17 September 2011

Belajar HTML Dasar menggunakan Notepad++

HTML atau Hypertext markup language adalah  merupakan bahasa dasar dalam membuat web.  Penulisan HTML bisa ditulis dalam berbagai aplikasi Web editor. Walaupun saat ini sudah banyak aplikasi Wysiwyg (what you see it what you get), dimana kemudahan-nya adalah tinggal klik sana klik sini, namun bagi para programmer web haruslah mengerti bahasa HTML ini.  Untuk memahami HTML tidaklah sulit, karena sudah ada bentuk umumnya.

Pada postingan terdahulu kami sudah pernah membahas tentang HTML ini dalam Inilah Dasar HTML. Disana dibahas tentang dasar-dasar bahasa HTML bagi pemula lengkap dengan gambar-gambar yang akan memudahkan bagi anda dalam mempelajarinya.  Nah, aplikasi yang digunakan adalah Notepad dimana aplikasi notepad ini adalah bawaan windows, sehingga anda tidak perlu menambah aplikasi ini, karena windows sudah menyediakannya.  Tampilan notepad sangat sederhana sekali, tidak ada perintah menu toolbar (perintah bergambar).

Untuk memudahkan belajar HTML ini, anda bisa gunakan aplikasi tambahan yang lebih lengkap dari notepad, yaitu Notepad++. Dengan Notepad++ sudah dilengkapi dengan perintah bergambar (menu toolbar), jadi anda bisa melakukan perintah berupa icon-icon. Kelebihan lainnya adalah, baris perintah ditandai dengan nomor-nomor berurutan, selain itu perintah HTML ditandai dengan warna-warna yang memudahkan kita dalam mengoreksi kesalahan penulisan HTML.  Dan yang menarik lagi adalah perintah awal dan akhir dari HTML ada garis penghubung.

Bandingkan aplikasi Notepad <> Notepad++ dibawah ini

Aplikasi Notepad

Aplikasi Notepad++

Apakah ada yang mau coba? Download dulu aplikasinya disini.

Download Aplikasi Notepad++ Gratis

2 comments:

  1. seperti yg telah digambarkan diatas, notepad biasa tampilannya standar, sedangakn di notepad++, sudah berwarna warni untuk peng-kodean-nya, sudah ada baris kode, sehingga lebih mudah untuk memahami urutan HTML-nya.

    ReplyDelete
  2. notepad++ emang mantap gan buat edit HTML, aplikasi yang ringan tapi tetap power full

    ReplyDelete

YOUR COMMENTS

Post Favorit

Konsistensi

Konsistensi atau konsisten adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan atau tidak ada batas sama sekali....

Popular Posts

Author

Newsletter