Home » » Sepertinya plagiat tidak bisa dihindarkan

Sepertinya plagiat tidak bisa dihindarkan

Written By Parmin Prim on 23 April 2011 | 16.34

Sebuah kata yang sepertinya tidak asing lagi di telinga kita "Plagiat".  Ya, Plagiat bisa diartikan meniru, menyontek, menjiplak, mencuri, nyolong, ngambil gak ngomong.. dst..dst.  Pokoknya arti mudahnya adalah "mengambil sesuatu dari pihak lain tanpa minta izin terlebih dahulu".  Plagiat bisa merambah ke berbagai bidang dan lini kehidupan.  Nah, kata-kata yang saya tulis diatas walau maksudnya sama tapi penempatannya berbeda.  Seperti "mencuri, nyolong" ini biasa digunakan untuk benda-benda / harta milik pribadi atau kelompok yang nampak wujudnya.  Kalau plagiat biasanya lebih mengarah kepada harta yang tidak nampak wujudnya secara konkret (dalam bahasa akuntansi disebut aktiva tidak berwujud), seperti hasil karya cipta cetakan, seni karya sastra, musik, film, Aplikasi komputer, budaya, teknologi, ide, gagasan,  dan sejenisnya.

Lalu? Apa dan bagaimana serta sampai dimana batasan sebuah plagiat?. Sampai sekarang orang masih bingung dimana batasan sebuah plagiat.  Kalau sudah ada yang melakukan tuntutan, barulah sebuah plagiat terungkap.  Kalau belum ada yang menunutut, maka plagiat tidak akan terdengar, bahkan adem ayem saja.  Padahal yang namanya plagiat ada yang nuntut atau tidak, ada yang dirugikan atau tidak tetap namanya plagiat.  Hal ini karena batasan sebuah plagiat itu susah untuk diukur.  Menurut si A itu plagiat, tapi menurut si B itu terinspirasi.  Lho mana yang bener.

Apakah batasan plagiat juga bisa diukur kalau sudah dipaten-kan.  Artinya kalau sudah dipatenkan maka orang lain yang membuat duplikatnya di cap sebagai plagiat atau diukur menurut asal-usul suatu produsen daerah tersebut walaupun belum dipaten-kan. Wah ..makin bingung.

Contoh Kasus.
  1. Pembuatan gambar-gambar merk suatu produsen tertentu apakah juga merupakan plagiat apalagi kalau sudah dikomersialkan. Misal aku buat baju dengan desain logo google, yahoo, facebook, twitter, logo monumen bersejarah : monas, rumah gadang, ...terus.. gambar toyota, komputer apple, gambar win, gambar Donal Bebek, gambar pesawat, gambar kapal dan sejenisnya..dan apakah aku harus minta izin dulu.  Kan.. di komesialkan tuh...
  2. Bagaimana dengan plagiat suatu ide, gagasan, inovasi.  Sebuah produsen akan mengeluarkan produk baru dan akan launching bulan depan.  Tahu-tahu ketahuan sama kompetitornya. Akhirnya kompetitornya yang duluan me-launching produk yang sama tersebut. Siapa yang salah?
  3. Setiap ada produk baru pasti akan diikuti oleh produk sejenis dari produsen lain.  Begitu ada motor matic, pasti akan keluar matic dari produsen lain.  Begitu ada situs jejaring, akan keluar situs sejenis.  Begitu ada HandPhone layar sentuh, maka muncul jenis HandPhone layar sentuh dari produsen lain. Begitu ada Musik aliran melow.. eeh ada yang ikut melow juga.  Gimana nih....!!
  4. Baru-baru ini ada kasus Perusahaan Aple menggugat samsung mengenai Galaxy Tab dan Galaxy S nya yang dianggap Apple menjiplak bentuk Produk-produk mereka.  Belakangan Samsung menuntut balik yang menurut pihak Samsung bahwa apple menjiplak lebih dahulu. Waduh.. makin bingung, mana yang benar.
Pembahasan Plagiat akan terus berlanjut dan tidak akan berhenti sepanjang zaman. Karena sesuatu akan mempengaruhi sesuatu yang lain.  Keberagaman budaya dan hasil karya cipta manusia merupakan perkembangan dari ilmu pengetahuan yang diberikan Tuhan.  Bahkan ada kalanya dengan adanya pembajakan dapat mempopulerkan suatu produk tertentu.  Bukannya kami setuju dengan pembajakan lho, tetapi untuk mengantisipasi pembajakan memang sulit dilakukan karena batasan pembajakan itu sampai dimana, belum jelas.Bagimana menurut anda ?
     
    Share this article :
    Comments
    0 Comments

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Popular Posts

    Posting Update

    Chat Langsung

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Follow by Email

     
    Support : Primaya | Masprim | My Facebook
    Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
    Template Source from Creating Website
    Proudly powered by Blogger