Home » » Solusi CPU sering mati sendiri

Solusi CPU sering mati sendiri

Written By Parmin Prim on 21 November 2010 | 11.39

Permasalahan Komputer meliputi berbagai hal yang sangat komplek. Untuk menangani masalah-masalah hardware maupun software diperlukan pengetahuan dan pengalaman secara kontinyu. Bagi para teknisi handal tentunya sudah berpengalaman dalam hal ini. Berbekal ilmu yang baru didapat atau dari pengalaman yang pernah dilaluinya tentu akan memudahkan menangani permasalahan tersebut.

Bagi seseorang yang mempunyai komputer, tidak lepas dari masalah sebuah peralatan yang kita pakai tersebut. Untuk kerusakan yang berat, jelas kita butuh ahlinya, dan tentu pasti mengeluarkan biaya untuk itu. Tapi, bagi mereka yang kreatif bisa saja mencoba untuk berusaha memperbaikinya sendiri, itung-itung bisa mengurangi biaya perbaikan. Tetapi hal ini tentunya membutuhkan kehati-hatian untuk melakukannya. Karena bisa berakibat fatal, dan bahkan komputer anda bisa rusak berat

Untuk artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan tips yang mungkin bisa berguna bagi kita semua, yaitu permasalahan CPU yang tiba-tiba mati dan ditandai dengan matinya kipas/fun di CPU tersebut. CPU mati bisa diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  1. Tegangan arus listrik
    Listrik yang tidak stabil menyebabkan turunnya daya untuk pasokan ke power suplay yang akan dialirkan ke motherboard. Oleh karena itu sebaiknya Komputer anda dilengkapi dengan Stabilizer untuk mengatur kestabilan arus listrik.
    Solusinya : Coba untuk mengurangi penggunaan alat-alat di rumah anda, misalnya matikan dulu kulkas, AC, televisi atau lainnya. Dan coba hidupkan kembali komputer anda apakah masih mati?
  2. Power Supply Lemah/rusak
    Power suplay bisa juga sudah lemah/rusak, jadi walaupun arus sudah stabil tapi tetap aja CPU mati. Untuk ini anda harus melakukan cek power suplay. Caranya : bisa menggunakan alat khusus atau secara manual. Nah, kalau manual caranya sangat mudah dan simpel, cuma butuh kabel yang panjangnya cuma 10 cm pun bisa. Yaitu Lepaskan semua kabel power supply yang menghubungkan ke semua komponen di motherboard (ke Hardisk, ke CD Rom, ke motherboard dan lain-lain). Pasang Kabel listrik, dan hubungkan pin-pin dari kabel power supply yang ditancapkan di motherboard. Ambil kabel yang panjangnya kira-kira 10 cm dan hubungkan pin yang berwarna hijau ke pin warna lain (boleh hitam, merah, kuning dan lain-lain, intinya pin warna hijau dihubungkan dengan pin yang lain. Jika hasilnya power supplay hidup (kipas berputar) maka power supplay masih bagus, tetapi jika tidak hidup maka power supplay tidak bagus.
    Langkah ini pun belum bisa dipastikan kesahihannya. Karena bisa juga power suplay hidup kipasnya tetapi setelah dipasang di CPU tetapi mati sendiri. Artinya power supplay tersebut berputar kipasnya tetapi untuk menghidupkan komponen di motherboard tidak sanggup. Kalau bergini kondisinya berarti harus di test dengan power suplay yang lebih tinggi arus listriknya. Perhatikan label di body power suplay tersebut ada yang 380 W, dan ada juga yang 450 W.

  3. Penempatan Chip Processor
    Penempatan processor juga bisa mempengaruhi kestabilan arus listrik. Letak yang tidak pas akan membuat kaki-kaki processor mungkin agak bergeser dari tempat asalnya atau penampangnya. Solusinya : Cabut dengan hati-hati processor tersebut kalau perlu bersihkan lebih dulu dan pasang kembali.
  4. Fan dan Debu
    Kondisi dalam CPU harus tetap dingin atau tidak terlalu panas. Karena itu pastikan fan di atas processor harus berputar atau kalau perlu ditambah fan yang lain di dinding casing untuk menambah sirkulasi udara dengan baik. Selain itu debu dan kotoran juga mempengaruhi kestabilan arus listrik. Usahakan di CPU tetap bersih dan tidak ada debu atau kotoran lainnya.
=====================
Sumber gambar :
- Gambar 1 : fenny.hostoi.com
- Gambar 2 : anotherorion.multiply.com
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger