Tutorial Komputer, Website, Blogger dan Surat

Full Arsip Surat

Download segala jenis surat yang anda butuhkan.

Dasar-dasar blogging

Belajar ngblog bagi pemula dan tingkat lanjut.

Belajar Web Desain

Panduan membuat website secara mudah dan cepat.

Desain Grafis

Trik dan Tips Desain grafis khususnya Photoshop.

Info Teknologi

Info seputar Teknologi dan Internet

28 April 2013

Mengenang sosok almarhum UJE (Ustad Jefry)

Kepergian Ustad Jefry atau yang lebih dikenal dengan UJE meninggalkan duka yang dalam dalam.  Bagaimana tidak Ustad Jefry adalah sosok yang pendakwah yang penuh semangat dalam ceramahnya.  Kepiawainnya dalam dakwah yang santai, luwes dan semangat membuat banyak orang terpana.  Apalagi dalam usia yang masih tergolong muda,beliau berdakwah dengan mengikuti semangat anak muda.  Karena itu mungkin beliaulah ustad satu-satunya yang dianggap sebagai ustad gaul.



Dengan jiwa seni yang mengalir dalam jiwanya, maka seni itulah juga yang digunakan sebagai media untuk berdakwah melalui lagu-lagu islami yang dinyanyikan. Beliau adalah sosok yang mewakili anak muda,sehingga anak muda merasa dirangkul dan di ayomi.  Beliau memberikan tausyiah dengan bahasa anak muda yang mudah di mengerti. Kita sangat kehilangan dengan kepergianny, seolah-olah tidak rela berpisah dengan beliau.  Namun takdir Allah suda menentukan, saat inilah beliau harus menghadap sang Khalik.  Walaupun beliau sudah tiada, namun petuah mu akan tetap ada, akan tetap ada di jiwa ini dan akan selalu semangat dalam berjuang menegakkan agama Allah.  "Selamat jalan Ustad". Semoga engkau mendapat tempat yang indah di sisi Allah,SWT. Amin.

Ustad Jeffry Al Buchory Meninggal Dunia karena Kecelakaan Motor

Jumat, 26/04/2013 04:25 WIB

Uje dan Motornya setelah kecelakaan (Mahar/detikhot)
Jakarta - Kabar duka datang dari ustad Jeffry Al Buchory atau yang akrab disapa Uje. Pria yang kerap dijuluki ustad gaul itu meninggal dunia sekitar pukul 01.00 WIB, Jumat (26/4/2013) dini hari karena kecelakaan motor.

Menurut informasi yang dihimpun detikHOT, Uje diketahui mengendarai motor Kawasaki E650 B 3590 SGQ. Motor berwarna hijau tersebut pun hancur pada bagian depan.

Kabar duka itu juga dibenarkan oleh salah satu sahabat Uje, Habib Mahdi. Mahdi mengatakan, Uje mengalami kecelakaan di Jalan Gedong Hijau 7 Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Benar, habis pulang dari dai center setahu saya, dan dia kecelakaan di Pondok Indah, 20 menit kemudian saya pantau kemudian beliau meninggal dunia," kata Mahdi kepada detikHOT, Jumat (26/4/2013).

Kecelakaan tersebut juga sudah diumumkan oleh TMC Polda Metro Jaya. Dalam akun Twitter tersebut, korban juga dipastikan meninggal dunia setelah menabrak pohon.

"Kecelakaan Pemotor Kawasaki E650 B 3590 SGQ menabrak pohon di Jl. Gedong Hijau 7 Pdk Indah, korban meninggal & msh penanganan," tulis TMC Polda Metro Jaya.
Source : detik.com







Biografi Jeffry Al Buchori
Memiliki nama lengkap Jeffry Al Buchori atau biasa dipanggil Uje ini lahir di Jakarta, 12 April 1973 dan tutup usia genap 40 tahun tepat pada 26 April 2013. Uje mengalami kecelakaan tunggal setelah kehilangan kendali atas motornya berjenis Kawasaki ER-6n bernopol B 3590 SGQ, di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Anak ketiga dari pasangan Alm H. Ismail Modal dan Ustz Dra. Hj. Tatu Mulyana ini mulai melambungkan namanya ketika menjadi seorang ustad. Uje juga dinilai mampu mengemas bahasa dakwah dengan bahasa anak muda, sehingga Uje mendapat julukkan sebagai ustad Gaul.

Semasa Kecil Uje memmang sudah memiliki prestasi di bidang agama, dengan menjuarai MTQ di tingkat Provinsi. Uje juga sempat mengenyam pendidikan di pondok pesantren PonDaar el-Qolam Gintung, Tanggerang. Karena perilakunya yang tidak terpuji Uje pun sempat dikeluarkan dari pondok pesantren dan kemudian berpindah ke Madrasah Aliyah.

Tahun 1990 Uje meneruskan pendidikannya di Akademi Broadcasting. Tapi karena kenakalannya Uje akhirnya tak menyelesaikan kuliahnya itu. Pada tahun 1991, Uje menjadi seorang dancer di salah satu club. Uje pun sempat menjajal dunia hiburan dengan ikut beradu akting dalam sebuah judul sinetron.

Pada tanggal 7 September 1999 Uje resmi menikah secara sirih bersama Pipik Dian Irawati, yang merupakan seorang model gadis sampul majalah tahun 1995 asal Semarang. Dua bulan setelah menikah sirih, Uje dan Pipik mengadakan pernikahan resminya di Kota Semarang. Dari Pernikahan ini keduanya dikaruniai tiga orang anak yaitu Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, dan Ayla Azuhro.

Uje mulai melakukan tobat dan meninggalkan narkoba saat menjalankan ibadah umroh bersama ibu dan kakaknya. Uje juga mendapat amanah dari kakak tertuanya Alm. Ust. H. Abdullah Riyad untuk melanjutkan kegiatan dakwah di Jakarta.

KARIR
Dancer
Pemain Sinetron
Pendakwah
Penyanyi Lagu Rohani

SINEMATOGRAFI
PENDEKAR HALILINTAR

DISKOGRAFI
ALBUM
2006: LAHIR KEMBALI
2007: PARA PENCARI-MU (Mini album kolaborasi dengan Ungu)

PENGHARGAAN
1991: Pemeran Pria Terbaik Dalam Sepekan Sinetron Remaja TVRI

WAFAT
Ustad Jeffry Al Buchori meninggal dunia pada usia 40 tahun pada hari Jumat tanggal 26 April 2013 pukul 02.00 di RS. Pondok Indah, Jakarta. Uje sendiri meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan motor di Bundaran Pondok Indah.

Sumber : Kapanlagi
Share:

26 April 2013

Contoh Surat Keterangan telah menikah

Berikut adalah Contoh surat keterangan telah menikah.  Surat ini dibutuhkan misalnya sebagai pengganti Buku Nikah yang mungkin saja hilang atau terbakar atau karena hal lain.  Pihak-pihak yang menandatangani Surat keterangan telah menikah ini ada beberapa orang yaitu Wali Nikah, Yang menikahkan dan beberapa orang saksi.  Selain itu diperlukan foto Suami dan Istri.

keterangan menikah
 source pict: www.geocities.co.jp

Bagi anda yang membutuhkan, bisa Download file-nya dalam bentuk Ms. word.  Data nama dan alamat serta keterangan lainnya silahkan ganti menurut situasi dan kondisi yang ada.


Share:

Memulai Pengaturan Website Joomla 2.5.4

Apakah anda baru pemula belajar Joomla? Jika anda pemula sebaiknya mengikuti langkah-langkah sebelumnya di blog ini.  Karena untuk menata website Joomla, harus paham dari awal, tetapi bagi kamu yang sudah paham bisa langsung mengikuti tutorial berikut. Untuk pemula bisa lihat dulu postingan sebelumnya yaitu :
  1. Instal Xampp
  2. Membuat database
  3. Instal Joomla
Baiklah, saat ini kita akan memulai mengatur halaman Website.  Tampilan Website ada dua bagian yaitu Front End dan Back End.  Front adalah tampilan depan yang akan dilihat oleh pengunjung Web, sedangkan Back End adalah tampilan belakang atau Pengaturan website yang dilakukan oleh Pengelola Website (Admin). Admin bertugas mengatur, mengelola, memberi izin User dan mempunyai hak penuh atas website yang dibuat. 

Untuk masuk ke Administrastor, buka browser anda, dan ketikkan http://localhost/mahasiswa/administrator


Masukkan  User Name dan Password, sesuai dengan yang anda buat saat instal Joomla.

Setelah anda masukkan User Name dan Password dengan benar, maka akan tampil gambar seperti dibawah ini.

Setelah berada di halaman admin, maka kita bisa belakukan beberapa setting di web kita.  Pengaturan website sangat banyak dan kita akan coba bahas satu persatu.

A. Mengatur Global configuration
Klik Menu Site, Global Configuration.

Di sini kita bisa mengganti Site Name (Nama Site anda).
Custom Message : Digunakan jika Website sedang Down, kita bisa memberikan keterangan, misalnya : Maaf Server sedang dalam perbaikan atau yang lainnya.
Offline Image : Pesan berupa gambar.
Meta Data Setting : digunakan untuk memberikan Descripsi tentang Website dan Keyword sebagai kata kunci agar mudah terbaca oleh mesin pencari. Untuk keluar dari tampilan ini , klik Close disebelah kanan atas.


B. Mengganti Profil
Klik Menu Site, My Profile
Di sini kita bisa mengganti Login Name, Password dan E-mail Administrator.


C. Mengganti Template Standar
Joomla menyedikan template standar yang siap pakai. Kita bisa langsung menggantinya sesuai dengan yang kita inginkan.  Selain itu kita bisa mencari template-template canggih yang banyak bertebaran di internet. Untuk mengganti template standar lakukan langkah-langkah berikut :
  1. Klik Extensions, Template Manager
  2. Lihat pada Bagian Default. Ada gambar Bintangnya yang menandakan itulah template yang sedang aktif. Ada dua model template yang aktif yaitu Bagian Site dan Administrator. Site adalah Template untuk bagian depan (dilihat oleh pengunjung), Administrator adalah template untuk Admin (Hanya Admin yang melihat).


  3. Untuk mengganti templatenya, Check List pada bagian nama-nama Template, lalu klik make Default di sebelah kanan atas sehingga gambar bintang berpindah posisi.

  4. Untuk melihat hasilnya bisa dengan cara klik kanan View Site, Open Link in New Tab.

Silahkan di coba dulu ya. Semoga bisa mengikuti.
Share:

25 April 2013

Iklan Rokok Lucu

Merokok adalah hak setiap orang.  Namun orang yang merokok sebaiknya menjaga orang lain di sekitarnya agar tidak terkena dampaknya.  Apalagi di angkutan umum yang penuh sesak, maka asap rokok tidak bisa keluar secara bebas sehingga akan terhirup orang disekitarnya yang tidak merokok.  Orang yang tahu akan bahaya rokok, maka sedini mungkin akan berhenti merokok. Karena itu iklan-iklan anti rokok bermunculuan untuk mengingatkan tentang besarnya bahaya merokok.


Berikut iklan-iklan lucu anti rokok yang meningatkan kita tentang bahaya merokok tersebut.  Langsung saja lihat di bawah ini.




Share:

24 April 2013

Instal Joomla 2.5.4 di Xampp

Setelah kita mempelajari cara membuat database di server Xampp, maka langkah berikutnya kita akan menginstal CMS. Untuk pertama kali kita akan menggunakan CMS Joomla yang memang sangat populer.  Joomla merupakan CMS yang digunakan untuk membuat web personal, web organisasi, dan lain dengan dukungan banyak plug-in.  Karena sifatnya Open Source anda bisa menginstal secara gratis dan bebas untuk di distribusikan kepada siapa saja.

Sebelum melakukan instal joomal, anda harus melakukan langkah sebelumnya secara berurutan yaitu :
  1. Menginstal Xampp di server lokal, kemudian,
  2. Membuat database di Server Xampp.
Setelah kedua langkah tersebut anda lakukan, baru anda bisa menginstal joomla ini.

Joomla yang gunakan adalah versi 2.5.4. Kenapa saya gunakan versi lama? Untuk versi baru banyak plug-in yang belum mendukung serta harus menyesuaikan versi Xampp-nya juga.

Berikut langkah-langkah untuk menginstal Joomla 2.5.4
  1.  Pastikan anda punya master joomla 2.5.4 jika belum ada download dulu disini. Copykan folder joomla ke dalam folder htdoc di xampp anda.


  2. Ganti Folder Joomla_2.5.4 menjadi Mahasiswa
  3. Ketik di alamat Web Browser http://localhost/mahasiswa


  4. Jika anada lakukan dengan benar, maka akan tampil gambar di bawah ini.  Kita akan melalui 7 langkah untuk menginstal Joomla ini. Pilih bahasa (pilih saja English (United States) lalu klik Next.

  5. Masuk langkah kedua.  Langkah ini menampilkan paket-paket yang ada di joomla. Klik saja Next.

  6. Langkah ketiga ini, menampilkan Informasi Lisensi dari pihak Joomla dimana Joomla berlisensi bebas dan terbuka untuk di gunakanm di distribusikan dan di kembangkan dengan syarat mencantumkan sumber aslinya. Klik Next.

  7. Langkah berikutnya mengatur Databse dan Password. Isi saja seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini.Klik Next.

  8. Langkah kelima ini mengatur FTP (File Transfer Protocol), diatur yaitu instalasi joomla langsung ke server internet (hosting). Klik saja Next.

  9. Lanhkah ke-enam ini mengatur Nama Site dan password Web Admin. Isi saja seperti terlihat pada gambar. Klik Next.
    Admin Password : terserah anda.
    Confirm Admin Password : di isi sama dengan Passsword
    Yang penting ingat Password anda. Jangan lupa klik Instal Sample Data

  10. Pengaturan ini adalah ketetapan dari Joomla bahwa setelah selesai instalasi, maka folder installation harus dihapus. klik Remove installation folder.

  11. Pada langkah terkahir akan tampil halaman website anda dengan sampel web yang sudah ada.

Share:

23 April 2013

Lowongan Kerja Staff Administrasi Keuangan

Berikut adalah informasi lowongan kerja khusus untuk yang berdomisili di kota Pekanbaru. Bagi kamu yang berminat di bagian Administrasi Keuangan, bisa dicoba kesempatan baik ini.  Siapa tahu cocok untuk anda. Lowongan ini hanya berlaku untuk wanita dan maksimal usia 25 Tahun.  Selengkapnya lihat info dibawah ini :

Share:

Loading tampilan baru edit HTML blogger lama?

Blogger terus berbenah dengan penambahan fitur dan tampilan yang baru.  Salah satu tampilan blogger yang baru adalah edit HTML.  Bagi kamu para blogger tentu tidak ingin tampilan blognya hanya standar bawaan dari template.  Kita inginnya memodifikasi template blog dengan menambahkan beragam plug-in dan kode-kode tertentu sehingga blog kelihatan beda dan menarik.  Selain itu dibubuhi sederetan tulisan dan kata kunci agar blog makin dicintai oleh mesin pencari google. Karena itu trik SEO harus dimiliki oleh seorang blogger agar blog-nya makin cepat populer.


Untuk melakukan itu semua, blogger tidak terlepas dari utak-atik edit template blog. Nah, beberapa waktu lalu tampilan edit HTML blog sudah berubah.  Perubahannya antara lain:
  1. Tampilan baru sudah menggunakan penanda pada kode-kode CSS yang berwarna sehingga akan mempermudah dalam mengoreksi kesalahan dalam penambahan kode tersebut.
  2. Tampilannya lebih fresh dan area nya lebih lebar dibandingkan dengan tampilan HTML lama.
  3. Sudah menggunakan baris kode, sehingga kita bisa mengetahui sudah berapa baris kode yang ada di blog kita, persis seperti tampilan aplikasi Macromedia Freamweaver.
Selain kelebihan di atas, saya melihat ada beberapa kekurangan (ini menurut yang saya alami), Mungkin bagi para blogger lain, silahkan beri tanggapannya.  Kekurangan yang alami tersebut antara lain :
  1. Saya merasa loading masuk ke area Edit HTML agak lama bahkan sering macet.  Apakah yang lain juga mengalami?
  2. Penggunaan Ctrl-F untuk mencari kode-kode, kursor harus lebih dulu diletakkan di dalam area edit. Hal ini berbeda pada tampilan Edit HTMl lama yaitu begitu di tekan CTRL-F, maka pada tampilan HTML lama langsung muncul sebagai pop up browser.
Bagaimana dengan agan-agan semua?
Silahkan share pengalaman-nya menggunakan tampilan Edit HTML baru di blogger.
Share:

19 April 2013

Lowongan kerja Desain Grafis di Kota Pekanbaru

Buat kamu-kamu yang hobi mendesain dan menggambar, salurkan bakat mu sekaligus bekerja di sini.  Berikut adalah lowongan kerja Desain Grafis di kota Pekanbaru, tepatnya di Jl. Dagang No. 64 Pekanbaru.  Bagi yang berminat segera datang atau hubungi ke alamat di bawah ini.


Semoga informasi lowongan kerja ini berkenan buat anda.
Share:

17 April 2013

Menghilangkan Error #1045 Access Denied di Xampp

Dalam beberapa kasus pembuatan database kadang muncul beberapa permasalahan yang membuat tertunda pekerjaan.  Salah satu masalah yang pernah timbul dan dialami oleh penulis adalah adanya error dalam membuka database Mysql phpMyAdmin di aplikasi Xampp. Saat membuka database yang muncul adalah Error - $1045 Access Denied for user  'root' @ 'local host' (using password : No).  Setelah di instal ulang aplikasi Xampp-nya ternyata tidak membuahkan hasil, sehingga harus wira-wiri cari solusi yang tepat.



Setelah melalui perjalanan panjang yang tidak melelahkan. Berikut solusi untuk menghilangkan Error #1045 di phpmyadmin Xampp :
  1. Aktifkan folder komputer anda, bisa melalui klik mouse kanan di Start Windows, pilih Explore


  2. Buka file config.inc.php, bisa melalui Macromedia Dreamweaver dengan cara klik kanan file tersebut pilih Edit With Dreamweaver8.

    Cek data dibawah ini :
    $cfg['Servers'][$i]['user']          = 'root'; 
    $cfg['Servers'][$i]['password']  = ' ';

    Pastikan usernya adalah 'root'
    Isi passwordnya sesuai dengan pasword database anda yaitu isi diantara tanda kutip ('  ' ).  Jika tidak mempunyai password, maka biarkan kosong atau hanya ada tanda kutip saja.


  3. Bersihkan cookies pada browser anda, dan buka kembali phpmyadmin
Share:

16 April 2013

Membuat database di server Xampp

Menyambung tutorial sebelumnya Instal Xampp sebagai server local (local host), nah berikut ini kita akan membuat database. Sebelum melanjutkan tutorial ini anda harus menginstal server lokal (local host) di komputer anda, caranya ikuti tutoril ini : (Instal Xampp sebagai local host).

Database berfungsi untuk menyimpan data-data apa saja yang di input oleh user, misalnya data postingan, data buku tamu, data polling, data komentar dan lain-lain. Database yang digunakan di dalam xampp adalah Mysql.

Pada pembahasan ini kita akan membuat project website Mahasiswa dengan menggunakan aplikasi CMS yaitu Joomla, apa itu CMS? Bisa dilihat Mengenal Web CMS

Berikut langkah untuk membuat database di xampp :
  1. Pastikan Xampp sudah terinstal di komputer anda. Jika belum ada, lihat cara instal xampp sebagai server lokal (local host) di sini
  2. Buka browser anda boleh Mozilla, Google Chrome atau lainnya. Masuk ke phpmyadmin dengan cara ketik di address bar http://localhost/phpmyadmin lalu enter, akan tampil gambar pembuatan database.
  3. Pada Create New Database, ketik nama database-nya, misalnya datamahasiswa dan klik Create.


  4. Jika berhasil maka, ada informasi bahwa database telah berhasil dibuat.

     

Membuat User
  1. Klik Home (gambar rumah) disebelah kiri atas, lalu pilih Privilege


  2. Pilih Add new User


  3. Isi data sebagai berikut
    User name : root
    Host          : localhost
    Password  : (terserah anda)
    Re-type     : (sama dengan Password)

  4. Kemudian klik Go disebelah kanan bawah.

Mengatur hak Akses User
  1. Tukar nama database anda  menjadi datamahasiswa dan pilih Privileges disebelah kanan


  2. Klik Edit Privilegs


  3. Pada Add Privileges pilih datamahasiswa


  4. Lalu pilih Check All untuk mengaktifkan semua hak akses, dan buang Cek List pada Administration.


  5. Terakhir pilih Go disebelah kanan bawah.
Jangan lupa ikuti langkah berikutnya : Instal CMS Joomla 2.5.4 di Xampp
Share:

15 April 2013

Contoh surat pengunduran diri bekerja

Bagi anda yang mungkin ingin resign dari bekerja tentunya harus melalui prosedur.  Prosedur tersebut antara lain harus mengajukan surat pengunduran diri dari bekerja (resign).  Surat pengunduran diri dari bekerja ini sebagai bukti bahwa yang bersangkutan memang benar-benar keluar secara resmi dari perusahaan.  Dengan adanya surat pengunduran ini maka segala tindakan yang dilakukan oleh masing-masing pihak sudah tidak ada sangkut-pautnya.  Hal inilah yang mendasari perlu adanya surat pengunduran diri bekerja.



Lalu bagaimana bentuk dari surat pengunduran diri itu?  Tidak usah bingung, di sini anda bisa mengambil sebagai contoh dan anda bisa mengembangkannya sesuai dengan kondisi tempat anda bekerja. Bagi yang berminat bisa download di sini.



Share:

14 April 2013

Contoh Surat Undangan Wirid Warga

Berikut ini adalah contoh surat undangan wirid warga.  Bagi anda selaku pemangku jabatan baik itu ketua RT, Pengurus Masjid, Pengurus Warga di perumahan setempat, suatu ketika anda pastinya butuh surat undangan bagi warga.  Nah, berikut ini salah satu contoh surat undangan wirid.  Surat ini dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Word dengan bentuk Landscape/mendatar dengan format dua kolom. Jadi dalam satu halaman dibuat untuk dua undangan.  Hal ini bertujuan selain menghemat kertas, undangan juga tampak simpel dan sederhana namun tetap profesional.


Anda tinggal download file ini, lalu sesuaikan data-datanya dengan keadaan dimana anda berada.  Anda tertarik dengan contoh surat undangan wirid warga? Segera download link Contoh surat undangan wirid ini.

Share:

13 April 2013

Membuat Artikel Terkait di bawah postingan blogger

Hampir setiap blog yang beredar di dunia maya, saat menggunakan fasilitas Link yang mengarahkan pembaca ke Artikel lain.   Hal ini tentunya bertujuan agar pembaca tetap menelusuri postingan lain yang ada di blog.  Artikel terkait biasanya diletakkan di bawah postingan dengan maksud saat selesai membaca postingan tersebut, mata pembaca langsung tertuju pada link artikel yang baru.  Nah, bagi para master bo9g tentunya hal ini sudah tidak asing lagi, tetapi bagi mewbi seperti saya ini, tentunya sangat bermanfaat sekali.

Nah, untuk tutorial kali ini, kita akan mencoba cara membuat artikel terkait di bawah postingan blog yang mungkin bisa berguna untuk di pasang di blog anda.  Langsung aja, caranya sebagai berikut :
  1. Masuk / Login ke blogger anda
  2. Pilih Template

  3. Untuk kemanan blog anda, sebaiknya di download dulu template anda saat ini. Hal ini untuk menjaga jika penambahan fasilitas ini tidak berhasil dan templatenya berantakan, maka anda punya template cadangan. Caranya klik disebelah kanan Cadangkan/Pulihkan lalu Unduh Template Lengkap.
  4. Jika sudah di download template cadangan anda, maka tutup kotak dialog Template> Cadangkan/pulihkan sehingga kembali ke tampilan Template.
  5. Kemudian klik Edit HTML
  6. Tekan Ctrl F dan cari kode

    <data:post.body/></b:if>

  7. Letakkan kode dibawah ini tepat di bawah kode di atas. Jika ada beberapa kode diatas yang sama, pilih yang ke-empat.

  8. <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <br/> <br/> <H2>Artikel menarik lainnya</H2> <div class='rbbox'> <div style='margin:0; padding:10px;height:200px;overflow:auto;border:1px solid #ccc;'> <div id='albri'/> <script type='text/javascript'> var homeUrl3 = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;; var maxNumberOfPostsPerLabel = 4; var maxNumberOfLabels = 10; maxNumberOfPostsPerLabel = 9999; maxNumberOfLabels = 3; function listEntries10(json) { var ul = document.createElement(&#39;ul&#39;); var maxPosts = (json.feed.entry.length &lt;= maxNumberOfPostsPerLabel) ? json.feed.entry.length : maxNumberOfPostsPerLabel; for (var i = 0; i &lt; maxPosts; i++) { var entry = json.feed.entry[i]; var alturl; for (var k = 0; k &lt; entry.link.length; k++) { if (entry.link[k].rel == &#39;alternate&#39;) { alturl = entry.link[k].href; break; } } var li = document.createElement(&#39;li&#39;); var a = document.createElement(&#39;a&#39;); a.href = alturl; if(a.href!=location.href) { var txt = document.createTextNode(entry.title.$t); a.appendChild(txt); li.appendChild(a); ul.appendChild(li); } } for (var l = 0; l &lt; json.feed.link.length; l++) { if (json.feed.link[l].rel == &#39;alternate&#39;) { var raw = json.feed.link[l].href; var label = raw.substr(homeUrl3.length+13); var k; for (k=0; k&lt;20; k++) label = label.replace(&quot;%20&quot;, &quot; &quot;); var txt = document.createTextNode(label); var h = document.createElement(&#39;b&#39;); h.appendChild(txt); var div1 = document.createElement(&#39;div&#39;); div1.appendChild(h); div1.appendChild(ul); document.getElementById(&#39;albri&#39;).appendChild(div1); } } } function search10(query, label) { var script = document.createElement(&#39;script&#39;); script.setAttribute(&#39;src&#39;, query + &#39;feeds/posts/default/-/&#39; + label + &#39;?alt=json-in-script&amp;callback=listEntries10&#39;); script.setAttribute(&#39;type&#39;, &#39;text/javascript&#39;); document.documentElement.firstChild.appendChild(script); } var labelArray = new Array(); var numLabel = 0; <b:loop values='data:posts' var='post'> <b:loop values='data:post.labels' var='label'> textLabel = &quot;<data:label.name/>&quot;; var test = 0; for (var i = 0; i &lt; labelArray.length; i++) if (labelArray[i] == textLabel) test = 1; if (test == 0) { labelArray.push(textLabel); var maxLabels = (labelArray.length &lt;= maxNumberOfLabels) ? labelArray.length : maxNumberOfLabels; if (numLabel &lt; maxLabels) { search10(homeUrl3, textLabel); numLabel++; } } </b:loop> </b:loop> </script> </div> <script type='text/javascript'>RelPost();</script> </div> </b:if>


  9. Setelah itu cari kode berikut.

    ]]></b:skin>

    Tambahkan kode di bawah ini sebelum kode di atas.

    .rbbox{border: 1px solid rgb(192, 192, 192);padding: 5px; background-color: #f0f0f0;-moz-border-radius:5px; margin:5px;} .rbbox:hover{background-color: rgb(255, 255, 255);}
Share:

12 April 2013

Membuat slide show vertikal Recent Post blogger

Bagi para blogger tentunya ingin blognya kelihatan menarik dan bagus.  Karena itu segala model dan bentuk tampilan di atur sedemikian rupa untuk mendapatkan tampilan yang menarik tersebut.  Berikut ini adalah salah satu cara membuat slide show atau postingan terbaru (Recent Post) yang berganti-ganti atau bergerak dalam bentuk vertikal.  Slide show vertikal ini menggunaka kode javascript yang siap pakai, tinggal ambil dan pasang di blog kamu.

Contoh Slide show vertikal dapat anda lihat disebelah kiri dari blog ini. Bagaimana cara membuatnya? Ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Pastikan anda berada pada dashboard blog anda.
  2. Pilih Tata Letak


  3. Kemudian klik Tambah Gadget


  4. Lalu pilih Gadget HTML/JavaScript


  5. Masukkan kode dibawah ini pada area Konten dan beri judul untuk Slide Show ini.

  6. <style type="text/css">
    #rp_plus_img{height:385px;overflow:hidden;border:0;padding:6px 10px 14px 5px;background:#99cc99;}
    #rp_plus_img ul{list-style-type:none;margin:0;padding:0}
    #rp_plus_img li{border:solid 1px
    #585858; margin:0; padding:0; list-style:none;}
    #rp_plus_img li{height:85px;padding:5px;list-style:none;}
    #rp_plus_img a{color:#000;}
    #rp_plus_img .news-title{display:block;font-weight:bold !important;margin-bottom:4px;font-size:12px;}
    #rp_plus_img img{float:left;margin-right:14px;padding:4px;border:solid 1px #585858;width:65px;height:65px;}
    </style>
    <script type="text/javascript" src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.4.2/jquery.min.js"></script> <script type="text/javascript" src="http://slide-show-vertikal.googlecode.com/files/Slideshow%20Post.js"></script> <script type="text/javascript">
    var speed = 1500;
    var pause = 3500;
    $(document).ready(function(){ rpnewsticker(); interval = setInterval(rpnewsticker, pause); }); </script> <ul id="rp_plus_img"> <script style="text/javascript">
    var numposts = 5; var numchars = 20;
    </script>
    <script src="/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&callback=rpthumbnt"></script> </ul>
Share:

10 April 2013

Instal Xampp sebagai server local (Local Host)

Dalam membuat website dibutuhkan suatu alat yang mengorganisasikan semua yang berhubungan dengan website itu sendiri.  Dalam hal ini maka dibutuhkan sebuah server yang melayani permintaan user untuk ditampilkan di halaman internet.  Server online digunakan untuk meletakkan data-data website yang kemudian di akses pengunjung global seluruh dunia yang biasa disebut dengan ISP (Internet Service Provider).

Untuk pembuatan website di komputer pribadi, kita tetap mengunakan server yang disebut dengan server local (Local host).  Dengan local host kita seolah-olah sudah menggunakan internet secara global.  Sebenarnya ada banyak aplikasi server local yang digunakan untuk membuat website di komputer pribad, misalnya Xampp, Appserver, IIS, AMPPS, WAMPServer dan lain-lain.  Aplikasi tersebut merupakan satu bundel yang di dalamnya berisi banyak aplikasi yang saling terintegrasi satu sama lain.  Sebagai contoh Xampp terdiri dari : Apache, Mysql, PHP dan Perl. Semua aplikasi tersebut berperan masing-masing untuk pembuatan website.  Jadi begitu anda instal, maka semuanya sudah terinstal dan anda bisa langsung menggunakannya.

Tutorial kali ini akan membahas bagaimana cara instal Xampp di komputer lokal (local host). Berikut tutorialnya :

  1. Pastikan di komputer anda tersedia master Xampp. Versi Xampp bisa dipilih, misalnya Xampp 1.6.5, versi terbaru saat ini adalah Xampp 1.8.1
  2. Untuk contoh berikut, kami menggunakan Xampp 1.6.5, bisa Download Di sini.
  3. Doble klik installer Xampp 1.6.5
  4. Pada Installer Language, pilih English saja, klik OK lalu klik Next.

  5. Pada Choose Instal Location, tentukan lokasi penyimpanan.  Pilih standar (tidak usah dirubah = biasanya di folder c), klik Next.

  6. Tentukan layanan yang akan digunakan, Check List Apache, MySql dan Filezilla, lalu klik Instal

  7. Instalasi sedang berlangsung, tunggu sampai selesai.

  8. Jika muncul tampilan berwarna hitam, tunggu sebentar sampai keluar tampilan Finish dan klik tombol Finish tersebut.

  9. Setelah klik Finish, maka akan ada tampilan lagi, dan tunggu proses Finish akan segera berakhir. Klik OK untuk mengakhiri instalasi Xampp.

  10. Lalu klik Yes agar tampil di Desktop komputer anda. Secara otomatis akan tampil Control Panel yang menunjukkan aplikasi Xampp aktif yaitu masing-masing modul pada mode Running.

  11. Untuk test ke browser, silahkan buka mozilla atau google chrome lalu ketik-kan di Adress bar http://localhost
    Jika muncul gambar Xampp atau tulisan Xampp, maka instalasi sudah berhasil

  12. Demikian cara instal Xampp di server lokal (localhost).  Langkah selanjutnya adalah membuat database yang akan diposting pada tutorial berikutnya. (baca : Membuat database di server Xampp)
Share:

Pages

Featured Post

Konsistensi

Konsistensi atau konsisten adalah sesuatu yang dilakukan terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan atau tidak ada batas sama sekali....

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Support