Home » » 2. Memulai merancang desain Front Page

2. Memulai merancang desain Front Page

Written By Parmin Prim on 20 September 2012 | 10.36

Pada pelajaran lalu..(baca : postingan ) lalu kita sudah mengatur halaman awal membuat desain menggunakan Front Page.  Nah, untuk kali ini kita akan mencoba mengexplore materi ini sedikit demi sedikit. Adapun Desain yang kita buat sebenarnya tergantung kita para desainer.  Ada Web yang menggunakan tabel dan ada yang tidak. Namun kebanyakan Web banyak menggunakan tabel untuk mengatur tata letak komponen dalam halaman website.

A. Membuat tabel
Caranya klik icon tabel di bagian menu Toolbar, kemudian atur dengan cara tarik garis-garis tabel tersebut.  Misalnya tabel yang dibuat menggunakan 3 kolom dan 3 baris

Kemudian atur tinggi tabel sebagai berikut :

Anda bisa juga mengatur lebar kolom dan panjang tabel. Dengan cara tarik garis-garis kolom.

Untuk lebar tabel dengan ukuran yang tepat klik mouse kanan di tengah tabel, lalu pilih Table Properties.  Pada bagian Specify Width = pilih lebar Tabel.  Jenis ukuran yagn digunakan bisa menggunakan Pixel atau Persen.
  • Pixel = untuk ukuran tetap di layar monitor dimana umumnya ukuran lebar pixel monitor adalah : 600, 768, 864, dan ada juga yang sampai 900 tergantung dari jenis monitor yang digunakan.
  • Persen= untuk ukuran yang menyesuaikan dengan lebar layar monitor. Jika 100% maka tampilannya penuh di layar monitor, begitu juga dengan ukuran persentase lainnya.  Jika kurang dari 200% maka tampilannya tidak penuh di layar monitor. 
Sebagai contoh kita pilih Pixel dan ukurannya : 850 dan klik OK.

B. Menggabung Cell/kotak
Untuk mengabung cell caranya blok cell yang akan digabung, klik mouse kanan dan pilih Merge Cell.
Lakukan juga untuk baris ketiga bagian bawah dari tabel tersebut. Secara garis besar sebuah Website mempunyai beberapa bagian/area yaitu : Bagian atas (Header), bagian bawah (Footer), Sisi kiri (Left Sidebar) dan Sisi kana (Right Sidebar).  Ada juga Website yang mempunyai 2 kolom, 4 kolom bahkan ada yang 1 kolom.


B. Desain Header Web
Untuk Desain header web umumnya berupa gambar. Karena itu siapkan gambar header yang mungkin sudah anda siapkan, dimana header web bisa anda buat di photoshop atau aplikasi desain grafis lainnya dengan ukuran lebar kolom sama dengan tabel diatas, sedangkan tingginya di sesuaikan  Jika belum ada gambar, anda bisa cari di internet dengan kata kunci Header web Wisata atau gambar apa saja yang anda punya.Gambar yang di download atau gambar yang anda punya harus diletakkan dalam folder khusus rancangan Web anda yaitu images.


  Untuk menyisip gambarnya :
  • Letakkan kursosr di area Header
  • Klik Insert Picture from file.
  • Lalu cari gambar dan upload gambar tersebut.
  • Untuk mengatur ukuran gambar klik mouse kanan pada gambar pilih Picture Properties, Aktifkan Specify Size ganti menjadi 100 dalam ukuran persen, lalu klik OK. Untuk mengatur tinggi gambar, anda bisa juga mengatur secara langsung dengan menarik ke atas pada handle gambar.
  • Kemudian isi teks di bagian Tengah (Content), sebagai contoh bisa anda cari teks dari internet dengan kata kunci Wisata atau teks apa saja terserah anda.
  • Untuk menampilkan di browser klik Preview in Browser dan klik Yes untuk sekalian menyimpannya.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger