Home » » Trik bagi yang kekurangan ide ngeblog

Trik bagi yang kekurangan ide ngeblog

Written By Parmin Prim on 08 April 2011 | 12.11

Yang paling utama dalam ngeblog adalah adanya postingan.  Ya, dengan adanya postingan menandakan bahwa blog itu masih bernyawa alias masih hidup.  Coba kita bayangkan kalau sebuah blog tidak ada postingan, apa yang akan dilihat oleh pengunjung ?.  Karena itu postingan merupakan hal yang sangat penting dan utama.  Sehingga seorang blogger tidak ada yang lain, kecuali cuma buat postingan dan memposting terus-menerus sampai batas waktu yang tidak ditentukan.  Mudah kan....!
Kelihatannya mudah, tapi setelah dipraktekkan kok ternyata susah ya. Masalahnya kalau cuma nulis doang semua orang bisa, asal ada bahan langsung deh di ketik. Tapi ide untuk menulis itu yang tidak selalu ada setiap saat.  Kadang hari ini ada ide, tahu-tahu belum sempat di tulis, eh sudah hilang.  Nah, mungkin tips berikut ini bisa membantu bagi anda yang sering kekurangan ide atau menyelamatkan ide supaya sempat diposting di blog kesayangan anda.
  1. Memposting berita yang lagi hot
    Berita yang hot/heboh selalu mendapat traffic yang tinggi.  Karena orang penasaran ingin mengetahui info beriktunya.  Nah, gak ada salahnya kita ikut nimbrung memberikan info sepanjang yang kita tahu.  walaupun berita hot biasanya sudah muncul di TV, koran majalah, situs berita terkenal, radio, dan lain-lain, tapi gak ada salahnya kita pun ikut berpartisipasi memberitakannya.  Tentunya lebih baik dengan tulisan sendiri.
  2. Tulislah, walaupun itu cuma judul
    Semua orang pasti ada ide dan inspirasi.  Cuma kadang-kadang kita sendiri yang membunuh ide tersebut dan kita abaikan.  Karena itu bila ide itu muncul langsung saja di posting, tetapi jangan di publikasikan dulu, simpan dalam bentuk Draft. Walaupun cuma judul doang, gak masalah.  Apalagi  mungking saat kita punya ide, timingnya gak tepat, misalnya lagi banyak kerjaan dan sebagainya.  Jadi, dimpan dulu, kemudian nanti disambung lagi bila sudah ada waktu senggang dan langsung bisa di publikasikan.
  3. Siapkan peralatan ngeblog
    Peralatan ngeblog akan memudahkan kita dalam membuat psstingan  supaya cepat terpublikasi. Dalam hal misalnya kabel data HP ke Komputer, mana tahu foto masih tersimpan di memory card HP.  Jadi, pas mau posting malah gak bisa menampilkan fotonya, padahal foto itu penting dalam postingan tersebut.  Dalam hal ini termasuk juga apliaski di Komputernya juga misalnya : Program gambar (Photoshop), Aplikasi kompres data (Winrar), dan lain-lain yang sering dibutuhkan
  4. Kalau ide itu muncul jangan ditunda
    Ya, jangan ditunda kalau ide sudah muncul.  Tapi masalahnya kadang-kadang ide itu muncul, tapi waktunya gak pas, misalnya saat di mobil, di motor di kamar mandi. Solusinya catat saja dulu di kertas judulnya saja, jadi memang sebaiknya bawa pena dan kertas kecil. Tapi kalau saat di motor, ya harus di ingat-ingat sampai kita bisa mencatatnya.
  5. Jangan terfokus pada niche
    Niche yaitu membagi segmen target pengunjung dengan memilih topik tertentu.  Misalnya anda ingin ngeblog tentang "teknisi komputer".  Info yang ditampilkan tentu membahas seputar instalasi, jaringan , perbaikan komputer dan lain-lain.  Jadi niche anda adalah "teknisi komputer".  Tetapi sekali-sekali bolehlah masukkan info lain yang tak ada hubungannya sama sekali, misalnya berita-berita yang lagi panas saat ini seperti heboh video aksi polisi Lipsync. Padahal blog ini kan tentang tutorial ngeblog, nggak nyambung kan?  Tapi gak apa-apa supaya bisa terus memposting he.. he... he..!
  6. Bedakan postingan berita dan Tips/Tutorial
    Postingan berupa berita intinya harus update yaitu sesuai dengan kondisi saat ini.  Kan aneh kalau anda sekarang masih memposting tentang "Video Unik Keong Racun Shinta dan Jojo". Padahal itu kan berita udah setahun yang lalu.  Tapi kalau postingan tentang tutorial atau tips punya rentang yang panjang, misalnya "Cara instal windows XP". Nah, kalau ini kan untuk 5 tahun ke depan pun masih tetap caranya, bahkan 10 tahun pun sama.  Jadi , Khusus untuk postingan update berita memang harus mengikuti perkembangan informasi.
  7. Gunakan gaya bahasa bebas
    Penggunaan bahasa postingan tidak ada autrannya, tetapi harus mudah di cerna dan dimengerti oleh rang awam sekalipun.  Jadi, tidak perlu bertele-tele, namun simple dan jelas. Kalaupun ingin supaya postingan panjanga, anda harus memperluas cakupan cerita postingan tersebut, tetapi tetap mengarah kepada tema itu.
Itulah kira-kira tips dari saya agar tetap membuat postingan dan tidak kekurangan ide buat postingan dan tetap semangat. Apakah ada yang mau nambahin ?
    Share this article :

    1 komentar:

    Popular Posts

    Posting Update

    Chat Langsung

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Follow by Email

     
    Support : Primaya | Masprim | My Facebook
    Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
    Template Source from Creating Website
    Proudly powered by Blogger