Home » » Antara Alay dan Unik

Antara Alay dan Unik

Written By Parmin Prim on 07 Agustus 2010 | 14.51

Alay kepanjangan dari anak lebay. Ini merupakan istilah baru dalam abad ini. Menurut beberapa sumber bahwa alay ini adalah sebuah tindakan yang lain dari umumnya orang kebanyakan. Bisa diartikan bahwa orang yang lebay segala tindakan dan perbuatannya akan berbeda dengan orang lain dengan tujuan supaya orang lain memperhatikannya. Bisa diistilahkan seperti MPO kalau orang dulu (Mencari Perhatian Orang). Ada juga yang mengatakan bahwa orang yang lebay cenderung norak dan kampungan baik dari segala tindakan dan perbuatannya.

Lalu norak dan kampungan itu apa sih standarnya. Apakah alay hanya berhubungan dengan teknologi. Baik komputer, mobil, gadget, mode baju dan lain sebagainya. Apakah alay akibat adanya perkembangan teknologi. Di dunia maya sudah banyak bahasan tentang alay ini. Bahkan ada yang menggolongkan ada Alay rendah, sedang dan parah. Dan kebanyakan alay itu menurut pembahasannya adalah penggunaan istilah-istilah yang baru, baik dari segi penulisan pesan maupun penulisan di situs jejaring sosial. Vonis alay umumnya diberikan kepada para golongan muda yang memang lagi ingin eksis untuk menunjukkan siapa dirinya. Ada juga vonis alay ini diberikan kepada group-group band yang mempunyai lagu-lagu yang agak berbeda dengan kebanyakan group lainnya.

Kami tidak akan membahas ciri-ciri alay ini. Tapi ada satu lagi tentang kata unik. Ya alay adalah berbeda dengan umum kebanyakan orang dalam komunitas tersebut. Terus Unik juga berbeda dengan umumnya orang dalam komunitas tersebut. Jadi bagaimana perbedaannya.

contoh ilustrasi satu:
Ada orang dari daerah lain yang belum ada kemajuan teknologinya datang ke kota besar. Dia memakai pakaian daerahnya tersebut yang boleh di bilang pakaian biasa. Bahasa yang dipakai masih logat bahasa daerah, karena memang komunitasnya seperti itu. Dan tentunya di kota akan menjadi perhatian orang lain. Apakah ini alay? Bagaimana kalau dibalik. Orang kota yang biasa hidupnya serba lux, pakai pakaian dengan model terbaru, mobil mercy. Lalu datang ke kampung. Tentu, akan juga menjadi perhatian orang lain dikampung tersebut. Bagaimana yang seperti ini?

Contoh ilustrasi dua :
Yang lagi laris sekarang adalah lagu yang bernuansa pop. Terus ada orang yang membuat lagu yang agak berbeda dengan umum kebanyakan orang saat itu. Ya, mungkin lagu pop yang ditambah unsur-unsur lain dalam musiknya supaya terkesan unik, apik dan enak di dengar. Lalu, apakah ini alay atau unik?

Contoh ilustrasi tiga :
Dalam dunia jejaring sosial. Seseorang memajang foto yang besar-besar pakai kaca mata besar, foto pakai jas hitam. Kalau yang berpose artis tentu tidak alay tapi kalau yang berpose orang biasa pasti dikatakan alay. Jadi, apakah alay berlaku untuk orang biasa yang berfoto seperti artis? Bahkan ada lho orang yang berpose, atau berakting seperti artis.. eh malah dia jadi terkenal.. dan jadi artis. Jadi ini alay atau unik.

Benar-benar membingungkan antara alay dan unik. Karena yang dikatakan alay oleh sebagian orang kok ada juga yang suka? Bahkan walau mereka dikatakan alay, eh malah tetap jalan terus dengan membuat karya-karya yang unik dan aneh sehingga membuat orang lain malah jadi tertarik. Jadi gimana dong yang alay dan unik itu.

Terus :
Apakah alay bisa lintas komunitas?
Menurut komunitas A menganggap bahwa komunitas B itu alay atau sebaliknya. Contoh nya : Bagi penikmat lagu underground menganggap lagu dangdut itu alay. Bagi penikmat lagu dangdut lagu underground itu yang alay. Dan mereka punya alasan masing-masing yang cukup kuat. Apakah bisa seperti itu....!!!!

sumber gambar : google.com
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger