Home » » Memulai Pengaturan Website Joomla 2.5.4

Memulai Pengaturan Website Joomla 2.5.4

Written By Parmin Prim on 26 April 2013 | 14.32

Apakah anda baru pemula belajar Joomla? Jika anda pemula sebaiknya mengikuti langkah-langkah sebelumnya di blog ini.  Karena untuk menata website Joomla, harus paham dari awal, tetapi bagi kamu yang sudah paham bisa langsung mengikuti tutorial berikut. Untuk pemula bisa lihat dulu postingan sebelumnya yaitu :
  1. Instal Xampp
  2. Membuat database
  3. Instal Joomla
Baiklah, saat ini kita akan memulai mengatur halaman Website.  Tampilan Website ada dua bagian yaitu Front End dan Back End.  Front adalah tampilan depan yang akan dilihat oleh pengunjung Web, sedangkan Back End adalah tampilan belakang atau Pengaturan website yang dilakukan oleh Pengelola Website (Admin). Admin bertugas mengatur, mengelola, memberi izin User dan mempunyai hak penuh atas website yang dibuat. 

Untuk masuk ke Administrastor, buka browser anda, dan ketikkan http://localhost/mahasiswa/administrator


Masukkan  User Name dan Password, sesuai dengan yang anda buat saat instal Joomla.

Setelah anda masukkan User Name dan Password dengan benar, maka akan tampil gambar seperti dibawah ini.

Setelah berada di halaman admin, maka kita bisa belakukan beberapa setting di web kita.  Pengaturan website sangat banyak dan kita akan coba bahas satu persatu.

A. Mengatur Global configuration
Klik Menu Site, Global Configuration.

Di sini kita bisa mengganti Site Name (Nama Site anda).
Custom Message : Digunakan jika Website sedang Down, kita bisa memberikan keterangan, misalnya : Maaf Server sedang dalam perbaikan atau yang lainnya.
Offline Image : Pesan berupa gambar.
Meta Data Setting : digunakan untuk memberikan Descripsi tentang Website dan Keyword sebagai kata kunci agar mudah terbaca oleh mesin pencari. Untuk keluar dari tampilan ini , klik Close disebelah kanan atas.


B. Mengganti Profil
Klik Menu Site, My Profile
Di sini kita bisa mengganti Login Name, Password dan E-mail Administrator.


C. Mengganti Template Standar
Joomla menyedikan template standar yang siap pakai. Kita bisa langsung menggantinya sesuai dengan yang kita inginkan.  Selain itu kita bisa mencari template-template canggih yang banyak bertebaran di internet. Untuk mengganti template standar lakukan langkah-langkah berikut :
  1. Klik Extensions, Template Manager
  2. Lihat pada Bagian Default. Ada gambar Bintangnya yang menandakan itulah template yang sedang aktif. Ada dua model template yang aktif yaitu Bagian Site dan Administrator. Site adalah Template untuk bagian depan (dilihat oleh pengunjung), Administrator adalah template untuk Admin (Hanya Admin yang melihat).


  3. Untuk mengganti templatenya, Check List pada bagian nama-nama Template, lalu klik make Default di sebelah kanan atas sehingga gambar bintang berpindah posisi.

  4. Untuk melihat hasilnya bisa dengan cara klik kanan View Site, Open Link in New Tab.

Silahkan di coba dulu ya. Semoga bisa mengikuti.
Share this article :

1 komentar:

  1. Tutarni : Terima kasih atas tutorial yang diberikan, semoga dapat mencerdaskan bangsa terutama saya yang masih pemula. Sekali lagi terima kasih :)

    BalasHapus

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger