Home » » Selamat Idul fitri buat yang merayakan hari Selasa, 30 Agust 11

Selamat Idul fitri buat yang merayakan hari Selasa, 30 Agust 11

Written By Parmin Prim on 30 Agustus 2011 | 12.53

Kebingungan tadi malam yang melanda umat Muslim di tanah air terjawab sudah.  Bahwasanya Lebaran Idul Fitri di tetapkan oleh Pemerintah jatuh pada hari Rabu, 31 Agustus 2011.  Memang sih tadi malam selepas berbuka (azan magrib) biasanya orang langsung takbiran, tapi kok ya aneh gitu.  Tidak ada satupun masjid / mushola yang tabir.  Lalu saya coba jelan-jalan keliling keluar rumah.  Dan terdengarlah beberapa masjid yang sudah takbiran, cuma tidak seramai yang biasanya bersahut-sahutan sana-sini.  Jadi tenang, berarti besok pagi (hari ini, red), sudah lebaran. Dan istri tercinta pun dengan tenangnya masak untuk di bawa ke rumah orang tua.


Tapi dalam ketenangan itu, tiba-tiba ada seseorang yang memberi informasi bahwa besok pagi masih puasa. Dengan rasa yang tidak percaya, aku cari infonya lewat internet. Benar saja, info di kompas, bahwanya lebaran idul fitri jatuh pada hari Rabu, 31 Agustus 2011. Dengan hati yang gundah + penasaran +  plus galau dan plus-plus lainnya, ku baca info dari kompas itu.  Dan memang sudah diputuskan hari selasa masih puasa dan lebaran hari Rabu.

Kejadian perbedaan idul fitri bukan kali ini saja terjadi. Dalam beberapa tahun silam pun juga sering terjadi, dimana pada umumnya adalah ormas terbesar Muhammadiyah dan NU (Pemerintah) yang biasanya selalu berbeda.  Menilik masalah ini, kalau dulu perbedaan penetapan jatuhnya Idul Fitri biasanya sudah diketahui dalam beberapa hari sebelum hari H-nya, tidak seperti tahun ini dimana penetapannya cenderung sangat mendadak.  Bayangkan, penetapan dari Pemerintah baru diketahui setelah maghrib, pada jam 08:30, kan jadi tidak sholat tarawih tadi malam.  Selain itu orang-orang sudah pada takbiran, semua persiapan sudah dilakukan, rencana sudah di susun dan lain sebagainya.  Jadi dengan keputusan mendadak tersebut akan mempengaruhi berbagai macam aktivitas, bahkan ada yang ragu-ragu mau puasa apa tidak, bahkan ada yang tidak berpuasa pada hari selasa, tapi sholat Ied-nya pada hari Rabu.  Lain kalau halnya memang berpedoman kepada keputusan Muhammadiyah yang menetapkan bahwa lebaran jatuh pada hari selasa (30 Agustus 2011), itu tidak ada masalah. 

Sebenarnya perbedaan itu tidak masalah bagi kami, tapi apakah bisa penetapannya tidak mendadak seperti tadi malam? Ya, kami memang tidak tahu apa-apa tentang penentuan kapan saat awal Ramadhan dan saat Idul Fitri. Kami serahkan sepenuhnya kepada mereka yang ahli dibidangnya.  Cuma untuk tahun-tahun mendatang agar bisa lebih arif dan bijaksana dalam menentukan keputusan tersebut, minimal tidak mendadak.  Atau bisa juga tanggal di kalender tidak usah dibuat merah, supaya masyarakat tidak terpengaruh dengan tanggal merah tersebut.

Tapi kalau memang itu sudah keputusan-nya, ya gimana lagi.  Semoga kita semua diberi kesabaran dan keikhlasan dengan semua ini dan yang pasti keputusan yang telah dibuat oleh para pemimpin umat merupakan hasil yang sudah maksimal.  Dan kepada saudara-saudari ku yang melaksanakan Idul Fitri hari ini, selasa 30 Agustus 2011, kami mengucapkan "Selamat ber hari Raya Idul Fitri,Minal aidin wal faizin, Mohon maaf lahir dan batin"...!!! Mari tetap kita jaga persatuan dan kesatuan umat.

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger