Home » » Mengenal Website dan jenisnya

Mengenal Website dan jenisnya

Written By Parmin Prim on 05 Agustus 2012 | 14.36

Apa itu Website? Ya, sebuah pertanyaan yang jarang ditanyakan bagi mereka yang sering melalang buana di ranah maya.  Namun kadang ada juga yang bingung menjawabnya kalau ditanya apa itu website padahal sudah sering digunakan.  Nah, sekarang kita minta dulu jawaban dari mbah Wiki sebagai berikut :

Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering dingkat dengan istilah situs [1] adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.[2] Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu. Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer. Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS. Source : Wikipedia

Dari pengertian diatas kita simpulkan menurut bahasa awam Webiste atau Web adalah sebuah halaman yang berisi informasi yang dapat di akses oleh orang lain melalui sebuah perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.  Informasi yang di tampilkan dapat berupa data teks, gambar, video, suara, gambar animasi atau gabungan seluruhnya yang membentuk satu kesatuan informasi. 

Jenis-jenis Website
Jenis-jenis wbsite artinya jenis-jenis atau bentuk halaman yang yang ditempilkan di internet melalui sebuah browser (aplikasi yang memuat halaman web). Jenis-jenis website antara lain :

1. Website Statis
Yaitu sebuah halaman internet yang berisi informasi yang tetap dan jarang berubah.  Tetap disini bukan berarti isinya tidak berubah, tetapi juga mengalami perubahan tetapi dalam waktu yang lama.  Informasi yang ditampilkan bersifat searah dari pemilik website saja, pengunjung tidak bisa ikut memberikan komentar, saran dan lain-lain.Web jenis ini bia dibuat menggunakan aplikasi yang sederhana tanpa pemrograman web yang rumit dan komplek. Website jenis ini sudah jarang digunakan karena sifatnya kurang informatif dan tidak ada feedback dari pengujung.

2. Website Dinamis
Jenis Website ini mengutamakan perubahan data secara cepat dari waktu ke waktu.  Orang yang memberikan kontribusi untuk mengisi data web bukan hanya dari developer pemilik website tetapi juga para pengunjung web. Web ini umumnya menggunakan pemrograman web. Contohnya Situs Berita, Portal dan lain-lain.

3. Website Interaktif
Jenis web ini sebenarnya dinamis juga atau mengalami perubahan data secara cepat, hanya informasi yang ditampilkan lebih berupa tanya jawab atau berbagi informasi antar anggota website. Mereka bisa saling bertukar pikiran, beragumentasi satu sama lain dan beradu pendapat.  Biasanya mereka punya pengelola yang disebut moderator. Web ini menggunakan pemrograman bisa pemrograman web maupun CMS (content manajemen system). Contoh website ini seperti Situs Forum, situs Komunitas dan lain-lain.

Contoh Website :

 
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger