Home » » Lima penyebab gagalnya berbahasa inggris.....!

Lima penyebab gagalnya berbahasa inggris.....!

Written By Parmin Prim on 31 Maret 2011 | 07.23

Hello, everybody...!
I hope so you always be happy anywhere, any time......

Bahasa inggris, ya english.  Sudah berapa lama kita belajar bahasa inggris.  Sejak SMP kelas satu terus SMA 3 tahun, kalau yang kuliah D3 tambah lagi 3 tahun, lalu mungkin ada yang nyambung S1 selama 2 tahun (kalau yang langsung ngambil S1 tanpa D3 berarti 4 tahun).  Hayo udah berapa lama tuh belajar bahasa inggris.  Total sudah minimal 6 tahun atau 9 tahun.  Wah, udah lama banget ya...! Bahkan ada lagi yang ngambil kursus-kursus bahasa inggris di lembaga pendidikan yang lain.



Tapi pertanyaannya kok sampai sekarang gak bisa-bisa ngomong bahasa inggris atau paham bahasa inggris.  Seperti berbicara dengan benar atau memahami bacaan koran, majalah, iklan bahasa inggris, lagu-lagu berbahasa inggris, Film-film barat maupun Web/internet bahasa inggris. Dimana salahnya atau apa yang salah...?

Bahasa adalah alat komunikasi untuk menyampaikan pesan dari satu pihak ke pihak lain.  Orang yang mengerti dan paham suatu bahasa akan banyak ilmu yang dia dapatkan.  Apalagi  bahasa inggris yang merupakan bahasa dunia. Karena itu sebenarnya mempelajari bahasa inggris banyak manfaatnya, bahkan bisa menjadi sebuah profesi atau skill untuk diri kita.

Yang berkecimpung dengan teknologi seperti komputer, gadget, editorial, web, sebenarnya kita banyak menggunakan kata bahasa inggris, apalagi dalam dunia komputer, hampir semuanya bahasa inggris.  Misalnya click, copy, paste, edit, file, burning, download, upload... kan hampir semuanya tuh pakai bahasa inggris.  Tapi kenapa ya.. kalau dalam berbicara kita kaku, kelu dan tidak bisa atau mungkin tidak mau bisa.

Setelah diamat-amati dan di pikir-pikir sendiri, ternyata banyak hal yang membuat bahasa inggris tidak nyangkut di hati kita walaupun sudah belajar bertahun-tahun.  Penyebabnya antara lain sebagai berikut :
  1. Linkungan tidak mendukung
    Ya, lingkungan dari orang-orang yang tidak menggunakan bahas inggris, maka kita cenderung tidak mau juga menggunakan bahas inggris padahal kita ingin sekali mengembangkan bahasa inggris kita.  Tapi coba lihat di Bali, Parapat atau daerah wisata Indonesia yang sering dikunjungi turis-turis asing, maka mereka banyak yang bisa berbahasa inggris karena mereka ingin menjual barang dagangannya kepada turis tersebut, jadi mereka terbiasa menggunakan bahasa inggris.
  2. Cemoohan
    Yang ini yang jadi dilema.  Sebenarnya kita ingin mempraktekkan bahasa inggris kita sendiri.  Tapi lingkungan  tadi memang sudah tidak mendukung di tambah lagi teman-teman mencemooh penggunaan bahasa inggris kita. Padahal kita pun sudah bisa mengukur bahwa kita ingin berbahasa inggris dengan orang yang berpendidikan dan pernah belajar bahasa inggris, lain kalau kita berbicara bahasa inggris dengan orang yang sama sekali belum pernah belajar seperti di kampung-kampung, di pedalaman.  Kalau ini yang kita lakukan, ya kita sendiri yang salah alamat.
    Nah, karena kita dicemooh, yang katanya "sok pintar", "sok bule lu"... atau "halaahh baru belajar, udah pamer".  Maka kita jadi down.. dan malas menggunakan bahasa inggris tersebut. Padahal yang mencemooh biasa juga gak lebih pandai dari yang masih belajar.  Iya..kan. Tapi kalau kita dicemooh seperti itu kenapa kita harus down, cuekin saja orang mau ngomong apa yang penting tetap semangat untuk terus belajar, jangan  urusin orang lain.
  3. Mental
    Persoalan mental setiap orang tidak sama.  Ada mental berani, mental penakut, mental biasa saja dan sebagainya.  Nah, mental berbicara bisa dilatih, dibiasakan, ditingkatkan.  Tapi kalau mental di diamkan, maka akan tetap seperti itu. Karena itu mental yang lemah akan berubah menjadi kuat bila dilatih dan di tingkatkan termasuk berbicara bahasa inggris.
  4. Tidak ada lawan
    Ya, tidak ada lawan berbicara bahasa inggris merupakan salah satu tidak berkembangnya bahasa inggris itu sendiri.  Misal kita semangat ingin berbahasa inggris, tapi teman lain tidak punya keinginan yang sama dengan kita.  Alhasil dengan siapa kita ingin berlatih berbahasa inggris? Tapi, kalau ada lawan berbicara yang mau sama-sama semangat berbahasa inggris, maka komunikasi akan timbal balik satu sama lain yang akhirnya makin sering menggunakan bahasa inggris.
  5. Malas berlatih
    Penyakit ini yang paling susah diobati, kalau sudah malas, ya gimana lagi.  Tapi masalahnya kenapa kita malas.. padahal kita tahu bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang paling banyak dipakai di dunia.  Banyak ilmu dan teknologi menggunakan bahasa inggris. Karena itu memang harus di tanamkan dalam diri bahwa "Aku harus bisa berbahasa inggris baik ngomong maupun paham membaca."
Nah, kalau kita sudah tahu penyebab gagalnya berbahasa inggris. Mari kita singkirkan hal-hal tersebut.  Let's go to learn english. don't be afraid to speak english salah-salah dikit gak apa-apa. Enjoy aja... yang penting terus memperbaiki our english. Oke...!!! because no body perfect......!!!!
    Share this article :
    Comments
    0 Comments

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Popular Posts

    Posting Update

    Chat Langsung

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Follow by Email

     
    Support : Primaya | Masprim | My Facebook
    Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
    Template Source from Creating Website
    Proudly powered by Blogger