Home » » Tips Buka usaha Warnet

Tips Buka usaha Warnet

Written By Parmin Prim on 08 April 2010 | 06.03

Menyambung postingan tentang Warnet kemarin penulis ingin memberikan sedikit motivasi, atau kalau boleh dibilang semacam berbagi pengalaman bagi kita semua untuk anda yang mau buka warnet baik modal gede maupun modal pas-pasan.

Untuk membuka bisnis warnet diperlukan beberapa modal sebagai berikut :

  1. Niat. modal ini ya jelas harus ada dan merupakan modal awal, sebab kalau gak ada niat bagaimana bisa jalan. Tapi niat ini bukan hanya sekedar niat-niatan artinya niat yang ragu-ragu itu tidak boleh. Karena jika niatnya cuma sekedarnya saja maka nantinya anda menjadi tidak semangat apalagi di ikuti oleh gempuran saingan dari berbagai lini. Jadi, pasang niat yang sungguh-sungguh untuk menjalankan bisnis ini. Walaupun nanti ada berbagai kendala dan hambatan anda akan tetap punya semangat.
  2. Jangan takut bersaing. Coba jalan-jalan ke warnet di suatu tempat dan lihat mereka. Saat ini warnet sudah bertebaran dimana-mana bahkan ada yang berdampingan satu sama lain. Tapi kenapa mereka masih bisa bertahan? Kenapa mereka masih bisa jalan? Ya, kuncinya jangan takut untuk bersaing, yang pasti bersaing tentu secara sehat. Bukan bersaing untuk saling menjatuhkan. Kalau mematok harga dibawah yang jauh dari harga warnet yang sudah ada, maka anda bersaing secara tidak sehat. Karena hal ini akan menjatuhkan orang lain bahkan bisa-bisa nantinya kita sendiri yang jatuh karena pendapatan tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan.
  3. Sarana dan prasarana. Jelas ini diperlukan, bagaimana mau buka warnet tapi gak ada komputernya? Nah, ini tentu disesuaikan dengan budget yang ada. Kalau budget kecil ya, tentu buka warnet yang kecil-kecil aja sesuai dengan kemampuan. Bisa juga pinjam dari pihak lain untuk membangun usaha ini. Tapi ingat, pinjaman adalah kewajiban yang harus ditunaikan. Jangan sampai pendapatan tersebut nantinya tidak bisa menutupi kewajiban yang harus dibayar. Untuk ini anda harus bisa memprediksi tingkat pendapatan dengan pembayaran hutang dan biaya per bulannya. Kalau tidak maka anda akan dikejar-kejar hutang dan kewajiban yang membuat anda bisa-bisa jadi stress.
  4. Pilihan tempat. Menentukan tempat untuk usaha warnet sangat diperlukan, tapi pemilihan tempat ini kadang-kadang tidak pasti. Karena kita belum mencobanya. Tempat yang kita kira tidak bagus, rupanya ada orang lain yang buka disitu dan rupanya ramai pengunjungnya. Tempat tidak harus di simpang, tidak harus di area kos anak kuliah, tidak harus dekat kampus dan sekolah. Tapi yang penting tempat itu strategis. Sebagai gambaran : Kalau dekat kampus memang bagus, tapi disitu pasti udah banyak yang buka warnet, jadi sebiknya cari tempat lain, atau bisa juga tetap dekat kampus tapi harus siap-siap bersaing dengn warnet yang lebih dulu. Ada lagi dekat simpang yang lalu lintasnya ramai, tetapi disitu malah susah bagi pengunjung untuk berhenti karena lalu lintas yang kencang. Ada lagi yang tidak disekitar kampus, tidak juga di simpang jalan, tapi malah di sekitar area perumahan penduduk. Tapi karena disitu belum ada orang yang buk warnet, sehingga kita yang menjadi pertama buka warnet. Dan ini merupakan peluang yang bagus. Jadi intinya pemilihan tempat ada banyak faktor yang mempengaruhinya.
  5. Jadilah yang unik. Apalagi bagi warnet yang sudah banyak saingannya kanan dan kiri serta modal yang pas-pasan. Maka membuat sesuatu yang menarik bagi warnet kita merupakan keharusan. Buat warnet kita berbeda dengan yang lain. Mungkin dari segi bentuk dan penataaan ruangan, mungkin dari desain ruangan atau dari segi pelayanan yang spesial atau bisa juga dari segi harga. Dengan demikian warnet kita akan tetap menjadi kunjungan bagi pelanggan setia kita.
  6. Ramah Tamah. Hal ini merupakan strategi marketing yang sangat diperlukan. Walaupun sarana dan prasarana yang pas-pasan, maka imbangi dengan pelayanan yang prima. Senyum dan beri keramahan kepada pelanggan kita walaupun kadang-kadang pelanggan sering membuat kita jengkel. Tapi percayalah kesabaran kita akan dibayar dengan kemurahan rezki dari Tuhan.
  7. Serahkan semuanya kepada Tuhan. Kalau usaha sudah kita lakukan dan strategi bisnis sudah kita jalankan, namun belum menunjukkan hasil yang signifikan, maka semuanya kembalikan kepada Tuhan. Mungkin harus bersabar dulu dan tunggu beberapa waktu, atau usaha belum maksimal atau mungkin juga ada kesalahan dalam beberapa modal diatas seperti kesalahan pemilihan tempat atau yang lainnya.
Mungkin itu dulu yang bisa penulis tuliskan, kalau ada tambahan dari netter, dipersilahkan. "Bravo.....!"

sumber gambar : google.co.id
Share this article :

6 komentar:

  1. thanks atas tipsnya.....klu niat sih udeh mantep..tapi duitnya kurang...gmana.dong...mo ngutang,,,udeh banyak utang,,,

    BalasHapus
  2. sip ...
    moga menjadi penyemangatku untuk bisa buka warnet nih...dan segera kesampaian

    BalasHapus
  3. thanks wat tips'y,,,,,q si dah niat bgd pengin bka usaha warnet,,tpi lum ada modal,,,wlopun ada jga lum cukup,,,,
    kira2 brapa ya modal wat usaha warnet,,,,

    BalasHapus
  4. Memang modal uang itu faktor penting, tapi bukan satu-satunya.. mulailah dengan yang kecil dulu, tapi harus ada target, setelah sekian lama harus nambah komputer.Jadi ada usah pengembangan...!!

    BalasHapus
  5. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger