Home » » Langkah pembuatan Skripsi / Tugas Akhir

Langkah pembuatan Skripsi / Tugas Akhir

Written By Parmin Prim on 17 Januari 2013 | 11.41

Dalam pembuatan skripsi diperlukan suatu teknis dan langkah-langkah yang cermat dan harus selalu bersemangat.  Semangat kadang-kadang bisa hilang-hilang timbul sesuai dengan situasi dan kondisi.  Karena itu pembuatan skripsi memerlukan waktu yang lama, biasanya minimal 1 semester (6 bulan), tetapi ada kalanya awal semester genap sudah bisa dumulai yaitu dari tahap pengajuan judul kemudian proposal dan dilanjutkan dengan pembuatan skripsi.


Di sini, kami akan membahas bagaimana langkah-langkah dalam membuat skripsi yang mungkin bisa membantu anda dalam menambah wawasan tentang skripsi itu sendiri. Walaupun untuk masing-masing kampus sudah menetapkan aturan sendiri, namun langkah-langkah ini biasanya juga digunakan.  Seperti yang telah di singgung di atas, bahwa pembuatan skripsi akan dimulai dari :
  1. Pengajuan Judul
    Dalam hal ini tentu akan diberitahu terlebih dahulu oleh Dosen dari kampus masing-masing.  Biasanya setelah mahasiswa mengambil mata kuliah Metode Penelitian sebagai syarat untuk membuat skripsi tersebut.  Lalu bagaimana cara memilih judul yang tepat? Sebelum judul ditentukan, maka lebih dahulu harus ada masalah atau permasalahan di dalam perusahaan yang akan kita teliti.  Kalau tidak ada masalah, jangan dipaksakan cari-cari masalah, karena kita sendiri nanti yang bermasalah.  Karena itu biasanya saran dari Dosen carilah perusahaan yang berumur lebih dari 5 tahun dan merupakan perusahaan menengah ke atas. Karena umumnya perusahaan tersebut sudah banyak divisi dan sudah banyak permasalahan yang timbul.  Masalah yang sudah ada hubungkan dengan background / jurusan yang kita ambil. Kemudian, biasanya pihak kampus akan mempersilahkan mahasiswa untuk melihat contoh-contoh skripsi tahun lalu sebagai gambaran bagaimana bentuk dan isi sebuah skripsi.  Bisa juga anda cari-cari bahan dari internet yang sudah banyak bertebaran saat ini.
  2. Proposal
    Pengajuan judul ada yang menggunakan blanko khusus dan ada juga yang tidak.  Itu tergantung dari kebijakan kampus masing-masing, tetapi umumnya menggunakan formulir pengajuan judul yang diajukan ke bagian Dosen yang ditetapkan oleh Kampus; Ketua Prodi, Pembantu Rektor, dan lain-lain.  Nah, setelah judul disetujui, maka anda akan di berikan waktu untuk membuat proposal lebih dahulu yang berisikan : Latar Belakang Masalah, Alasan pemilihan judul, Teori Pendukung, Data-data Perusahaan, dan lain-lain yang ditentukan oleh Dosen Pembimbing. Setelah semua dibuat dan diajukan, maka dilanjutkan Ujian Proposal yang tujuan Ujian Proposal ini adalah "Untuk mempertahankan judul Skripsi yang kita ambil".
  3. Skripsi
    Setelah Ujian Proposal lulus, maka waktunya sekarang untuk melalang buana ke sana kemari untuk membuat skripsi.  Baik itu ke perusahaan cari data dan kuisioner, wawancara maupun buku-buku pustaka dan bisa juga cari lewat dunia maya.  Pokoknya saatnya untuk mengerahkan segala energi dan daya upaya mengumpulkan data tersebut menjadi sebuah karya tulisan. Dalam hal ini kemampuan dan skill sangat mendukung.  Skil dan sarana juga sangat mempengaruhi, karena itu banyak mahasiswa yang langsung beli Laptop saat akan membuat skripsi.  Bagi mereka yang mahir dalam mengetik tentu tidak mengalami kesulitan, tetapi bagi mereka yang agak kesulitan dalam menggunakan aplikasi pengolah kata akan memerlukan waktu yang agak lama.  Ada juga yang diupahkan kepada orang lain.  Karena itu saat-saat membuat skripsi diperlukan dana yang lebih dari biasanya.  Setelah Skripsi tersebut disetujui dan di disyahkan oleh pembimbing, maka saatnya anda bisa bernapas lega tapi ada satu lagi yang perlu dilakukan yaitu Ujian Skripsi / Kompre.  Ujian ini merupakan pertanggungjawaban dari skripsi yang kita buat.  Karena itu skripsi memang harus dibuat sendiri oleh mahasiswa.  Skripsi yang dibuatkan oleh orang lain biasanya mahasiswa kurang menguasai isi dari skripsi tersebut sehingga saat ujian Skripsi banyak yang mengalami kegagalan. Setelah sukses mengikuti ujian Skripsi anda bisa bernapas lebar, dengan menyandang gelar baru dan siap terjuan ke tengah-tengah masyarakat mengaplikasikan ilmu dan skil yang kita dapatkan selama menjadi mahasiswa.
Share this article :

2 komentar:

  1. membuat skripsi memang gampang-gampang susah dan selalu menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa akhir. tapi yakinlah, bila kita sudah menjalaninya, membuat skripsi dengan sabar dan tekun. hasilnya akan luar biasa. ada kenimatan batin kelak saat wisuda.

    BalasHapus
  2. Betul gan.. yang penting ada usaha untuk membuatnya, dan harus diangsur secepatnya. btw.thanks sudah berkunjung...!

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger