Home » » Fokus Warnet atau Game Online? atau dua-duanya

Fokus Warnet atau Game Online? atau dua-duanya

Written By Parmin Prim on 11 Februari 2015 | 11.17

Saat ini keberadaan warnet dan game online sudah mudah di temui.  Bukan hanya di jalan-jalan besar bahkan di gang-gang kecil pun warnet bejibun, bahkan rumah ada juga yang di jadikan usaha ini.  Keberadaan warnet maupun game online merupakan sarana hiburan sekaligus sarana belajar bagi semua kalangan.  Saat ini akses internet untuk pelaku usaha yang berkembang di masyarakat ada yang bergerak di game online ada juga yang hanya warnet saja (tanpa game online).  Tetapi para pelaku usaha ada juga yang menggabungkan keduanya.


Source pict : billing-express.com

Game online dan warnet sebenarnya asal awalnya adalah warnet.  Karena dulu tidak mengenal game online, maka kata "warnet" yang dikenal. Padahal keduanya sama-sama mengakses internet, dimana warnet adalah warung internet yang maksudnya adalah menjual jasa dimana orang bisa mengakses data dan informasi secara global. Karena itu game online kan data juga. Jadi warnet game online maupun bukan game online sebenarnya warnet juga.  Tapi pemahaman masyarakat sudah berubah dimana Kalau "warnet" saja artinya tidak ada game online.

Bagi para pelaku usaha warnet game online maupun bukan saatnya sekarang melihat perkembangan agar usaha tetap jalan di tengah persaingan yang sangat sengit ini.  Peluang berkembangnya membuka game online maupun warnet tanpa game online bisa dilihat dari aspek konsumennya.  Apakah cocok untuk game online ataukah warnet.

Banyak para pelaku usaha ini yang hanya melihat tren saja.  Jika musim game online, maka langsung di rombak buat game online, sehingga jika musimnya selesai akan terasa pelanggannya berkurang.  Atau ada juga yang membuat 2 sekaligus, satu baris untuk warnet satu baris untuk game online.  Hal ini tentu membutuhkan penanganan yang tidak gampang.  Pertama dari segi perangkat yang harus memadai, jaringan internet harus stabil, sistem jaringan, penanganan update game, virus dan lain-lain. Sedangkan jika hanya tetap warnet saja, pelanggan kadang ada yang ingin main game online. Nah, disini letak kebijakan yang harus dipilih.

Ada juga yang menggabungkan beberapa layanan lain untuk menambah uang masuk, seperti disediakan minum, makanan, jasa ketikan dan lain-lain yang tujuannya uang masuk tetap ada selain dari layanan internet.  Ini sangat baik, tetapi tentu anda harus kerja keras dan sabar karena anda akan lebih sibuk melayani beberapa pelanggan dalam waktu yang bersamaan.  Karena itu apakah sebaiknya fokus ke Warnet saja atau game online? atau dua-duanya?  Untuk memutuskan hal ini anda harus lihat itung-itungannya.  Apakah yang harus di hitung? Ya banyak sekali mulai dari perangkat yang harus disiapkan, tenaga yang harus ada, kesabaran yang lebih dan lain-lain serta dibandingkan dengan perkiraan uang masuk yang diterima.  Intinya adalah selalu berinovasi dalam membuka usaha terutama yang berhubungan dengan teknologi, karena teknologi cepat sekali usang.  Teknologi yagn canggih saat ini akan menjadi tidak canggih saat masa depan.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger