Home » » Kayakiye.com Facebook ala bahasa ngapak

Kayakiye.com Facebook ala bahasa ngapak

Written By Parmin Prim on 24 Desember 2010 | 10.41

Ada yang belum kenal facebook? atau ada yang belum punya account facebook? Wah, bagi kita yang melek internet rada aneh kalau belum punya account facebook. Lain kalau halnya bagi mereka yang jarang berkutat di dunia online. Misalnya bagi mereka yang jauh dari kota atau mereka yang punya aktivitas offline, wajar saja bila tidak punya facebook. Tapi.. hari gini gak punya facebook, apa kata dunia......!

Sejak situs facebook populer di dunia maya, banyak merubah pola atau gaya hidup para pemakainya. Apalagi sekarang banyak perangkat yang lebih mudah untuk sekedar udate status dimana saja dan kapan saja. Yang tidak kalah pentingnya dalah murahnya akses internet melalui handphone atau tawaran paket-paket yang super murah membuat facebook makin digandrungi. Tak hanya itu para pesaing facebook pun bermunculan. Nah, ada satu situs yang menggelitik menurut saya, yaitu situs jejaring seperti halnya facebook, tetapi ini menggunakan bahasa daerah. Silahkan lihat di Kayakiye.com yang merupakan bahasa ngapak cirebonan. apa saja sih yang ada di sana, yuk kita lihat :

Dari segi tampilannya memang sekilas nampak seperti facebook, tetapi lebih sederhana, ya mungkin karena masih dalam tahap beta. Kemudian bahasa yang digunakan cenderung bahasa ngapak (cirebon) atau wilayah sekitarnya. Seperti penggunaan kata Ngarepan, Goleti (maksunya nggolek-i mungkin), Gim-giman, mlebu, metu yang mungkin sudah kita dengar sehari-hari sehingga masih tetap paham. Jadi bagi orang jawa dari arah cirebon ke timur sampai ke jawa tengah, jogja terus ke jawa timur, mungkin ada beberapa kata yang kurang di mengerti dan mungkin agak aneh kedengarannya, karena memang tidak biasa mendengar kata-kata tersebut. Pendaftarannya pun cukup mudah, hanya mengisi e-mail, nama ID, dan nama lengkap serta asal sekarang, dan klik Ndaftar (yang maksudnya daftar). Antusias penggunanya cukup lumayan banyak, sampai saat ini (saat blog ditulis) penggunanya sudah mencapai 10.888 orang.

Bila kita lihat bagian dalamnya, juga hampir mirip dengan facebook, ada halaman dasbor, upload foto, video, catatan, game dan lain-lain, pokoknya lengkap juga. Kayakiye.com memang difokuskan penggunanya bagi orang jawa khususnya ngapak dengan pengembangnya ngapak.com. Namun tidak tertutup bagi mereka yang ingin bergabung tetapi tentunya harus mengerti sedikit bahasa ini, karena dilengkapi juga kamus bahasa ngapak. Yang jelas situs ini merupakan sesuatu yang luar biasa, terutama untuk pengembangan budaya daerah dan tentunya budaya kita di tengah tergerusnya arus globalisasi dimana orang sudah banyak melupakan budaya daerahnya. Jadi, budaya daerah harus juga berkembang sesuai dengan teknologi. Bravo kayakiye.com. Ayo kita kembangkan budaya daerah masing-masing dan jadikan pemersatu bangsa. Ada yang mau coba kayakiye.com... langsung ke sini aja.

Share this article :

4 komentar:

  1. klo memang sprti fb,..ko ga ad notification bt non aktf yaa,???
    gmn cranya,..

    BalasHapus
  2. Kayaknya.. masih dalam pengembangan ..semoga kedepannya makin lengkap fiturnya..

    BalasHapus
  3. Klau pasang background gimana

    BalasHapus
  4. Anonim : maksudnya background untuk apa nih.. untuk blog atau untuk apa..

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger