Home » » Yuk utak atik template blogger

Yuk utak atik template blogger

Written By Parmin Prim on 28 Juni 2010 | 23.11

Aktivitas ngeblog memang mengasyikkan. Baik dari yang cuma sekedar iseng-iseng maupun memang benar-benar ingin menjadi blogger sejati, semuanya punya maksud dan tujuan masing-masing. Tapi yang jelas dengan ngeblog, kita bisa mencurahkan segala isi hati dan ide-ide kita.

Nah, bagaimana cara mengutak-atik blog kita?. Template merupakan baju atau pakaian blog itu sendiri. Kalau tampilan blog kita anggun, cantik, tidak norak, pandangan teduh dan tampilannya keren, bisa-bisa pengunjung enggan untuk berpindah ke chanel lain. Jadi template blog mutlak perlu untuk di atur sedemikian rupa sehingga membuat tampilan blog kita tetap menarik. Tapi perlu juga diingat, yang lebih perlu tentu content, karena konten adalah nyawa dari blog itu sendiri. Jadi, terus-teruslah untuk mengupdate content anda supaya blog anda tetap dikunjungi banyak orang.

Nah, untuk mengutak-atik sebuah template yang perlu kita lakukan adalah mengenal struktur dari template blog tersebut. Secara garis besar tampilan sebuah blog dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu :
  1. Header (bagian atas)
  2. Body (Isi dari blog dan atributnya)
  3. Footer (bagian bawah dari blog)
Kemudian kalau anda download template blogger yang banyak bertebaran di internet, maka akan anda dapati kode-kode program. Kode-kode program tersebut berisi perintah HTML atau yang terbaru sekarang adalah xml, kemudian dipadukan dengan perintah css untuk memformat perintah-perintah tampilan blog.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Ya, kita akan merubah bentuk maupun format dari blog kita tersebut. Untuk mengubah tata letak elemen-elemen kita menggunakan perintah css. Dengan perintah CSS ini banyak yang bisa kita lakukan. Diantaranya merubah tinggi letak teks, warna, mengambil gambar untuk variasi list, variasi kursor dan lain sebagainya.

Jadi, kuncinya harus paham perintah CSS nya dulu. Untuk pemula yang ingin belajar CSS, bisa lihat-lihat disini. nah, dari hasil coba-coba utak atik-atik template, kami coba buat dan hasilnya jadi seperti ini.


Untuk demonya , bisa lihat disini.
Dan bila ingin mencobanya, silahkan unduh template-nya disini.
Share this article :

7 komentar:

  1. klo gg ngerti HTMLnya gmna?

    BalasHapus
  2. ya..sebaiknya harus paham soal HTML. Walaupun belum pernah tahu HTML, tapi kalau punya niat untuk belajar pasti bisa. untuk mempelajari HTMp bagi pemula,bisa lihat di link berikut ini.

    HTML bagi pemula

    BalasHapus
  3. Makasih sharenya,saya juga senang utak-atik template

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan.. semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. sangat bermanfaat artikel-artikelnya.tiksmambat.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Sampai sekarang saya belum ngerti cara utak atik template sendiri. hasilnya ga pernah bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus penuh kesabaran gan... dan selalu update tentang css dan html.. karena ilmu web terus bertambah. btw thanks udah berkunjung.

      Hapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger