Tutorial Komputer, Website, Blogger dan Surat

Full Arsip Surat

Download segala jenis surat yang anda butuhkan.

Dasar-dasar blogging

Belajar ngblog bagi pemula dan tingkat lanjut.

Belajar Web Desain

Panduan membuat website secara mudah dan cepat.

Desain Grafis

Trik dan Tips Desain grafis khususnya Photoshop.

Info Teknologi

Info seputar Teknologi dan Internet

23 November 2010

Trik menghilangkan jerawat di Photoshop(2)

Kalau pada postingan sebelumnya, kita pernah menghilangkan jerawat menggunakan cara pertama, nah berikut ini adalah cara lain kita untuk menghiangkan jerawat sekaligus memperhalus wajah kita dengan cara lain. Cara yang pernah dilakukan dahulu adalah menggunakan fasilitas Clone Stamp Tool dimana fungsinya persis seperti sebuah stempel yaitu membuat cetakan sesuai dengan bentuk/gambar yang telah disiapkan. Cara tersebut berarti mengambil kulit yang halus kemudian di tempelkan pada area yang berjerawat tersebut sehingga jerawat tertutup. Teknik yang kedua ini sebenarnya juga mengambil kulit yang halus kemudian menempelkannya pada area yang berjerawat, tetapi dengan cara yang berbeda. Langkahnya sebagai berikut :
  1. Siapkan sebuah foto yang akan kita perhalus wajahnya
  2. Pada bagian Tool/Peralatan klik Patch Tool. Peralatan ini terletak di sub Perintah lainnya.
  3. Dengan menggunakan Patch Tool tersebut lingkari bagian / area jerawat yang akan kita hilangkan. Pastikan penunjuk mouse tetap berada dalam area lingkaran tersebut dan seret / tarik mouse ke area yang lebih halus. Maka area yang dilingkari tersebut akan sama dengan area yang ditarik tersebut. Berikut gambarnya :
  4. Maka hasilnya akan seperti ini :
  5. Perhatikan area yang dilingkari tadi, sekarang gambar jerawatnya sudah hilang. Lakukan juga untuk jerawat yang lain. Selamat mencoba.
Share:

21 November 2010

Solusi CPU sering mati sendiri

Permasalahan Komputer meliputi berbagai hal yang sangat komplek. Untuk menangani masalah-masalah hardware maupun software diperlukan pengetahuan dan pengalaman secara kontinyu. Bagi para teknisi handal tentunya sudah berpengalaman dalam hal ini. Berbekal ilmu yang baru didapat atau dari pengalaman yang pernah dilaluinya tentu akan memudahkan menangani permasalahan tersebut.

Bagi seseorang yang mempunyai komputer, tidak lepas dari masalah sebuah peralatan yang kita pakai tersebut. Untuk kerusakan yang berat, jelas kita butuh ahlinya, dan tentu pasti mengeluarkan biaya untuk itu. Tapi, bagi mereka yang kreatif bisa saja mencoba untuk berusaha memperbaikinya sendiri, itung-itung bisa mengurangi biaya perbaikan. Tetapi hal ini tentunya membutuhkan kehati-hatian untuk melakukannya. Karena bisa berakibat fatal, dan bahkan komputer anda bisa rusak berat

Untuk artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan tips yang mungkin bisa berguna bagi kita semua, yaitu permasalahan CPU yang tiba-tiba mati dan ditandai dengan matinya kipas/fun di CPU tersebut. CPU mati bisa diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  1. Tegangan arus listrik
    Listrik yang tidak stabil menyebabkan turunnya daya untuk pasokan ke power suplay yang akan dialirkan ke motherboard. Oleh karena itu sebaiknya Komputer anda dilengkapi dengan Stabilizer untuk mengatur kestabilan arus listrik.
    Solusinya : Coba untuk mengurangi penggunaan alat-alat di rumah anda, misalnya matikan dulu kulkas, AC, televisi atau lainnya. Dan coba hidupkan kembali komputer anda apakah masih mati?
  2. Power Supply Lemah/rusak
    Power suplay bisa juga sudah lemah/rusak, jadi walaupun arus sudah stabil tapi tetap aja CPU mati. Untuk ini anda harus melakukan cek power suplay. Caranya : bisa menggunakan alat khusus atau secara manual. Nah, kalau manual caranya sangat mudah dan simpel, cuma butuh kabel yang panjangnya cuma 10 cm pun bisa. Yaitu Lepaskan semua kabel power supply yang menghubungkan ke semua komponen di motherboard (ke Hardisk, ke CD Rom, ke motherboard dan lain-lain). Pasang Kabel listrik, dan hubungkan pin-pin dari kabel power supply yang ditancapkan di motherboard. Ambil kabel yang panjangnya kira-kira 10 cm dan hubungkan pin yang berwarna hijau ke pin warna lain (boleh hitam, merah, kuning dan lain-lain, intinya pin warna hijau dihubungkan dengan pin yang lain. Jika hasilnya power supplay hidup (kipas berputar) maka power supplay masih bagus, tetapi jika tidak hidup maka power supplay tidak bagus.
    Langkah ini pun belum bisa dipastikan kesahihannya. Karena bisa juga power suplay hidup kipasnya tetapi setelah dipasang di CPU tetapi mati sendiri. Artinya power supplay tersebut berputar kipasnya tetapi untuk menghidupkan komponen di motherboard tidak sanggup. Kalau bergini kondisinya berarti harus di test dengan power suplay yang lebih tinggi arus listriknya. Perhatikan label di body power suplay tersebut ada yang 380 W, dan ada juga yang 450 W.

  3. Penempatan Chip Processor
    Penempatan processor juga bisa mempengaruhi kestabilan arus listrik. Letak yang tidak pas akan membuat kaki-kaki processor mungkin agak bergeser dari tempat asalnya atau penampangnya. Solusinya : Cabut dengan hati-hati processor tersebut kalau perlu bersihkan lebih dulu dan pasang kembali.
  4. Fan dan Debu
    Kondisi dalam CPU harus tetap dingin atau tidak terlalu panas. Karena itu pastikan fan di atas processor harus berputar atau kalau perlu ditambah fan yang lain di dinding casing untuk menambah sirkulasi udara dengan baik. Selain itu debu dan kotoran juga mempengaruhi kestabilan arus listrik. Usahakan di CPU tetap bersih dan tidak ada debu atau kotoran lainnya.
=====================
Sumber gambar :
- Gambar 1 : fenny.hostoi.com
- Gambar 2 : anotherorion.multiply.com
Share:

19 November 2010

Mencoba Google Tanya Jawab

Agaknya Google tidak mau lengah menghadapi persaingan sengit dari kompetitornya. Inovasi terus di buat dari waktu-kewaktu ada saja hal baru yang dihadirkan. Setelah muncul sistem Operasi Androidnya untuk Ponsel yang sangat sukses, maka halaman situs pencari ini pun turut di kembangkan. Lagi iseng-iseng buka halaman awal google, tergerak untuk lihat-lihat di bagian Selengkapnya. Terasa ada yang baru yang sebelumnya nggak pernah ada yaitu fasilitas Google Tanya Jawab. Yuk, kita lihat ada apa di Google Tanya Jawab.


Setelah masuk ke Halaman tersebut, maka kita akan disuguhkan sebuah tampilan berupa list/daftar dari orang-orang yang memberikan pertanyaan maupun jawaban. Kemudian dibagian kiri adalah daftar pengelompokan dari pembahasan yang sama. Kalau di perhatikan persis seperti sebuah forum dimana para user bisa saling berinteraksi satu sama lain. Selian itu ada bagian Peringkat Reputasi dan Peringkat Pengguna. Bagi user yang aktif maka reputasinya akan naik. Untuk bergabung di tanya jawab ini, kita tidak perlu mendaftar lagi, karena cukup mempunyai e-mail di google (gmail) maka sudah langsung bisa masuk ke halaman google Tanya Jawab. Google tanya jawab ini masih versi Beta dan user yang aktif masih belum begitu banyak. Nah, ada yang penasaran? Mari masuk ke halaman Google Tanya Jawab. Silahkan bertanya apa saja di sini. Yang belum punya e-mail di Google, langsung daftar Disini.
Oh ya.. fasilitas google Tanya Jawab ini hanya berlaku untuk google bahasa Indonesia. Jadi kalau masih menggunakan english harus diganti kedalam bahasa Indonesia terlebih dahulu, baru ada fasilitas ini.
Share:

18 November 2010

Convert File ke PDF

Beberapa waktu yang lalu, kami membuat postingan File PDF menjadi DOC. Dimana File yang sudah menjadi PDF tersebut diconvert menjadi Document dengan extensi DOC dan tentunya menjadi format Microsoft Word. Nah untuk postingan kali ini sebaliknya. Kita sudah mempunyai file terus akan dirubah menjadi bentuk PDF. Bagaimana caranya?

File dasar bisa berasal dari berbagai type. Bisa file dengan bentuk Word, Excel maupun Power point, bahkan bisa juga file HTML / halaman sebuah situs internet yang di convert secara online.

Untuk convert ke PDF kita butuh aplikasi tambahan baik secara online ataupun offline. Berikut beberapa cara convert ke PDF.

Secara Online:
  • Freepdfconvert, merupakan konversi ke PDF yang bersifat online ke internet, tentunya anda butuh koneksi internet setiap kali anda ingin mengkonversi file tersebut. File yang sudah di convert ke PDF akan dikirim ke email anda, Jadi masukkan email anda dengan benar.
  • Pdfonline, sama seperti diatas mengkorversi file Word ke PDF. Bahkan bisa kebalikannya dari PDF ke Word, PDF ke HTML, Web ke PDF dan bahkan layanan PDF di Iphone. Untuk konversi ini anda hanya memasukkan e-mail dan nanti akan langsung di kirim melalui e-mail tersebut.
  • Html-pdf-converter, merupakan konversi PDF dari halaman HTML, yang mana kita tahu bahwa HTML meupakan format text untuk web atau internet. Jadi anda bisa mengkorversi langsung halaman dari sebuah situs menjadi PDF secara online.
Secara Offline :
Walaupun offline, tapi awalnya tetap harus online. Karena anda harus download dulu dari internet, tapi bisa juga lho memang bener-bener offline dari awalnya, yaitu anda bisa minta ke teman, tetangga, adik, kakak atau siapa saja, he he he. Maksudnya begini, Anda butuh aplikasi baru yang diinstall di komputer. Jadi setiap mau konvert ke PDF tinggal pakai saja aplikasi tersebut, tidak harus terhubung ke internet. Ini contoh aplikasi nya :
  • doPDF, Aplikasi pembuat PDF ringan, hanya 3,94 MB. Dari hasil percobaan yang penulis lakukan file yang akan di rubah menjadi PDF bisa bertype Word, Excel dan Powerpoint, tetapi untuk Access sepertinya mengalami kendala alias tidak bisa. Kemungkinan File dari Ms. Access ini bukan merupakan sebuah Documen, tetapi ia merupakan program aplikasi pengolah data sehingga tidak bisa di convert menjadi PDF. Kalau ada yang mau coba, silahkan download aja disini.
Share:

16 November 2010

Kurban untuk korban

Ya, dua kata diatas hampir-hampir mirip, dan memang agak mirip. Tapi sebenarnya kurban dan korban mempunyai perbedaan dari segi arti, walaupun begitu bisa mempunyai hubungan yang erat antara keduanya. Orang yang berkurban dinyatakan berkorban dalam arti yang lain. Nah, coba kita bahas satu persatu.

Kurban
Kata kurban mempunyai arti yang menyempit yaitu di khususkan untuk umat muslim dimana mereka memberikan sesuatu berupa hewan ternak untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada orang lain untuk dimakan bersama-sama. Bagi orang yang melaksanakan sebenarnya mereka sudah berkorban yaitu merelakan sebagian hartanya untuk diambil atau dikurangi dengan ikhlas dan mengharapkan ridho Allah SWT.

sumber gambar : kutaikartanegara.go.id

korban
Bila kata tersebut berdiri sendiri yaitu "Korban" saja maka artinya adalah seseorang yang ditimpa kemalangan atau musibah yang membuat orang tersebut tidak nyaman. Sedangkan jika ditambah imbuhan atau tambahan lain, maka maknanya bisa berbeda.

Sebagai contoh berkorban.
Maka maknanya adalah memberikan sesuatu secara ikhlas/suka rela kepada pihak lain. Misalnya berkorban demi bangsa dan negara, berkorban demi anak istri, dan sebagainya.

sumber gambar : matanews.com


Lalu, apa hubungan antara kurban dan korban? Ya, Kurban tadi maknanya adalah memberikan dengan ikhlas berupa hewan ternak yang disembelih untuk dibagikan kepada orang lain. Sedangkan korban adalah seseorang yang di timpa kemalangan atau musibah. Nah, disini tentu kaitannya adalah hewan kurban yang disembelih tadi memang timingnya pas untuk para korban/orang yang ditimpa musibah. Apalagi sekarang banyak musibah-musibah yang menimpa saudara-saudara kita yang jadi korban keganasan gunung merapi maupun korban tsunami di mentawai ataupun di wasior dan tempat lainnya. Mereka para korban sangat membutuhkan uluran tangan kita, mereka adalah saudara kita. Jadi, kurban sangat pas untuk para korban. Hal ini tentunya untuk wilayah yang bisa dijangkau yang membawa daging-daging kurban ke wilayah korban bencana. Nah, bagi kita yang jauh bisa juga menyalurkannya lewat organisasi-organisasi yang mengadakan bantuan ke daerah tersebut.
Share:

Selamat Hari Raya Idul Adha

Selamat Idul Adha 1431 H/Tahun 2010. Hari ini sebagian umat muslim sudah ada yang melaksanakan sholat Idul Adha, dengan ditandai sudah dilaksanakannya wukuf di padang arafah kemarin( senin tanggal 15 November 2010). Sebagian lagi mengikuti keputusan pemerintah yaitu lebaran Idul Adha jatuh pada tanggal 16 November 2010 (besok). Jika di ingat kembali masa lalu, memang sudah beberapa tahun yang lalu umat muslim selalu bersamaan dalam merayakan hari raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha, tapi ada suatu ketika yang memang berlainan, tapi tidak sering. Jadi, jika ada perbedaan dalam pelaksanaan hari raya, maka umat muslim di Indonesia tidak merasa kaget atau heran.

sumber gambar : rudi4p.wordpress.com

Sebagai umat muslim bagaimana kita menyikapinya? Kami sebagai orang awam memang tidak mengerti bagaimana penentuan dan perhitungan mengenai penetapan hari raya. Mereka yang sudah di bidangnya tentu punya dasar masing-masing untuk menetapkan kapan waktu hari raya tersebut. Karena itu mari kita hargai jerih payah mereka yang telah berjuang dan bekerja menentukan perhitungan waktu-waktu hari raya. Untuk itu, sebaiknya tidak usah dipermasalahkan karena perbedaan ini. Tidak perlu diperbesar karena perbedaan ini. Mari kita saling menghargai diantara kita supaya jangan ada perpecahan. Yang berkeyakinan hari raya nya hari ini, ya silahkan, bagi yang besok pagi juga monggo.. gak ada masalah.

Semoga kita bisa merasakan hari raya ini dengan hati yang ikhlas, tulus dan di ridhoi Allah, SWT. Bagi yang melaksanakan haji di tanah suci semoga menjadi haji yang mabrur, diterima oleh Allah SWT dan bisa kembali ke tanah air dengan selamat serta bagi yang berkurban mudah-mudahan Allah akan memberikan pahala berlipat ganda, Amin.

Share:

03 November 2010

Buat Mahasiswa/i IPI = 2009/2010

Tiada terasa sudah setahun anak-anak ku.. eh anak-anak..maksudnya anak udah gede gitu. Setelah sekian lama menimba ilmu di IPI-Leppindo Techno Campus dan saat ini sudah pada nyelesein tugas Laporan magang masing-masing. Semoga yang belum menyelesaikan laporannya bisa cepat tuntas dan cepat kelar tanpa gangguan apapun. Jangan lupa nilai-nilai yang lain juga di selesaikan, jangan sampai terlambat, apalagi diperkirakan Pelantikan awal bulan Desember 2010.

Nah, Buat Mahasiswa/i PKP-1 angkatan 2009/2010 yang masih di kampung, diluar kota, di dalam kota, atau di pinggir kota sekalipun atau dimana saja berada, jangan terlena dengan aktivitas masing-masing. Kalau ada nilai yang belum lengkap segera menghubungi Dosen/Instruktur yang bersangkutan.

Khusus untuk materi Web Desain Semester III, ini info buat kamu bagi yang belum lengkap nilainya untuk beberapa materi/mata kuliah. Silahkan cek dibawah ini, tapi ingat noregnya masing-masing ya ...

NO
NOREG
MATERI
1
10093020044
Web Desain
2
10093020058
Web Desain
3
10093020059
Web Desain
4
10093020064
Web Desain
5
10093020083
Web Desain
6
10093020049
Myob
7
10093020050
Myob


Bagi yang tersangkut dengan diatas segera menyelesaikan nilainya...!

Share:

02 November 2010

Wedus Gembel tak sejinak domba

Wedus gembel adalah bahasa jawa yang berarti domba. Domba termasuk jenis binatang yang hampir seperti kambing atau bisa juga dinamakan saudara kambing karena bentuk nya yang hampir sama. Bedanya adalah dari bulu-bulunya. Kalau kambing bulunya pendek-pendek dan ada yang berwarna hitam maupun putih, nah kalau domba bulunya sangat tebal dan biasanya berwarna putih.

Nah, kenapa awan panas dari gunung yang meletus disamakan dengan wedus gembel si domba itu. Ya, karena gambaran dan bentuk awan panas yang keluar dari gunung tersebut sangat banyak dan mengepul terus menerus. Hampir seperti bulu domba yang tumbuh subur di tubuhnya. Karena kemiripan tersebut maka orang jawa menyebutnya dengan bahasa yang mudah yaitu wedus gembel yang berarti awan panas berbentuk bulu domba yang sangat tebal. Cuma wedus gembel yang satu ini tidak jinak seperti gembel peliharaan. Wedus yang ini akan menghancurkan semua yang dilewatinya dengan suhu yang sangat panas, konon katanya sampai 600 derajat celsius. Coba bayangkan, bagaimana panasnya wedus gembel gunung yang meletus.

Dengan kejadian bencana gunung meletus yang terjadi di Yogyakarta, kita berdo'a semoga mereka yang tertimpa bencana tetap diberikan kesabaran dan ketabahan. Semoga wedus gembel dari gunung merapi segera berhenti dan kembali seperti sedia kala. Karena wedus gembel yang ini memang berbeda dari wedus gembel satu lagi. Kenapa wedus gembel ini tidak sejinak domba?

Coba kita bandingkan.

Ini wedus gembel yang asli :




Nah, kalau yang ini wedus gembel tiruannya :




Sumber gambar : via google.com

Share:

Pages

Featured Post

Konsistensi

Konsistensi atau konsisten adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan atau tidak ada batas sama sekali....

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Support