berbagai segi bisnis kita, misalnya perhitungan modal yang tanamkan, tingkat pengembalian, biaya yang harus dikeluarkan, permasalahan teknis yang timbul, perawatan peralatan dan lain-lain.

Sebagai owner sebaiknya menambah pengetahuan tentang pengelolaan warnet. Apalagi kalau memang background kita adalah komputer, ini sangat pas untuk membuka usaha ini. Walaupun sebenarnya yang bukan komputer pun bisa untuk usaha ini, tetapi kalau kita sendiri yang mengerjakannya setidaknya sudah bisa mengurangi beberapa pos pengeluaran. Seperti instal program komputer, memasang jaringan, penangananan security, sampai penggunaan peralatan yang berhubungan dengan komputer dan lain sebagainya. Pada intinya adalah selalu menambah ilmu pengetahuan tentang komputer dan usaha warnet itu sendiri.

Coba kita hitung jika semuanya dilakukan oleh orang lain. Mulai dari pengerjaan pembuatan ruangan, meja, instal program, pemasangan jaringan, kerusakan ringan komputer dan lain sebagainya dikerjakan oleh orang lain, maka berapa biaya yang harus dikeluarkan. Kalau modal besar sih gak apa-apa, bagaimana dengan modal yang pas-pasan? Maka itu perlu disiasati dengan mencoba untuk mengerjakannya sendiri. Misalnya yang bisa cuma membuat ruangan dan meja, ya itu saja dikerjakan, atau misalkan anda punya keahlian instal program, ya itu yang harus dilakukan. Jadi, tidak semuanya dikerjakan oleh orang lain. Pokoknya, apa yang bisa anda lakukan maka lakukanlah untuk mengurangi pos-pos pengeluaran.




Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger