Home » » Kurban untuk korban

Kurban untuk korban

Written By Parmin Prim on 16 November 2010 | 18.04

Ya, dua kata diatas hampir-hampir mirip, dan memang agak mirip. Tapi sebenarnya kurban dan korban mempunyai perbedaan dari segi arti, walaupun begitu bisa mempunyai hubungan yang erat antara keduanya. Orang yang berkurban dinyatakan berkorban dalam arti yang lain. Nah, coba kita bahas satu persatu.

Kurban
Kata kurban mempunyai arti yang menyempit yaitu di khususkan untuk umat muslim dimana mereka memberikan sesuatu berupa hewan ternak untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada orang lain untuk dimakan bersama-sama. Bagi orang yang melaksanakan sebenarnya mereka sudah berkorban yaitu merelakan sebagian hartanya untuk diambil atau dikurangi dengan ikhlas dan mengharapkan ridho Allah SWT.

sumber gambar : kutaikartanegara.go.id

korban
Bila kata tersebut berdiri sendiri yaitu "Korban" saja maka artinya adalah seseorang yang ditimpa kemalangan atau musibah yang membuat orang tersebut tidak nyaman. Sedangkan jika ditambah imbuhan atau tambahan lain, maka maknanya bisa berbeda.

Sebagai contoh berkorban.
Maka maknanya adalah memberikan sesuatu secara ikhlas/suka rela kepada pihak lain. Misalnya berkorban demi bangsa dan negara, berkorban demi anak istri, dan sebagainya.

sumber gambar : matanews.com


Lalu, apa hubungan antara kurban dan korban? Ya, Kurban tadi maknanya adalah memberikan dengan ikhlas berupa hewan ternak yang disembelih untuk dibagikan kepada orang lain. Sedangkan korban adalah seseorang yang di timpa kemalangan atau musibah. Nah, disini tentu kaitannya adalah hewan kurban yang disembelih tadi memang timingnya pas untuk para korban/orang yang ditimpa musibah. Apalagi sekarang banyak musibah-musibah yang menimpa saudara-saudara kita yang jadi korban keganasan gunung merapi maupun korban tsunami di mentawai ataupun di wasior dan tempat lainnya. Mereka para korban sangat membutuhkan uluran tangan kita, mereka adalah saudara kita. Jadi, kurban sangat pas untuk para korban. Hal ini tentunya untuk wilayah yang bisa dijangkau yang membawa daging-daging kurban ke wilayah korban bencana. Nah, bagi kita yang jauh bisa juga menyalurkannya lewat organisasi-organisasi yang mengadakan bantuan ke daerah tersebut.
Share this article :

1 komentar:

  1. ya... betul.. sebaiknya memang pasnya tuh kurban untuk orang-orang yang sangat membutuhkan..

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger