Home » » Wedus Gembel tak sejinak domba

Wedus Gembel tak sejinak domba

Written By Parmin Prim on 02 November 2010 | 13.41

Wedus gembel adalah bahasa jawa yang berarti domba. Domba termasuk jenis binatang yang hampir seperti kambing atau bisa juga dinamakan saudara kambing karena bentuk nya yang hampir sama. Bedanya adalah dari bulu-bulunya. Kalau kambing bulunya pendek-pendek dan ada yang berwarna hitam maupun putih, nah kalau domba bulunya sangat tebal dan biasanya berwarna putih.

Nah, kenapa awan panas dari gunung yang meletus disamakan dengan wedus gembel si domba itu. Ya, karena gambaran dan bentuk awan panas yang keluar dari gunung tersebut sangat banyak dan mengepul terus menerus. Hampir seperti bulu domba yang tumbuh subur di tubuhnya. Karena kemiripan tersebut maka orang jawa menyebutnya dengan bahasa yang mudah yaitu wedus gembel yang berarti awan panas berbentuk bulu domba yang sangat tebal. Cuma wedus gembel yang satu ini tidak jinak seperti gembel peliharaan. Wedus yang ini akan menghancurkan semua yang dilewatinya dengan suhu yang sangat panas, konon katanya sampai 600 derajat celsius. Coba bayangkan, bagaimana panasnya wedus gembel gunung yang meletus.

Dengan kejadian bencana gunung meletus yang terjadi di Yogyakarta, kita berdo'a semoga mereka yang tertimpa bencana tetap diberikan kesabaran dan ketabahan. Semoga wedus gembel dari gunung merapi segera berhenti dan kembali seperti sedia kala. Karena wedus gembel yang ini memang berbeda dari wedus gembel satu lagi. Kenapa wedus gembel ini tidak sejinak domba?

Coba kita bandingkan.

Ini wedus gembel yang asli :




Nah, kalau yang ini wedus gembel tiruannya :




Sumber gambar : via google.com

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger