Home » » Cuaca buruk? matikan internet anda

Cuaca buruk? matikan internet anda

Written By Parmin Prim on 13 April 2011 | 07.07

Ini pengalaman beberapa waktu lalu, saat cuaca buruk.  Saat itu hujan sebenarnya tidak begitu deras, cuma petir sambar-menyambar dari sana ke sini.  Bagi pengusaha warnet dan pelanggan pribadi harap berhati-hati dengan kondisi ini, apalagi kalau warnet nya tidak dibekali dengan penangkal petir.  Sama dengan yang aku alami, warnet tidak menggunakan penangkal petir.
ilustrasi : modem aku yang sudah almarhum
sumber pict : http://www.bidorbuy.co.za


Saat itu memang sudah berusaha untuk mematikan warnet. Setelah PC di shutdown, tinggal colokan ke listrik yang akan dicabut.  Begitu tercabut, tiba-tiba petir besar menggelegar dan modem langsung berbunyi seperti ada sesuatu yang patah.  Dalam hati sudah was-was, pasti ada yang rusak nih modem atau peralatan yang lain.  Sambil nunggu listrik hidup, saya periksa peralatan-peralatan lain seperti PC, Monitor, Stabilizer dan lain-lain tapi tidak ada yang berbau gosong.


Nah, setelah listrik hidup, langsung di test semua komputer apakah masih aman atau tidak.  Hasilnya semua komputer hidup dan dalam kondisi yang baik. Sekarang cek jaringan internet.  Modem dihidupkan, hasilnya lampu modem hidup, tetapi lampu data tidak nyala dan Internet tidak konek. Alhasi, tidak bisa main internet.  Lalu segera di utak-atik settingan modem, tapi tidak ada perubahan, tetap tidak berhasil.  Akhirnya menghubungi pihak speedy, di informasikan dari pihak Speedy memang line internet ke modem saya Down, padahal jaringan bagus.

Setelah berusaha sekuat tenaga akhirnya dapat kesimpulan bahwa sepertinya memang modemnya yang bermasalah.  Tanpa pikir panjang langsung menghubungi teknisi langganan speedy.  Setelah di test dengan modem lain, ternyata koneksi bagus.  Berarti memang benar modemnya yang bermasalah alias tersambar petir.  Tidak bisa tidak, modem harus diganti baru dan ungsikan yang lama.  Benar-benar pengalaman yang berharga kalau lagi cuaca buruk. Tidak hanya modem yang rusak, Lan card salah satu PC juga harus di ganti dan telepon juga mati total. Rupanya di kawasan kami banyak juga yang mengalami hal serupa.  Gara-gara tersambar petir, peralatan banyak yang rusak.

Karena itu walaupun sudah di lengkapi dengan penangkal petir, sebaiknya kalau cuaca lagi buruk, segera matikan internet dan segala peralatannya.  Dan jangan lupa kabel telepon ke modem dicabut, karena walaupun listrik sudah dimatikan, petir akan menyambar lewat kabel telpon yang terhubung ke modem.  Lebih baik mencegah daripada harus lebih banyak keluar biaya untuk perbaikannya."Semoga pengalaman ini bermanfaat".
Share this article :

2 komentar:

  1. lain waktu janjian dulu mas sama petir nya. he he..

    BalasHapus
  2. Iya. nih mas.. petir.. mau bertamu kok gak ngomong-ngomong ya, maunya ketuk pintu dulu gitu.. (aneh-aneh aja mas Afrid..hehe)

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger