Home » » Mengatur lembar kerja Desain Photoshop

Mengatur lembar kerja Desain Photoshop

Written By Parmin Prim on 06 Agustus 2010 | 10.24

Kali ini saya akan coba bagaimana cara mengatur lembar kerja photoshop. Walaupun mungkin sebagian udah ada yang tahu, tapi gak ada salahnya di bahas kembali, siapa tahu bisa menambah pengetahuan desain anda. Yang kami gunakan disini adalah contoh untuk photoshop7 , tapi untuk photoshop CS dan versi diatasnya juga tidak jauh berbeda. Nah, dalam desain photohop hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur lembar kerja. Karena hal ini akan berhubungan dengan saat nanti kalau di cetak atau di printer. Jadi hal yang paling awal dilakukan tentu menentukan berapa panjang dan lebar atau tinggi dan lebar desain kita. Dalam pengaturan saat membuka lembar kerja baru, kita dihadapkan dalam beberapa pilihan jenis ukuran, yaitu ada pixels, cm, mm, points, picas, columns.


 Untuk jenis ukuran disesuaikan dengan kebutuhan yang mau dibuat, misalnya membuat spanduk atau kartu undangan. Ukuran yang digunakan adalah ukuran yang sebenarnya yaitu menggunakan penggaris atau rol. Ukur berapa panjang dan lebarnya desain anda yang paling banyak digunakan adalah ukuran cm dan mm. Jadi tukar lebih dulu ke cm atau mm kemudian baru tukar berapa ukurannya. Kemudian yang penting juga adalah resolusi yang digunakan. Resolusi ini menentukan ketajaman gambar. Bila resolusinya lebih besar tentu lebih bagus, tetapi hal ini akan menyebabkan banyaknya jumlah warna yang digunakan sehingga kinerja komputer jadi berkurang. Untuk resolusi gunakan maksimal 300, bisa juga menggunakan ukuran resolusi 72. Kemudian MODE gunakan RGB (standar) yaitu Red, Green, Blue. Kemudian contents adalah isi background lembar kerja.
  • White = latar belakang putih
  • Background color = warna yang aktif di bagian Tool box sebelah kiri bawah bagian depan. lihat gambar :
  • Transparent adalah backgroundnya tembus pandang alias tidak ada warna. Cuma dalam hal ini diberi tanda dengan kotak-kotak hitam putih seperti papan catur.
Pilihannya terserah kita, kalau mau dasarnya putih ya, langsung aja pilih white, atau pilihan warna yang sudah aktif. Ini pun nantinya bisa diganti juga setelah l;embar kerja dibuat.
Share this article :

1 komentar:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............





    agen tiket murah

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger