Home » » Susahnya menjaga kesehatan gigi

Susahnya menjaga kesehatan gigi

Written By Parmin Prim on 03 Oktober 2011 | 08.10

Akhir-akhir ini kalau makan kue, atau makanan ringan gigi langsung terasa ngilu.  Begitu makanan di di gigit langsung mak cleng.. eh bahasa apa tuh mak cleng.  Pokoknya gitu dech.. rasanya langsung di sekitar geraham kiri dan kanan terasa ngilu.  Penyebab dari semua ini adalah dari pola makan yang tidak teratur.  Dimana beberapa waktu ini suka makan makanan yang dingin seperti es, sementara kadang-kadang berubah makan makanan yang panas.  Apalagi kalau sarapan pagi tuh, maunya makan yang panas, agar makan jadi nikmat.  Tapi akibatnya ya..jadi begini gigi jadi ngilu.

Gigi yang ngilu seperti ini, kata orang-orang bisa berakibat fatal, yaitu lama-lama jadi keropos dan berlobang.. waduh serem.  Nah, inilah akibat kebiasaan yang tidak baik dilakukan.  Coba kita lihat kebiasaan orang tua-tua kita dahulunya.  Mereka tidak mau makan yang panas-panas.  Bila nasi masih dalam keadaan panas, ditungguin dulu sampai dingin, baru dech.. dimakan.. Lha. kalau kita, begitu nasi diangkat langsung dech dimakan.  Ya, memang makan dalam keadaan panas tuh nikmat banget, apalagi nasi panas, ayam goreng masih anget, sayur begitu juga.  Pokoknya makan dalam keadaan panas membuat selera makan makin menggebu.  Tapi kita tidak memikirkan akibatnya.  Gigi jadi ngilu, apalagi kalau dilakukan terus menerus, bisa cepet keropos tuh gigi.



Gigi yang ompong, sikat giginya pun ikut ompong

Kita pasti pingin punya gigi putih, bersih seperti inikan ?

 Selain itu kebiasaan kebalikannya juga tidak baik.  Makan makanan atau minum yang dingin-dingin, apalagi setelah makan yang panas langsung minum yang dingin.  Lansung gigi mak nyiiingggg..!  Terus kalau waktu anak-anak sering makan bon-bon, alhasil gigi jadi keropos di makan ulat bon-bon.  Makanya banyak anak-anak giginya pada habis karena seringnya makan gula-gula.  Karena itu ada sebagian orang tua kita yang melarang anak-anaknya sering makan bon-bon karena takut giginya keropos.

Ya, itulah kadang-kadang kita ini terlalu ceroboh dan tidak memikirkan akibat kebiasaan yang buruk tersebut.  Makan yang penting nikmat, enak dan nyaman.  Padahal disebalik itu ada akibat yang sangat buruk bagi kesehatan gigi kita. Kita semua pengen-kan punya gigi yang putih, bersih kalau perlu bersinar....kayak "cling". Ya..itulah susahnya menjaga kesehatan gigi.

Pict source : google
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger