Home » » Waduh, nokia tutup pabrik dan rumahkan 3.500 karyawan

Waduh, nokia tutup pabrik dan rumahkan 3.500 karyawan

Written By Parmin Prim on 30 September 2011 | 18.00

Dunia teknologi terus berubah setiap saat.  Pergeseran fenomena teknologi kian melaju dan meleset bagai panah yang keluar dari busurnya. Karena tidak ada yang tetap, yang tetap adalah perubahan.  Perubahan dari semua bidang dan semua lini kehidupan.  Dari berbagai teknologi dan inovasi manusia terus diciptakan.  Semakin lama teknologi semakin murah.  Hal ini dikarekana ilmu terus berkembang.  Yang dulu hanya segelintir orang yang bisa membuat inovasi teknologi, maka tinggal menunggu waktu orang lain akan membuat yang sama.  Bahkan bisa membuat produk yang sama, fasilitas sama tapi harga bisa sangat murah.  Contoh produk Cina.  Pesaing lain seperti produk Samsung juga sangat diminati.



Nokia yang dulu merajai teknologi handphone, kini harus mengakui kehebatan pesaingnya.  Nokia digilas dari berbagai macam pesaing dari seluruh dunia.  Hanphone baru terus bermunculan menawarkan kelebihan-nya masing-masing.  Karena itu pihak Nokia tidak tinggal diam, untuk melawan pesaingnya tersebut.  Mulai bekerja dengan microsoft, mengembangkan teknologi baru dan lain-lain.  Namun pasar tetap bergerak ke arah lain.  Mungkin orang ingin mencoba sesuatu yang baru, apalagi dengan harga yang super murah, fasilitasnya pun lengkap.  Masalah kualitas tidak dihiraukan bagi konsumen.  Kalau rusak...ya beli lagi.kan murah.  Karena itu dengan sangat terpaksa Nokia harus menutup pabriknya di Romania.  Sesuatu yang sangat disayangkan, tapi apa boleh buat karena tidak ada cara lain.  Bahkan yang lebih parah lagi Nokia harus merumahkan 3.500 karyawannya.  Selain di Romania, Nokia juga akan meneliti lebih lanjut pabrik yang ada di Finlandia, Hongaria dan Meksiko.  Dan kemungkinan karyawan yang akan di pecat tahun depan makin bertambah.

Itulah dunia bisnis.  Ada saatnya di atas, lain waktu berada di bawah.  Ada yang menang dan ada yang kalah.  Dan ini sesuatu hal yang biasa. Yang jelas Nokia sudah pernah menjadi raja HP sejak beberapa dekade. Bahkan ada yang mengatakan dulu Nokia adalah HP sejuta umat. Tetap salut buat Nokia.

Referensi : Kompas
Share this article :

3 komentar:

  1. liat gambar paling atas jd ingat hp pak parmin dulu..heheheh

    BalasHapus
  2. he he he.. Jadi ingat masa lalu tapi Hp pertama Bpk mah bukan Nokia..tapi Erricson waktu itu.

    BalasHapus
  3. iya kan mirip itu yah? ada anten nya...:)

    ^_^

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger