Home » » Bagaimana membuat skripsi

Bagaimana membuat skripsi

Written By Parmin Prim on 08 Januari 2013 | 23.44

Skripsi/makalah/Tesis/Disertasi atau sejenisnya merupakan kewajiban yang harus diikuti oleh mahasiswa.  Perbedaan dari istilah tersebut digunakan untuk melihat kekuatan isi dan jenjang pendidikan.  Pada intinya baik skripsi, makalah, tesis disertasi adalah membuat sebuah karya tulis.  Untuk karya tulis yang bersifat tugas-tugas harian dan sederhana biasanya disebut makalah. Kemudian skripsi adalah membuat karya tulis untuk jenjang pendidikan Sarjana Strata 1 (S1), sedangkan untuk S2 disebut Tesis lalu untuk jenjenag pendidikan S3 dinamakan Disertasi.  Karena perbedaan jenjang pendidikan tersebut, maka nilai dan tingkat kesulitan dari karya tulis tentu berbeda.


Nah, dalam kategori info kampus kali ini, kami akan mencoba membahas khusus tentang bagaimana cara membuat skripsi bagi mahasiswa program S1.  Sebenarnya dalam membuat skripsi mahasiswa sudah di bimbing oleh Dosen Pembimbing dari kampus masing-masing.  Tapi secara umum skripsi punya bentuk atau metode yang sama.  Jadi, postingan ini sifatnya hanya membantu kamu para mahasiswa dalam membuat skripsi secara umum, kalau ada yang berbeda maka itu merupakan kebijakan Dosen Pembimbing dimana kamu kuliah.

Lalu bagaimana membuat skripsi yang baik dan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan?.  Berikut ada tips-tips buat kamu agar skripsi kamu cepat kelar.
  1. Kerjakan segera
    Artinya, jangan menunda-nunda waktu.  Karena semakin santai maka kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.  Memang waktu untuk membuat skripsi itu panjang, sekitar 6 bulan. Tapi kalau tidak diangsur maka waktu akan semakin pendek.  Jadi, prioritaskan segera membuat skripsi secepatnya.  Apalagi yang kuliah sambil kerja, sangat sulit untuk membagi waktu.  Tapi pasti ada waktu untuk membuatnya, atur waktu sebaik-baiknya.
  2. Aktif dan agresif
    Aktif berarti selalu bergerak. Ya, bergerak penuh semangat untuk menyelesaikan skripsi kamu.  Bertanya ke sana kemari agar lebih jelas dan paham tentang cara-cara membuat skripsi, termasuk juga cari tutorial-tutorial dari dunia maya seperti yang kamu baca sekarang.  Agresif juga hampir sama dengan aktif, hanya agresif lebih cepat, lebih tanggap dan selalu mencari solusi untuk memecahkan suatu masalah.
  3. Kejar target
    Target yaitu titik dimana suatu hasil sesuai dengan harapan.  Silahkan buat target bulan sekian harus acc judul, bulan sekian proposal dan bulan sekian sudah final skripsi.  Target-target yang telah dibuat harus dijalankan dan dikejar.  Walaupun tidak 100% berhasil tapi setidaknya ada usaha kearah itu. Jadi, target harus segera dicapai.
  4. Ikuti aturan
    Hal ini yang kadang-kadang tidak kita perhatikan.  Walau bagaimanapun kita sebagai mahasiswa harus ikut aturan yang ditetapkan kampus maupun dosen pembimbing.  Apa yang kita pikirkan tidak semuanya ada di pikiran dosen.  Apa yang menurut kita benar, belum tentu benar menurut Dosen Pembimbing.  Saat ini posisi kita sebagai orang yang sedang belajar dan butuh bimbingan, karena itu apa yang dikatakan Dosen, ikuti dan patuhi sekalipun itu itu berat dilakukan.  Dosen pun tahu kemampuan kita sebagai mahasiswa.   
Itulah kira-kira tips-tips dalam membuat skripsi bagi kamu yang sedang berjuang di kampus masing-masing.  Disamping masih banyak lagi trik-trik lain yang bisa kamu gunakan, semoga tips ini dapat menambah semangat dan motivasi sehingga skripsi kamu cepat kelar....! Amin.
Share this article :

3 komentar:

  1. skripsi merupakan tugas kuliah yang cukup berat, hmm.. jaid ingat masa2 itu

    BalasHapus
  2. thanks infonya bermanfaat sekali menambah pengetahuan
    salam sukses selalu gan,..

    BalasHapus
  3. sama-sama Gan...

    Thanks udah berkunjung...!

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger