Home » » Usaha Warnet, akankah bertahan...!

Usaha Warnet, akankah bertahan...!

Written By Parmin Prim on 26 Desember 2012 | 09.19

Judul di atas sengaja saya buat, bukan untuk menakut-nakuti bagi para perlaku usaha warnet.  Karena saya sendiri adalah pelaku usaha warnet, walaupun kecil-kecilan. Teknologi terus berkembang, yang baru hari ini tinggal nunggu waktu untuk jadi usang.  Entah setahun, dua tahun atau lima tahun lagi semua akan berubah.  Kita masih ingat usaha Wartel yang booming sekitar tahun 200-an.  Bisnis Wartel adalah bisnis yang menjanjikan saat itu.  Tapi seiring berubahnya zaman teknologi telepon non kabel mulai muncul dan menggeser keberadaan wartel. Dan sekarang sangat sulit kita temui orang yang masih buka usaha wartel.

http://fairuzelsaid.wordpress.com/


Lalu bagaimana dengan Warnet?  Ya, Warnet merupakan usaha jasa penyediaan informasi dan hiburan melalui jaringan global.  Namun keberadaan warnet saat ini juga mulai terusik dengan kehadiran teknologi baru yang terus berkembang.  Modem dengan harga super murah bisa dinikmati oleh mereka yang punya kantong pas-pasan.  Bahkan dengan adanya teknologi Wifi kamu bisa internetan gratis di tempat-tempat yang menyediakan Hotspot tersebut.  Kamu bisa facebook-an, main games, cari-cari informasi cukup di rumah dan tidak perlu lagi ke warnet. Selain itu, gempuran dari saingan sesama usaha warnet makin gencar. Harga sewa Warnet pada terjun bebas, apalagi yang bermodal besar, mereka memberikan diskon dan pelayanan gila-gila'an. Nah, dengan kondisi seperti ini apakah Warnet akan bernasib seperti Wartel?

Jawabnya tergantung kita.  Ya, tergantung kita para pelaku usaha warnet. Kalau kita berdiam diri dan tidak ada perubahan maka warnet akan tutup dalam waktu yang lebih cepat.  Solusinya adalah "INOVASI".  Ya. inovasi yang tiada henti.  Inovasi di usaha warnet tidak hanya penyediaan layanan informasi internet.  Tapi apa saja yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukan selain usaha pokok warnet.  Ada juga yang beralih ke Games Online yang saat ini masih booming.  Karena itu kita harus melihat siapa pasar kita.  Jika usaha Warnet berada di lingkungan anak muda maka bisa beralih ke pasar game online.  Atau bisa juga warnet biasa, tapi di ditambahi dengan jasa pengetikan, print warna, cuci cetak foto, Jilid makalah, lengkapi juga dengan makanan dan minuman dan lain-lain.  Pokoknya harus berusaha menemukan format dan inovasi baru agar pelanggan tetap nyaman dan terus datang di warnet kita.

Dan yang tidak kalah penting adalah menyediakan paket-paket promo dan spesial di hari-hari tertentu agar pelanggan betah berlama-lama di Warnet.  Selain itu Teknologi komputer juga harus di perbaharui sesuai dengan tuntutan zaman.  Komputer-komputer jadul harus segera diganti karena aplikasi-aplikasi baru terus bermunculan yang mengharuskan anda upgrade hardware.  Sebab kalau tidak, maka komputer jadi sangat lambat.

Itung-itungan keuangan usaha warnet sangat perlu diperhatikan.  Kalau pendapatan tidak meningkat/turun, maka biaya juga harus turun. Lalu bagaiamana biaya bisa turun.  Kalau biaya tetap tentu tidak bisa turun.  Seperti biaya internet, biaya listrik, biaya sewa, biaya karyawan.  Yang bisa di minimalkan mungkin biaya perbaikan dan perawatan. Selagi bisa melakukannya sendiri tentu sangat baik, daripada menyewa teknisi yang tentu akan mengeluarkan biaya tambahan.  Karena itu perlu upgrade ilmu tentang komputer harus perlu dilakukan.

Semua usaha ada pasang surutnya.  Selagi masih bisa dipertahankan, lakukan terus sampai titik dimana kita bisa memprediksi sendiri usaha ini tidak layak diteruskan.  Berdo'a dan berusaha adalah kuncinya. Jika kiat sudah melakukannya dengan usaha yang sungguh-sungguh pasti ada hasilnya dan Warnet anda akan keluar sebagai pemenang di tengah persaingan yang kian sengit.
Share this article :

2 komentar:

  1. usaha apapun tanpa adanya inovasi akan cepat mati ya..
    trims atas masukannya ini juga bisa menjadi masukan yang amat positif bagi saya
    terus semangat dan sukses selalu

    BalasHapus
  2. Iya mas... intinya inovasi dan tetap semangat.. thanks atas kunjungannya.

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger