Home » » Langkah membuat Web atau Blog

Langkah membuat Web atau Blog

Written By Parmin Prim on 07 Agustus 2012 | 16.46

Setelah kita memahami perbedaan blog dengan Web dan Mengenal Website dan jenis-jenisnya lalu apa lagi yang harus kita lakukan.   Kami akan memandu anda tahap demi tahap dan pelan-pelan.  Karena itu pastikan selalu kunjungi blog ini untuk selalu mendapatkan update terbaru.  Oh ya pembahasan yang akan kita lakukan adalah langkah yang mengarah ke pembuatan Web sekaligus Blog, karena dalam pembuatan kedua hal tersebut ada yang dilakukan oleh keduanya dan ada yang berbeda saat membuatnya.

Istilah yang berhubungan dengan website :
  • Domain : yaitu nama sebuah alamat website di internet. Pada awalnya menggunakan angka-angka, contohnya domain www.google.com adalah 74.125.235.14. Nah, kalau tetap menggunakan angka tersebut pasti sangat sulit untuk mengingat nam-nama domain yang bertebaran di internet. Oleh karena itu angka domain dirubah menjadi huruf yang mudah di ingat. Selanjutnya nama domain yang menggunakan nama dan diikuti ciri khusus(extensi) com, net, web.id, co.id, go.id dan lain-lain maka disebut Top Level Domain (TLD).
  • Sub domain : yaitu nama alamat web internet yang berada di bawah web induk. Contoh : http://putra.blogspot.com.  Artinya nama putra berada dalam domain induk yang bernama bloggsopt. Putra adalah sub domain sedangkan blogspot adalah domain (Top Level Domain).
  • Hosting : Yaitu menyewa server di internet untuk meletakkan data web kita agar bisa online dan bisa dilihat oleh pengunjung internet.

Langkah membuat Web atau Blog adalah sebagai berikut :

Membuat Blog
Dalam membuat sebuah blog ada beberapa pilihan :
  • Blog yang dibuat menggunakan layanan gratis langsung siap pakai dengan sub domain dan tidak perlu hosting sendiri (artinya hosting langsung dimiliki oleh penyedia blog). Layanan ini benar-benar gratis baik sub domain maupun hosting). 
  • Blog menggunakan Hosting dari penyedia layanan blog tetapi menggunakan Domain sendiri. Jadi, nama blognya berakhiran com, net, web.id, org dan lain-lain tetapi hostingnya tetap pada penyedia layanan blog.  Misalnya anda ngeblog di blogger yang bernama http://andi.blogspot.com lalu menyewa domain sendiri sehingga menjadi http://andi.com. Untuk penamaan Top Level Domain anda harus menyewa per tahun di sebuah layanan penyedia domain seperti http://idwebhost.com, http://rumahweb.com, http://masterweb.com dan lain-lain, silahkan berkunjung ke sana untuk melihat-lihat harga domain yang ditawarkan. 
  • Blog berbasis semi programming (CMS). Blog ini menggunakan CMS (Content Manajemen System) dimana pengaturan isi website menggunakan aplikasi yang sudah tersedia kita tinggal meng-editnya saja serta menambah fasilitas lain agar lebih lengkap dan sebaiknya ada ilmu tentang dasar-dasar pembuatan web seperti HTML, CSS dan lain-lain. Untuk blog model ini harus melakukan hosting sendiri dan umumnya menggunakan domain bukan sub domain.
Membuat Web
Dalam membuat Web ada 2 cara yang digunakan yaitu menggunakan CMS (Content Manajemen System) dan menggunakan Web Programming.  Jadi CMS itu bisa digunakan untuk membuat Blog dan bisa juga digunakan untuk membuat Web. CMS yang paling banyak digunakan saat ini adalah Joomla, Wordpress, Drupal, Mambo dan lain-lain. Untuk Domain hampir semua web menggunakan Top Level Domain sendiri, tidak berada pada sub domain.  Tetapi sebuah blog bisa menggunakan sub domain bisa juga menggunakan Domain sendiri.

Bagaimana sobat blogger, bisa dipahami kira-kira? Semoga tergambar perbedaan Blog dan Web dari segi pembuatannya dengan postingan di atas.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger