Home » » Balik nama Kendaraan sekarang tidak perlu KTP atas nama pemilik yang lama

Balik nama Kendaraan sekarang tidak perlu KTP atas nama pemilik yang lama

Written By Parmin Prim on 04 Maret 2015 | 10.33

Sebelumnya saya pernah membuat postingan tentang cara pengurusan balik nama kendaraan, yang saya posting tanggal 30 Oktober 2009. Nah, kemarin saya melakukan balik nama kendaraan adik ipar saya motor "mio" dan sudah banyak sekali terjadi perubahan yang sangat baik.  Prosesnya tidak seperti dulu yang agak rumit dan memerlukan waktu yang panjang.


Kesiapan dan kesigapan administrasi aparatur pemerintah dalam hal ini Samsat patut di apresiasi.  Dengan kemudahan dan kecepatan proses pengurusan ini membuat warga masyarakat sangat senang.  Beberapa kemudahan untuk perngurusan pembayaran Pajak kendaraan diantaranya adalah :
  1. Tidak perlu mengisi data-data nama kita sendiri, karena saat mengambil formulir, nama dan data kendaraan sudah tercetak otomatis, jadi kita tinggal tanda tangan aja. ini khusus untuk membayar pajak dan perpanjangan STNK, kalau pengurusan balik nama, data tetap kita isi sendiri.
  2. Tidak perlu menunggu beberapa hari seperti dulu, STNK dan Pajak bisa langsung di print dan kita bisa menunggu.  Waktu itu saya menunggu sekitar 1 jam tergantung antrian.
  3. Kalau mau balik nama tidak perlu KTP asli maupun fotocopy pemilik atas nama di STNK maupun BPKB.
Itulah beberapa kemudahan yang pernah saya alami. Oh ya, ini syarat dan proses balik nama kendaraan yang saya lakukan bulan Februari 2015.  Kendaraan yang saya beli masih satu kota dan Samsat yang sama, jadi tidak perlu cabut berkas.  Untuk beda kota atau beda Nomor Polisi Kendaraan biasanya melakukan cabut berkas dan saya belum mengalami proses cabut berkas.

Syarat-syarat yang harus di siapkan :
  1. BPKB dan STNK asli di foto copy sebanyak 4 lembar. Sebenarnya 2 aja sih, tapi gak apa-apa untuk persiapan nantinya.
  2. KTP asli pemilik baru di foto copy sebanyak 4 lembar juga.
  3. Kwitansi asli penjualan di foto copy 4 lembar gak apa-apa.
  4. Tidak perlu KTP asli pemilik atas nama yang tertera di SNTK dan BPKB.
Prosesnya :
  1. Lakukan cek fisik di samsat (Saya ke Samsat selatan dekat MTQ, cek fisik ada di kantor bagian belakang gedung terpisah), dengan sebelumnya menyerahkan data-data di atas dan kita dikasih form pengisian (langsung aja di isi) dan serahkan ke bagian cek fisik kepada mereka. 
  2. Membawa hasil cek fisik dan syarat-syarat di atas ke tempat pembuatan balik nama kendaraan (Kalau di Pekanbaru Polres pasar bawah dekat Masjid Raya).  Disana ambil blanko yang di isi sesuai dengan data-data kendaraan, data nama pemilik baru, dll)
  3. Serahkan BPKB asli, STNK asli, Kwitansi asli, KTP asli pemilik baru dan Fotocopy-nya masing-masing 1 lembar.
  4. Nanti akan di beri kembalian berkasnya, dan BPKB asli di tinggal kira-kira seminggu. Berkas tersebut bawa ke Samsat Selatan (Dekat MTQ), dan serahkan berkas-berkas tersebut.
  5. Ambil form untuk balik nama biasanya langsung dikenakan biaya  dan isi data-data tersebut, serta ambil nomor antrian.
  6. Ikuti petunjuk loket yang di tentukan oleh petugas
  7. Menunggu konfirmasi dari petugas, apakah data dari Polres Pasar bawah udah masuk atau belum. Kalau data sudah masuk langsung di proses, STNK serta Pajak langsung di cetak dan membayar STNK serta Pajak baru. Untuk pengambilan BPKB menunggu 1 minggu di Polres Pasar bawah.
Itulah syarat dan proses balik nama kendaraan roda dua "mio" yang pernah alami di bulan Februari 2015 dan ini merupakan info terbaru dengan banyak kemudahan dan proses yang cepat dibandingkan dengan sebelumnya. baca : Cara pengurusan balik nama kendaraan yang saya posting tanggal 30 Oktober 2009.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Posting Update

Chat Langsung

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

 
Support : Primaya | Masprim | My Facebook
Redesain © 2015. primaya.blogspot.co.id - All Rights Reserved
Template Source from Creating Website
Proudly powered by Blogger