Tutorial Komputer, Website, Blogger dan Surat

Full Arsip Surat

Download segala jenis surat yang anda butuhkan.

Dasar-dasar blogging

Belajar ngblog bagi pemula dan tingkat lanjut.

Belajar Web Desain

Panduan membuat website secara mudah dan cepat.

Desain Grafis

Trik dan Tips Desain grafis khususnya Photoshop.

Info Teknologi

Info seputar Teknologi dan Internet

19 June 2011

Convert to WAV, MP3, WMA, OGG, AAC, M4A, FLAC, MP2

Berbagai jenis format Video maupun audio menjadikan player juga berbeda-beda.  Kadang kala tidak tersedianya player untuk memutar format tertentu menjadi kendala yaitu sebuah file audio video tidak bisa dimainkan di player yang tidak mendukungnya.  Bila kita tidak bisa  menemukan player yang tepat, cara paling akhir adalah merubah jenis file tersebut (convert data).

Ada banyak software untuk meng-convert file audio video.  Dari yang gratis sampai berbayar ada semuanya.  Nah, kami akan coba memberikan aplikasi audi video untuk konversi file audio video yang mungkin jarang digunakan.  Tapi, siapa tahu dari pembaca ada yang kebetulan cocok dengan aplikasi ini dan aplikasi ini gratis alias tidak berbayar.  Aplikasi ini meng-convert data audio video menjadi format : WAV, MP3, WMA, OGG, AAC, M4A, FLAC atau MP2.  Ya, ini hanya khusus untuk file yang disebutkan tadi.  
Ada yang ingin coba? Silahkan download di bawah ini :
Share:

Situs animasi kursor

Anda bosan dengan bentuk kursor yang itu-itu saja? Atau mungkin ingin menambah koleksi bentuk kursor komputer anda? Disini akan ditampilkan beberapa bentuk kursor / penunjuk mouse komputer anda. Silahkan anda cari sesuka hati dan dowonload.  Rata-rata ukuran filenya kecil, jadi jangan takut akan koneksi internet anda.  Selain bentuk kursor yang default ada juga dengan bentuk animasi, jadi makin enak dipandang mata. Langsung saja klik daftar situs penyedia bentuk kursor/penunjuk mouse di bawah ini :
Share:

18 June 2011

Foto Frame alternatif buat bingkai foto

Pemanfaatan internet untuk media editing secara online saat ini sudah banyak dilakukan.  Kalau sebelumnya ada photoshop online, dimana kita membuat berbagai desain gambar maupun foto secara online (terhubung ke internet.  Nah, khusus untuk editing foto dimana kita membutuhkan bingkai atau frame, kita bisa memanfaatkan frame foto secara online. 

Loonapix.com.  Sebuah situs yang menyediakan berbagai macam frame dan desain yang siap pakai untuk foto anda.  Tidak perlu mendaftar, anda langsung bisa mengupload foto anda dan pilih efect yang disediakan.  Selain itu dengan Loonapix.com gambar langsung bisa di kirim ke e-mail teman serta bisa di sharing ke berbagai sosial media seperti facebook, blogger, myspace, fiendster dan lain-lain dengan mengambil kode yang telah disediakan.  Fasilitas lainnya adalah menyediakan gambar manusia yang bisa diganti dengan potongan wajah kita sendiri. Jadi wajahnya dari kita, badannya dari desain yang sudah tersedia.




 
Share:

Sharing postingan otomatis blogspot ke facebook

Kali ini primaya.blogspot akan memberi tips tentang cara sharing postingan otomatis dari blogspot ke facebook.  Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para blogger untuk memperluas postingannya dibaca oleh orang lain.  Apalagi bagi blogger yang punya banyak teman di facebook. Begitu anda mempublis postingan blogger anda dalam beberapa lama langsung terposting otomatis di halaman facebook anda tanpa harus login lebih dahulu.  Teks yang tampil di halaman facebook tentu tidak semua postingan, tetapi tampak beberapa teks dan akan disambung dengan "Selengkapnya" yang menunjukkan link ke blog anda. Sebenarnya banyak cara yang dilakukan untuk men-sharing otomatis dari blogger ke facebook, misalnya RSS Graffiti dan Twitterfeed dan lain-lain.  Di sini akan dibahas salah satunya yaitu menggunakan aplikasi facebook RSS Graffiti.  Langkahnya sebagai berikut :
  1. Buka alamat http://apps.facebook.com/rssgraffiti/
  2. Login ke Facebook anda, dan izinkan aplikasi untuk mengakses akun facebook anda
  3. Klik Add New feed dan isi data pada kolom isian
    Feed URL = nama feed blog anda, misalnya http://primasoft.blogspot.com/feeds/posts/default.  Untuk mengetahui alamat Feed blog anda klik disini.
    Source Name = Nama judul blog anda
    Source URL = Nama alamat blog anda
     
  4. Setelah itu klik Save, dan setiap anda posting di blogger, tunggu beberapa saat.  Buka akun facebook anda, maka akan terposting secara otomatis. 
  Mudah bukan..!
Share:

17 June 2011

Aplikasi radio screamer online

Saat ini mungkin pendengar radio konvensional sudah mulai berkurang.  Karena derasnya teknologi dan informasi yang membuat berbagai pealatan selalu mengikuti arus.  Semua itu ada masanya.  Orang cenderung menggunakan peralatan yang simple, aman, nyaman dan berbagai kemudahan lainnnya.  Sama halnya dengan radio konvensional dimana siarannya bisa di dengarkan sambil tiduran, sambil nyangkul, sambil bersih-bersih kamar dan lain-lain.  Ya, memang sangat praktis kedengarannya.  Tapi orang ingin lebih dari itu.  Kalau dulu satu perangkat/peralatan hanya khusus untuk radio saja.  Nah, sekarang bagaimana satu perangkat atau alat bisa multi fungsi. Jawabannya "Internet".  Ya, dengan internet kita bisa melakukan apa aja. Bisa mendengarkan siaran, radio, televisi, baca berita.. dan seabrek informasi bisa kita dapatkan.

Nah, dalam postingan kali ini akan dibahas tentang aplikasi radio streaming online "Screamer radio online". Kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendengarkan siaran radio online langsung dari interner.  Tentunya sebaiknya internet anda dalam kondisi bagus dan speed yang lumayan, karena kalau tidak mungkin siarannya akan terputus-putus tergantung koneksi internet anda.  Screamer radio online terhubung dengan radio online ke berbagai negara di dunia termasuk asia, amerika, antartika dan lain-lain lengkap dengan nama negara dan radio yang sudah terdaftar di aplikasi tersebut. 

Ada yang mau coba aplikasi Screamer radio online ?



Apabila ada radio kesayangan anda yang mungkin belum terdaftar, anda bisa juga menambahkan dengan terlebih dahulu mencari alamat radio streamingnya di internet di google dengan keyword radio online indonesia atau salah satunya bisa klik disini. Dan untuk memasangnya copy-kan terlebih dahulu alamat radio online salah satu radio lalu pada aplikasi Scramer pilih File, Open URL, bila alamat sudah tampil langsung aja OK.


Selain itu uniknya aplikasi screamer radio online juga bisa digunakan untuk merekam siaran yang lagi online tersebut untuk didengarkan lain waktu.
Share:

13 June 2011

Free download driver Cannon Pixma iP1800/iP1880

Printer Cannon Pixma iP1800/iP1880 merupakan generasi yang terbilang sudah lama.  Saat pun kalau saya kesulitan mencari jenis printer tersebut.  Kenapa ya, aku masih mencari printer jenis lama tersebut? Ya, karena printer ini termasuk bandel alias lumayan bagus.  Kemaren sempet muter-muter di beberapa toko komputer, dan sangat susah untuk mendapatkannya.  Banyak yang bilang sudah gak keluar lagi, stok habis dan lain-lain.
source picture : inkjet-laser.com

Akhirnya dengan berat hati, beralih ke printer jenis terbaru yaitu Canon iP2770 (untuk drivernya bisa juga pakai Cannon yang iP2700, ada disini), padahal sudah gandrung tuh sama printer yang sebelumnya, tapi gak apa-apa mau coba yang terbaru.  Oh ya, bagi kamu yang mungkin masih pakai Printer Cannon iP800 atau iP1880, yang merupakan generasi lama, siapa tahu drivernya udah pada hilang.  Nih, kami siapkan drivernya,silahkan download di bawah.

Share:

10 June 2011

Andai aku dapat peti mati....!!!

Ya, peti mati memang lambang untuk akhir kehidupan di dunia ini.  Setiap orang pasti akan mati. Tidak peduli tua muda, kaya miskin, orang baik orang jahat, orang kota orang udik, kalau sudah sampai masa yang dijanjikan pasti akan dapat peti mati.  Ikhlas atau tidak ikhlas, rela atau terpaksa pasti akan di beri peti mati.  Ini berlaku tentu kalau jasadnya masih ditemukan, lain halnya kalau jasad tidak ditemukan, misalnya tenggelam, terbakar, mati dihutan, dan lain sebagainya.  Tapi kalau jasad ditemukan, peti mati akan membawanya ke hadirat Ilahi.

sumber gambar : okezone.com

Berkenaan dengan peti mati itu.  Sebuah ide muncul untuk memperkenalkan sebuah produk baru, sebuah inovasi baru dan sebuah ide marketing dan pemasaran yang kelihatan nyeleh dan aneh.  Ya, sebuah perusahaan Buzz dan Co melakukan cara ini untuk menarik orang-orang dan masyarakat dalam memperkenalkan produk terbarunya.  Mereka akan menerbitkan sebuah buku dengan judul "Rest In Peace Advertising" yang di tuliskan pada sebuah kertas dalam peti mati itu.  Di situ juga tertulis alamat web www.restinpeacesoon.com dan password yang telah disediakan untuk masuk ke halaman internetnya.
Tak tanggung-tanggung, ada sekitar 100 peti mati yang akan dikirmkan ke sejumlah perusahaan, umumnya perusahaan-perusahaan yang sudah punya nama. 

Kalau kita kaji, ide dari CEO Buzz dan Co, Sumardy tersebut, memang sesuatu hal yang tidak biasa dan terkesan aneh dan ini baru terjadi di Indonesia.  Karena itu polisi pun harus turun tangan mengamankan kondisi dan situasi.  Ada yang mengatakan bahwa model marketing dengan cara mengirimkan peti mati kurang pas di Indonesia dengan melihat kultur budaya dan norma masyarakat.   Aku pun seandainya datang peti mati ke hadapan ku yang jelas pastinya kaget, dan ada juga perasaan takut.  Apalagi akhir-akhir ini lagi zamannya teror bom pakai kiriman paket.  Tapi kalau secara bisnis pemasaran, memang CEO itu sudah menghebohkan masyarakat sehingga jika dilihat dari kaca mata marketing sudah berhasil.  Wahh... sungguh sesuatu yang luar biasa.  Bagaimana tanggapan anda?
Share:

03 June 2011

Mengetahui alamat feed blog

Alamat feed dalam blog maupun situs sangat penting.  Karena ini bisa digunakan sebagai kunci untuk link atau sharing ke berbagai sosial media internet.  Selain itu feed juga digunakan untuk menghubungkan postingan blog kita ke alamat e-mail pengunjung yang sudah terlebih dahulu mendaftar di feed yang sudah kita pasang di blog kita.

Nah, karena itu kita harus mengetahui apakah nama alamat feed blog kita.  Caranya sangat mudah sekali.
  1. Buka browser internet anda, dan ketik alamat blog anda di adress bar

  2. Klik Icon Feed di sebelah kanan dari adress bar tersebut dan klik Subscribe atom yang merupakan feed posting default blog anda

  3. Setelah anda klik, maka akan terlihat alamat feed blog anda di adress bar
  4. Silahkan gunakan alamat feed anda untuk berbagai keperluan men-sharing postingan blog anda. Misalnya sharing otomatis blogger ke facebook.
Share:

01 June 2011

Edit Foto online keren picnik

Semenjak situs jejaring menjadi kebutuhan setiap orang.  Maka setiap orang ingin memberikan update setiap hari bahkan setiap saat.  Baik berupa update status maupun foto bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan perangkat PC, Handphone ataupun laptop.  


Selain itu berbagai aplikasi turut berkembang dan bertambah setiap saat untuk menambah kemudahan bagi pengguna situs jejaring tersebut.  Anda bisa mengedit foto, gambar secara online hanya dengan satu klik dengan menggunakan picnik.com.  Di picnik.com anda tidak harus mendaftar, cukup upload foto anda dan langsung bisa menambahkan variasi foto berupa bingkai, penambahan efek cahaya, ketajaman gambar, blur, dan seabreg fasilitas lainnya. Pilihan yang disediakan ada yang berupa gratis dan ada yang premium.  Kalau gratis tentunya anda hanya bisa menggunakan variasi yang sudah disediakan, dan bila ingin yang lebih maka anda harus memilih yang premium alias bayar.
Yang paling asyik adalah kita bisa mengambil gambar bisa dari komputer, dari web cam langsung, dari situs lain dan bahkan bisa langsung dihubungkan dengan berbagai layanan photo sharing seperti picasa web album, twitter, flickr, facebook, dan bisa juga dikirim via email serta bisa dicetak langsung. Pokoknya komplet dech....!!.

Ada yang penasaran, segera meluncur ke situsnya : www.picnik.com
Share:

Masalah dan solusi Open Source/Linux

Program open source menawarkan alternatif bagi pengguna software komputer.  Selama ini kita menggunakan software propietary dimana software tersebut berbayar alias tidak gratis.  Sudah merupakan berita yang tidak asing lagi kalau Indonesia merupakan pembajak software yang sangat tinggi.  Berita terbaru mengatakan bahwa tingkat pembajakan di Indonesia dari 2010 ke tahun 2011 bukannya turun malah mengalami kenaikan.  Padahal berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak-pihak terkait, termasuk kepolisian yang melakukan razia di berbagai tempat untuk menekan angka pembajakan software, namun belum menunjukkan hasil yang memuaskan, bahkan pihak kepolisian dibuat bingung oleh maraknya aksi pembajakan ini.

Di sisi lain, ada anak bangsa yang berjuang untuk memajukan perkembangan IT di Indonesia.  Mereka memberikan solusi dan alternatif bagi mereka untuk beralih dari software ilegal ke legal, dari software berbayar ke software gratis (walaupun tidak gratis 100%, tetapi harga lebih murah), dari ancaman virus ke jarang terkena virus. Tetapi sampai saat ini, perkembangan Open Source sebagai solusi tersebut belum menampakkan hasil yang maksimal.  Padahal saya yakin dalam hati para pemakai komputer masih ada keinginan menggunakan peralatan yang legal, bebas virus dan murah tentunya.  Tetapi kenapa susah untuk beralih ? Kenapa berat hati ini untuk menggunakan sesuatu yang legal, aman, murah dan terhindar dari rasa takut dirazia?

Ada beberapa masalah yang menurut penulis kenapa Open Source belum menunjukkan perkembangan dan ini merupakan masalah kita yang harus kita cari jalan keluarnya demi perkembangan IT Indonesia.  Masalah tersebut antara lain :
  1. Mindset
    Ya,pola pikir. kita masih belum bisa menerima sesuatu yang baru, kita inginnya serba instan, cepat, running dan pekerjaan beres.  Padahal di dunia ini tidak ada yang instan, kecuali mie instant, he he.he.. Padahal mie instan juga harus dimasak-kan...Kita masih mau di ninabobokkan oleh software yang biasa kita gunakan.  Padahal mungkin yang kita gunakan itu ilegal (tapi tidak semua lho).  Karena semua itu butuh belajar dan belajar. Untuk menggunakan office 2003 ke 2007 saja kita butuh belajar, padahal masih satu developer. Dan sekarang sudah banyak distro-distro linux yang hampir mirip dengan pekerjaan yang kita lakukan menggunakan aplikasi sebelumnya, tapi kenapa kita tidak mulai untuk mencobanya?
  2. Cuek terhadap hukum pembajakan atau harga propietary terlalu mahal ?
    Antara cuek terhadap hukum pembajakan dan software yang telalu mahal memang sangat membingungkan. Ada sebagian orang yang memang mampu untuk beli software asli dan tidak membajak. Kalau ini tidak masalah.  Tetapi bagi mereka yang menganggap software berbayar terlalu mahal, jelas akan melakukan pembajakan yang sebenarnya ilegal. Selain itu juga karena banyak orang yang menggunakan software berbayar, sehingga mereka pun harus menggunakan OS yang sama, supaya tidak mengalami kendala dan permasalahan pada akhirnya.
  3. Pemerintah memegang peranan yang sangat penting
    Saat ini kurikulum pendidikan bidang IT di sekolah-sekolah lebih banyak menggunakan software proprietary yang sebenarnya harus di lisensi.  Coba kita survei berapa banyak yang menggunakan lisensi? Artinya di sini pemerintah hendaknya menggalakkan bahkan kalau perlu mewajibkan program open source yang memang freeware sekaligus mendidik anak-anak menggunakan program yang legal.  Sehingga pendidikan untuk menghargai HAKI sudah dimulai sejak usia pendidikan sekolah dimana akhirnya bisa membedakan mana yang legal maupun yang ilegal. Kurikulum pun saya lihat menggunakan aplikasi propietary, padahal komputer yang dipakai kebanyakan tidak semua lho merupakan barang bajakan. wah ironi sekali. Seharusnya kurikulumnya dibuat berbasis linux, sehingga komputernya akan ada program linux.
  4. Pelaku bidang IT
    Pelaku bidang IT termasuk para penjual, distributor dan para teknisi komputer.  Saat ini komputer yang dijual sudah banyak yang langsung di bundel menggunakan OS linux baik di laptop maupun PC, dan ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan.  Kemudian buat para penjual komputer seken, hendaknya langsung saja di instal open source sehingga masyarakat langsung terbiasa dengan open source. Para teknisi bidang linux juga masih sedikit, karena itu merupakan peluang bagi mereka untuk menjadi teknisi opens source yang handal. Jika sebelumnya masyarakat pakai aplikasi berbayar, terus komputernya rusak, dan panggil teknisi, mereka kan harus bayar.  Apa bedanya dengan linux, jika komputer linux-nya rusak, dan tentu harus panggil teknisi, juga harus bayar.  Jadi, sebenarnya masyarakat itu butuh ketersediaan perangkat yang cukup untuk komputernya termasuk teknisinya, hardwarenya, drivernya dan lain-lain.  Dan ini harus bisa di pecahkan oleh teknisi linux bersama komunitas pengembang linux.
  5. Masalah bagi pelaku usaha warnet
    Bagi pelaku usaha warnet sebenarnya mau pakai aplikasi apa saja tidak masalah, yang penting tidak mengganggu aktivitas kerja dan pelayanan pelanggan serta pengaruhnya setelah mereka berkunjung ke warnet kita.  Bagi pengusaha warnet tentu tidak ingin dengan menggunakan linux, pendapatan jadi berkurang karena kesulitan pelanggan menggunakan linux. Anggaplah pada saat main di warnet mereka masih bisa kita ajari menggunakan linux, lalu bagaimana setelah keluar dari warnet kita, dan dia membawa file linuxnya kemudian di buka di aplikasi berbayar, ternyata mengalami kesulitan. Dan ini sangat di kuatirkan sehingga mereka tidak mau datang lagi ke warnet kita.  Karena itu berhubungan dengan point 3 diatas, kalau di masyarakat sudah banyak juga yang menggunakan linux, saya kira semakin lama linux akan bisa mengatasi para pemakai komputer saat berpindah-pindah kemana saja.
  6. Banyak yang tidak tahu kalau yang dipakai itu ilegal
    Kebanyakan masyarakat pemakai komputer tidak mengetahui bahwa sofware di komputernya adalah ilegal. Ini berlaku bagi siapa saja, baik orang yang kelas bawah, kelas atas atau seorang pendidik bahkan seorang yang tahu hukum-hukum agama pun mereka kadang-kadang tidak tahu.  Yang tahu mereka hanya memakai komputer yang dia beli.  Hanya orang-orang yang berkecimpung di dunia IT saja yang tahu.  Ini sangat  ironis sekali. Kami tidak menyalahkan mereka yang tidak tahu, karena mereka memang tidak berkecimpung di dunia IT, tapi dunia yang berbeda.  Karena itu bagusnya buat orang-orang seperti itu saat membeli komputer langsung saja di instal-kan linux sehingga mereka akan terbiasa memakainya.
  7. Perusahaan/penyedia lapangan kerja dan Lembaga Komputer.
    Perusahaan merupakan tempat aktivitas bagi para pekerja dan Lembaga Komputer merupakan pencetak orang-orang yang akan bekerja.  Jadi hubunganya sangat erat.  Lembaga Komputer ingin anak didiknya menjadi orang handal dan ahli menggunakan komputer, baik sebagai operator maupun teknisi.  Lalu, bagaimana jika anak didiknya mahir di linux, tapi setelah dia bekerja rupanya menggunakan aplikasi lain yang tidak pernah diajarkan di sekolah maupun lembaga komputer. Begitu juga perusahaan, dia ingin kerjanya cepat, tepat dan OK. Makanya dia menggunakan aplikasi yang memang sudah banyak diajarkan di sekolah-sekolah.
  8. Apakah yang pakai linux orang IT ?
    Ya kebanyakan sekarang yang menggunakan linux /Open source adalah orang-orang IT, karena mereka suka sesuatu yang baru, suka mengoprek sistem dan membuat suatu perubahan-perubahan.  Nah, kalau orang awam ternyata tidak begitu bergairah menggunakan linux. Bahkan orang awam pun tidak tahu mereka pakai sistem apa.  Karena itu sebenarnya mereka hanya ingin kerjaannya selesai dan beres.  Mau pakai sistem apa tidak masalah.  Karena para penggiat linux hendaknya ada yang jadi pengusaha penjual komputer baru maupun seken dan di dalamnya langsung di instal linux, serta menyiapkan teknisi linux bagi masyarakat serta pelanggan yang bermasalah mengenai linux. Selain itu penggiat linux ada yang punya lembaga pendidikan komputer linux, yang menyiapkan anak didiknya menjadi programmer atau operator linux. Penggiat linux juga punya usaha warnet linux dan lain-lain.  Dan ini terkoordinasi dalam satu komunitas penggiat linux yang sudah ada di setiap daerah di seluruh Indonesia. Bila ada yang terkendala baik teknisi maupun yang lainnya maka komunitas ini siap membantu satu sama lain.
  9. Ketersediaan aplikasi
    Ya, ketersediaan aplikasi berbasis linux ada yang mengatakan sangat sedikit dibanding OS berbayar atau banyak aplikasi yang tidak jalan di linux.  Bisa iya bisa tidak.  Kalau yang mengatakan iya. mungkin karena banyak yang belum tahu seperti saya ini, bahwa saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa jalan di linux.  Baik, aplikasi office, animasi, game, web, accounting dan lain-lain.  Jadi, kita akan mengatakan tersedia, kalau kita sudah menemukan aplikasi tersebut.  Jadi tinggal menunggu waktu saja.
Maaf terlalu panjang.. tapi itulah yang menurut saya penyebab kenapa linux susah berkembang dan juga sedikit solusinya diatas. Sebenarnya banyak juga yang pengen menggunakan linux, tapi ya itu tadi kendala-kendala yang sering terjadi di masyarakat.  Bagaimana komentar anda ?.


    Share:

    Pages

    Featured Post

    Konsistensi

    Konsistensi atau konsisten adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan atau tidak ada batas sama sekali....

    Total Pageviews

    Popular Posts

    Blog Archive

    Support