Home » » 10 Aplikasi yang harus ada di Warnet

10 Aplikasi yang harus ada di Warnet

Written By Parmin Prim on 14 April 2011 | 11.17

Bagi pengusaha warnet atau yang baru coba-coba buka warnet, kenali dulu aplikasi yang diperlukan untuk PC warnet.  Karena aplikasi yang tersedia akan memudahkan pelanggan menggunakan komputer anda. Sehingga hal ini akan menambah kenyamanan dan kelengkapan fasilitas warnet itu sendiri.  Pelanggan akan mau berlama-lama dan akhirnya menjadi pelanggan tetap kita.  Pastinya senang dong punya pelanggan setia.


Nah, berikut beberapa aplikasi yang diperlukan untuk melengkapi PC warnet dan aplikasi yang sering digunakan dan ditanyakan oleh pelanggan.  Aplikasi ini hanya digunakan bila hanya berbasis warnet bukan game online, karena kalau game online berarti jenis-jenis game yang harus dilengkapi.  Jadi, ini warnet non game online.

  1. Antivirus (Smadav, Kaspersky, AVG, Ansav, Nod32, Avira, dll)
    Antivirus harus ada di komputer warnet anda.  Masalahnya pelanggan sering menggunakan flasdisk.  Jadi virus bisa berpindah-pindah dari satu warnet ke warnet lain. Antisipasi dengan antivirus yang sesuai.  Tidak perlu semua antivirus di instal, cukup 1 atau 2 saja, karena kalau terlalu banyak komputer malah berat.  Update selalu antivirus terbaru, kalau yang gratis, kami selalu memakai smadav.
  2. Deepfreeze
    Aplikasi ini untuk mengembalikan ke keadaan semula bila komputer di restart.  Jadi, kalau antivirusnya kalah dengan virus yang baru, maka jalan-jalan satu-satuna restart komputernya dan akan kembali dalam keadaan semula yaitu virusnya hilang.  Deepfreeze juga bisa mengantisipasi bila ada pelanggan yang menginstall aplikasi-aplikasi lain yang tidak kita inginkan. Gunakan selalu Deepfreeze terbaru, bisa download disini.
  3. Winrar
    Aplikasi ini digunakan untuk membuka file-file yang dikompres yang banyak bertebaran di internet dalam pembuatan tutorial dan  bahan-bahan / modul.  Jadi, bila pelanggan mendownload file rar tersebut, maka sudah tersedia aplikasi pembukanya.  Winrar digunakan juga untuk mengkompres file / menyatukan beberapa file menjadi 1 file dengan ukuran yang lebih kecil.
  4. Pembaca PDF
    Pembaca PDF, bisa menggunakan Acrobat Reader atau Foxit Reader. Kalau yang agak ringan bisa menggunakan Foxit Reader, memang tidak selengkap Acrobat Reader tapi yang penting sudah bisa membaca File PDF
  5. Flash Player
    Selalu update Flash Player, karena aplikasi ini akan menampilkan tampilan-tampilan animasi, seperti video, iklan-iklan animasi, dan kadang-kadang untuk upload data harus di instal juga Flash Playernya.
  6. Browser (Mozilla, Opera, Google Chrome, dll)
    Siapkan browser-browser populer saat ini.  Mozilla Firefox saat ini merupakan browser yang sangat populer.  Tapi siapkan juga browser lain-lain yang mungkin pelanggan ini menggunakannya.  Seperti Opera, dimana pelanggan bisa membuka 2 akun facebook yang berbeda menggunakan browser opera tersebut.
  7. Photoscape
    Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk edit foto sebelum di upload ke facebook.  Jadi, pelanggan bisa mengolah foto mereka sesuka hati sebelum menampilkannya di akun facebooknya. Aplikasi Photoscape akan membuat tampilan foto menjadi lebih menarik dengan berbagai bingkai dan variasi-variasi lain.
  8. Billing
    Aplikasi billing memudahkan bagi OP Warnet untuk menghitung biaya pemakain warnet oleh pelanggan.  Pilih billing warnet yang mudah dioperasikan dan simpel.  Tapi sebaiknya tidak hanya mengandalkan billing semata.  Kalau perlu dicatat juga secara manual. Apalagi kalau komputer tidak dilengkapi dengan UPS untuk menyimpan listrik bila listrik mati. Begitu listrik mati, maka tidak ada catatan pemakain biaya pelanggan warnet.  Pencatatan manual juga diperlukan bila, ada pelanggan warnet bermain curang, misalnya sudah sampai setengah jam, lalu logout billing dan masuk ke billing lagi yang menyebabkan perhitungan mulai dari awal. Ini berlaku bila menggunakan billing tertentu.
  9. Yahoo Messenger
    Kalau aplikasi ini kayaknya sudah jarang, masalahnya sekarang sudah tidak booming lagi, karena orang sudah banyak beralih chating dengan Facebook dan bisa melakukan aktivitas lain di tampilan facebook sambil chatting tentunya.  Jadi, pertimbangkan aja, ada nggak yang masih mau chatting pakai Yahoo messenger.  
  10. Aplikasi Alqur'an
    Ini khusus pengunjung muslim yang ingin menggunakan ayat-ayat Al-qur'an untuk melengkapi ketikan nya. Aplikasi alqur'an ini merupakan add-on yang ditambahkan di Microsoft word.  Jadi, pengunjung tidak repot-repot untuk menulis dengan tulisan tangan bila membutuhkan ayat Al-qur'an tersebut, tinggal pilih ayat dan surah nya lalu klik, lengkap dengan terjemahannya.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger